Blog Jambi Informasi jambi by a - One

Selayang Pandang

My Photo
Sikapur Sirih ~ Selamat datang di Blog Informasi Jambi dari Yudi a-One. Sebelumnya Saya mau ngucapin banyak-banyak terima kasih pada kalian semua yang sudah ngunjungin blog saya ini. Blog ini saya buat dengan upaya untuk memuat segala sesuatu tentang Informasi Provinsi Jambi, yang mungkin kalian ada yang belum tahu, terutama buat sahabat dari luar provinsi jambi, dalam bentuk tulisan. Tak lupa pula rasa syukur saya panjatkan kepada Allah SWT karena saya telah diridhoi kemampuan, kesehatan dan kelebihan oleh-Nya untuk dapat terus menjalankan hidup ini, mengembangkan ilmu yang saya punya, dan juga kesempatan untuk dapat membagikan informasi yang ada di jambi dan sedikit catatan atau pun coretan sampah tentang diriku dalam blog kecil nan sederhana ini. Semoga semua hal yang sudah saya muat di blog Informasi Jambi ini, bisa bermanfaat bagi kita semua.

Blog

3/29/10

Tanaman Gaharu Alami di Jambi Langka

Tanaman GaharuTanaman Gaharu Alami di Jambi Langka ~ Mahalnya harga jual getah dan pohon gaharu saat ini membuat masyarakat sangat tertarik berburu pohon gaharu, sebenarnya berburu pohon gaharu sudah di lakukan masyarakat jambi sejak puluhan tahun silam, pohon gaharu ini memiliki harga ekonomis yang tinggi. Jadi berburu pohon gaharu sudah menjadi mata pencarian masyarakat jambi.

Karna mata pencaharian hidup merupakan sarana mutlak bagi manusia untuk mendapat sesuatu yang diperlukan guna memenuhi kebutuhan hidupnya. Manusia secara naluri mempunyai kebutuhan lahir batin, rohaniah, dan jasmaniah. Untuk itu ia harus berusaha sekuat tenaga agar mendapat hasil yang diperlukan semaksimal mungkin.

Sebahagian besar dari pertahanan di dalam daerah Jambi ditumbuhi oleh hutan-hutan lebat. Di daerah dataran tinggi di sebelah barat mengalir puluhan sungai-sungai menuju ke dataran rendah di sebelah timur, seperti sungai Tembesi, Sungai Merangin, Sungai Tabir, Sungai Senamat, Sungai Tebo dan lain-lain. Kesemuanya itu mengalir pada sungai yang paling besar dan terpanjng di sumatera ialah Sungai Batang Hari yang berhulu di Danau di atas Sumatera Barat dan muara di Selat Berhala. Penduduk yang mendiami daerah-daerah itu sebahagian besar mengenal pekrjaan berburu gaharu yakni mencari getah pohon gaharu yang tumbuh secara alami bagi.

Oleh karna itu, Tanaman Pohon Gaharu Alami di jambi Sudah cukup langka, malahan sekarang sudah bisa dikatakan tidak ada lagi yang hidup secara alami lagi di hutan jambi, mhalnya harga getah gaharu mencapai Rp5-20 juta per kilogram. Harga itu tergantung dari jenis dan kualitas getah gaharu. Untuk getah gaharu yang memiliki kualitas rendah dan berwarna kuning laku dijual Rp5 juta per Kg, sedangkan untuk getah pohon gaharu yang berwarga hitam atau dengan kualitas baik laku dijual Rp15-20 juta per Kg. waw harga yang pantanstis bukan!

Gimana kalau pohon Gaharu Sebesar ini ya,

Pohon Gaharu Besar


Namun budi daya tanaman gaharu sudah mulai dilakukan di beberapa tempat di Propinsi Jambi, dan menunjukkan prospek yang sangat baik. Mudahan - mudahan pohon gaharu di jambi, sudah bisa di lestarikan lagi, walaupun ngak di tumbuh secara alami, namun dengan budidaya pohon gaharu, masyarakat bisa mendapat hasil yang optimal.

6 komentar:

tomo said...

wah ini tanaman baru aku ketahui kawan

gambutku said...

semakin langka semakin mahal ya.:D

Anak Jambi said...

gambutku>> bukan sob, karna dia mahal jadi semakin langka,, jadi terbalik ya,, gaharu sudah mahal dari puluhan tahun silam sob,,,

NURA said...

salam sobat
baru tahu ada tanaman Gaharu nich,,
itu batang pohonnya besar sekali mas,,
maaf kemarin komentarnya malah di postingan lama..

Anak Jambi said...

iya gaharu itu getahnya sangat mahal mbak,, pohon yang besar itu cuman andaian saja mbak,, karena ngak ada gi pohon gaharu yang sebesar itu, yang dia meter 10 cm aja dah bakal di sikat orang mabak apa lagi sebesat itu,, bisa kaya menadak tu orang,,

Joko Triatmo said...

salam bang
yang jual kayu gaharu+getahnya di jambi di mana ya bang..soalnya ada kawan di p,jawa suruh cari tahu..
terimakasih salam kenal.

Post a Comment

Like Facebook