Blog Jambi Informasi jambi by a - One

Selayang Pandang

My photo
Sikapur Sirih ~ Selamat datang di Blog Informasi Jambi dari Yudi a-One. Sebelumnya Saya mau ngucapin banyak-banyak terima kasih pada kalian semua yang sudah ngunjungin blog saya ini. Blog ini saya buat dengan upaya untuk memuat segala sesuatu tentang Informasi Provinsi Jambi, yang mungkin kalian ada yang belum tahu, terutama buat sahabat dari luar provinsi jambi, dalam bentuk tulisan. Tak lupa pula rasa syukur saya panjatkan kepada Allah SWT karena saya telah diridhoi kemampuan, kesehatan dan kelebihan oleh-Nya untuk dapat terus menjalankan hidup ini, mengembangkan ilmu yang saya punya, dan juga kesempatan untuk dapat membagikan informasi yang ada di jambi dan sedikit catatan atau pun coretan sampah tentang diriku dalam blog kecil nan sederhana ini. Semoga semua hal yang sudah saya muat di blog Informasi Jambi ini, bisa bermanfaat bagi kita semua.

Blog

3/30/10

Pelaksanaan Upacara Adat Pengantin Di Jambi

Pernikahan JambiPelaksanaan Upacara Adat Pengantin Di Jambi ~ dilakukan Setelah selesai acara upacara akad nikah atau ijab Kabul antara mempelai laki-laki dan mempelai perempuan, yang merupakan kewajiban hukum syarak. Biasanya setelah itu dilakukan peresmian, tujuanya untuk memperkenalkan bahwa mereka telah menikah, dan di hari berikutnya di adakan Pelaksanaan Upacara Adat

Adapun para pelaksana yang terlibat dalam upacara adat adalah sebagai berikut:

Penjemput.
Penjemput Biasanya dilakukan nenek mamak dari pihak pengantin perempuan yang bertugas menjemput pengantin laki-laki pada awal acara dihari peresmian pernikahan.

Pengantar.
Dilakukan Oleh nenek-mamak dari pihak pengantin laki-laki yang mengantarkan pengantin laki-laki dengan arak dan iringannya kerumah pengantin perempuan. Melaksanakan kato berjawab dengan nenek-mamak dari pihak pengantin perempuan.

Pesta penikahan


Penunggu.
Adalah nenek-mamak dari pihak pengantin perempuan yang menerima kedatangan penantin laki-laki dan melaksanakan kato berjawab dengan nenek mamak dari pihak pengantin laki-laki dalam serah terima pengantin.

Penengah
Adalah nenek-mamak yang meluruskan perundingan dari nenek mamak kedua pihak pengantin dalam kata berjawab. Keputusan terakhir perundingan kedua pihak nenek-mamak pengantin diputuskan oleh penengah. Nenek-mamak penengah memberikan petuah-petuah kepada kedua pihak agar hubungan kekeluargaan dan persemendoan menjadi seperti kata adat, belulah nak panjang, berkampuh nak lebar.

Penyair.
Adalah yang bertugas untuk berjawab syair dalalm acara membuka lanse, yaitu seorang penyari laki-laki yang mendampingin pengantin laki-laki, dan seorang penyair perempuan yang mendampingi pengantin perempuan.

Tunjuk Ajar.
Tunjuk ajar disampaikan oleh nenek-mamak yang dituakan atau ketua lembaga adat

Iwa.
Adalah pengumuman mengenai telah diresmikannya dua anak manusai dlaam suatu ikatan pernikahan yang akan membentuk keluarga baru dalam masyarakat. Pada kesempatan pengumuman ini disampaikan terima kasih kepada sanak keluarga yang hadir atas undangan, dan mohon do’a restu bagi keselamatan keluarga yang baru berumah tangga.

Grup Kesenian Kompangan.

Grub Kesenian kompangan bertugas mengiringi pengantaran pengantin laki-laki kerumah pengantin perempuan.

Grup Pencak Silat.

Satu grup bertugas mengawali pengantin laki-laki dalam arak-arakan menuju kerumah pengantin perempuan.
Satu grup bertugas untuk menerima pengantin dengan arak dan iringannya dengan pencak silat dihalaman rumah pengantin perempuan satu grup betugas untuk menerima pengantin dengan arak dan iringannya dengan pencak-silat dihalaman rumah pengantin perempuan. Namun Seekarang Sudah jarang dipakai. 

29 komentar:

Yuril said...

Thank you for your visit to us..

