Blog Jambi Informasi jambi by a - One

Selayang Pandang

My photo
Sikapur Sirih ~ Selamat datang di Blog Informasi Jambi dari Yudi a-One. Sebelumnya Saya mau ngucapin banyak-banyak terima kasih pada kalian semua yang sudah ngunjungin blog saya ini. Blog ini saya buat dengan upaya untuk memuat segala sesuatu tentang Informasi Provinsi Jambi, yang mungkin kalian ada yang belum tahu, terutama buat sahabat dari luar provinsi jambi, dalam bentuk tulisan. Tak lupa pula rasa syukur saya panjatkan kepada Allah SWT karena saya telah diridhoi kemampuan, kesehatan dan kelebihan oleh-Nya untuk dapat terus menjalankan hidup ini, mengembangkan ilmu yang saya punya, dan juga kesempatan untuk dapat membagikan informasi yang ada di jambi dan sedikit catatan atau pun coretan sampah tentang diriku dalam blog kecil nan sederhana ini. Semoga semua hal yang sudah saya muat di blog Informasi Jambi ini, bisa bermanfaat bagi kita semua.

Blog

6/23/10

Adat Pernikahan Di Jambi

JambiAdat Pernikahan di Jambi ~ Ngak sengaja membuka email, dan ternyata banyak yang nanyai tentang adapt pernikahan di jambi, sebenarnya adapt pernikahan di jambi sudah saya posting sebelum nya,

Kalian bisa baca di sini :


Dan sedikit gambaran tentang Adat pernikahan :

Yang pertama yaitu 1. Lamaran, skaligus upacara mengantar TANDO (suatu tnda bhw si gadis sudah punya ikatan dg sang jejaka.

2. Persiapan perkawinan..yaitu menjalani MALAM BATANGAS (smacam mandi uap). Sdgkan calon wanita mnjalani MALAM BERINAI (memerahkn kuku/melukis tgn dg daun pacar).

3. Upacara pernikahan.. Umumnya brlangsung di kediaman phk wanita..dan biasanya dipilih hari minggu..

4. Pakaian pengantin, menurut buku yg aku baca kok dr bahan beludru brwarna hitam dg hiasan manik2, dan selendang merah ya.?

Ya itu saja sedikit, harap di maklum mungin di lain waktu saya akan lebih detail lagi dalam menjelaskanya,, harap maklum ya,, saya belum melaksanakannya heheh,,,
Ntar kalau saya udah melaksanakan sendiri akan saya ulas pengelaman saya dalam adat pernikana di jambi
yang dah kirim email makasih banyak ya, semoga bermamafaat... 


2 komentar:

Anonymous said...

Apakah biaya pernikahan di Jambi semua ditanggung oleh mempelai pria? Trims jawabanya

poetrafoto said...

terimakasih informasinya. sangat bermanfaat bagi kami para fotografer pengantin dari luar Jambi yg ingin belajar pernikahan adat Jambi. sekali lagi terimakasiiih :)

Post a Comment

Like Facebook