Ek4zone said...

keren sob, mengangkat kebudayaan asli daerah nieh.

berpikir positif said...

menarik sekali kebudayaan Jambi

Anak Jambi said...

yusril>> thaks,,,
Ekazone>> maksih ya sob,,,
Berpikir>> Semua kebudayaan menarik kok sob, blog ini saya buat agar kita tau dari mana asal akar kita hidup, untuk itu dengan mencitai budaya kita, kita tau makna indonesia yang beraneka ragam, apalagi bahasa indonesia berasal dari bhasa melayu,,,alngkah bahaginya nenek moyang kita kalau kita masih menghargai budaya yang kian hari tambah di asingkan, maksih ya sob supotrnya.. sukses buat kamu

HAPIA Mesir said...

oh begitu ya sob. jadi lebih tau adat jambi

makasih ya

Artikel Islami said...

mirip dijawa juga sob, cuma g ada pencak silatnya

Belle said...

Salam kenal gan...

anak jambi said...

hapia mesi>> sama - sam sob
artikel islami>> iya sob,,
belle>> salam kenal juga

darahbiroe said...

baru tau saya sob
makasihh yaw jadi tambah pengetahuan ttg adat

berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya
salam blogger
makasih
:D

antok said...

heheh gak bgitu beda dgn adat jawa ya sob hehe
tengkyu udah share


blogwalking

NURA said...

saamsobat
wah meriah sekali ya,,upacara adat pengantin di Jambi.
ada grup pencak silatnya juga...

Anak Jambi said...

darahbiroe>> makasih sob, sya pasti berkunjung balik
antok>> makasih sob,,,
mabak nura>> iya mabak, tapi di kota jarang di gunakan lagi pencak silatnya mabk,,,makasih ya mbak,,,

sda said...

jadi tahu nih, ternyata beda daerah beda juga ya.
semoga masih ada yg peduli dan melestarikannya.

narti said...

makasih artikelnya, sangat bermanfaat dan menambah wawasanku akan kebudayaan daerah lain.

berita bola said...

saya suka sama postingan kamu sob.

fashion said...

lestarikan trus budahay bangsa sob dengan mempromosikan budaya daerah masing2

negeriads.com solusi berpromosi said...

info yang menarik, komen balik ya

Junior said...

acara yang sakral dan harus di pertahankan.....


Junior

Anak Jambi said...

sda>>kita semua harus peduli sob,,
narti>> sama2 sob
berita bola>> makasih sob
fashion>> benar baget tu sob
negeri ads>> maksih ok deh
junior>> sip thaks,,,

Pekanbaru Riau said...

Aslmkm... maaf baru bisa singgah disini sobt...
niceblog.. lanjutkan berbagi informasi seputar seni,budaya dan wisata Jambi ..
Salam Bertuah!

Aulawi Ahmad said...

nice info, tq 4 share :)

anak jambi said...

pekan baru riua >>> maksih sob,, insyaalah saya lanjuti terus mohon dukunganya ya,,
aulawi>> maksih sob..

afdil said...

Yang saya sukai dari pelaksanaan adat pengantin adalah saat-saat berbalas pantun dari penyair.
Ah... cobalah sikit :

Kinibalu gunungnya tinggi,
Tinggi puncah tertutup awan,
Sungguh senang datang disini,
Tulisan cantik, pemilik rupawan.

haha... hayoo balas pantunnya bang wkwkwk

anak jambi said...

afdil>> heheh
Jalan jalan ke kota jambi
paling enak makan pisang serawak
alangkah senang hati ini
Ada sahabat blogger memuji awak

makasih afdil

afdil said...

balas lagi ah..

Rupa-rupa warna pelangi,
Cantik nian dipandang mata,
Sungguh riang senang di hati,
Pantun kutulis berbalas pula

anak jambi said...

afdil>>

cubo -cubo berblas pantun
pantun di balas dari afdil
macam mano awak nak blas pantun
kotak komentar penuh afdil

wkwkwkwkwk, sob bagaiman ntar saya sediain kolon tempat anak melayu berbalas pantu, kira2 kamu setuju ngak?

afdil said...

Setuju...
Saya juga dah ngasih postingan tadi untuk berbalas pantun anak melayu di bloggerjambi.com, tapi belum di rilis kayaknya

Dibuat aja bang, Mudah-mudahan dengan lebih banyak jenis pantunnya lebih banyak lagi khasanah budaya pantun melayu.

So, maju perut pantat mundur
Eh salah, maju terus pantang mundur wkwkwk

Cerita Tugu said...

adat kebudayaan yang perlu dilestarikan

Anak Jambi said...

afdil >> makasih ya.
Cerita Tugu>> benar banget sob,, terima kasih

Post a Comment

Like Facebook