Blog Jambi Informasi jambi by a - One

Selayang Pandang

My Photo
Sikapur Sirih ~ Selamat datang di Blog Informasi Jambi dari Yudi a-One. Sebelumnya Saya mau ngucapin banyak-banyak terima kasih pada kalian semua yang sudah ngunjungin blog saya ini. Blog ini saya buat dengan upaya untuk memuat segala sesuatu tentang Informasi Provinsi Jambi, yang mungkin kalian ada yang belum tahu, terutama buat sahabat dari luar provinsi jambi, dalam bentuk tulisan. Tak lupa pula rasa syukur saya panjatkan kepada Allah SWT karena saya telah diridhoi kemampuan, kesehatan dan kelebihan oleh-Nya untuk dapat terus menjalankan hidup ini, mengembangkan ilmu yang saya punya, dan juga kesempatan untuk dapat membagikan informasi yang ada di jambi dan sedikit catatan atau pun coretan sampah tentang diriku dalam blog kecil nan sederhana ini. Semoga semua hal yang sudah saya muat di blog Informasi Jambi ini, bisa bermanfaat bagi kita semua.

Blog

3/30/10

Kue Khas Jambi

informasijambiKue Khas Jambi ~ satu ini, benar benar salah satu kue favorite saya banget, karena rasanya yang begitu maknyus baget, terasa baget dilidah,, dan bau harum dari daun pandan yang membangkitkan nafsu untuk menyikat tu habis kue,, wah mamak tolong buatti tu kue,, hahaha, narsis banget ya,

Sebenarnya sih saya ngak tau tentang nama - nama kue asli jambi, namun kalau ada kue khas jambi main sikat saja pokonya, karena saya paling doyan kue tradisional, yang rasanya jauh lebih nikmat. Di banding kue – kue modren lainya,

Nah, kue satu ini biasanya ada yang menyebut kue padamaran, ada juga yang menyebut kue takir, kalau saya sih ngak peduli tu nama, yang penting dia khas jambi dan di olah sacara tradisional pasti saya sikat tu kue, huh pingin banget, namun kue khas ini sangat sulit di jumpai, biasanya kalau di bulan suci ramadhan, baru banyak nongol tu kue,,

Adapun cara pembuatannya cukup simple, dan mudah sekali. 

Bahan-bahan

Tepung beras 1 bungkus
Kelapa ukurnya besar, 2 buah
Air daun pandan
Gula merah secukupnya

Cara membuat

Peran santan kelapa menjadi 9 gelas. Pisahkan santan kentalnya. Setelah campurkan adonan santan kelapa dan tepung beras bersama air daun pandan. 

Adona kedua, campur santan kental dengan tepung beras dan masukkan sedikit garam.
Masukkan gula merah dalam takir yang terbuat dari daun. Masukkan adona yang berwarna hijau. Lalu kukus. Jika sudah matang, tirinskan adona kedua berupa santan kental yang tleah dicampur dengan tepung beras. Lalu kukus kembali. Siap untuk dihidangkan.

Mudah banget kan? Warna kue yang cukup menarik yang bewarna hijau membuat mata kita segar ingin menyantap tu kue, bila makanya biasanya dengan mengunakan sendok kecil, bila di masuki sendok itu kedalam kue, langsung mengalir gula merah yang kental dan menyatu sama tu kue,, huh nikmat,,, banget..

9 komentar:

buwel said...

weih kue padamaran... ehmmm kalo didaerah saya kek kue apa ya....

achen cendrawasih said...

jadi mengenal kue jambi neh... thanks sharingnya...

Anak Jambi said...

buwel>> makasih, kalau di daerah kamu apa namaya ?
achen >> sama - ssama sob

catatan kecilku said...

Sayang sekali fotonya kurang jelas... tapi kayaknya enak tuh. Jadi pengen nyobain.

the others said...

Sepertinya sih cara membuatnya sederhana... semoga bisa dipraktekkan suatu saat nanti.
Thanks..

Anak Jambi said...

catatan kecil>> wah sangat enak sob,, legit dilidah,, emmm
the others >> mudah baget sob,, hehe makasih ya

Rahad 2 Six said...

kayaknya enak tuh kuenya..
icip2 dong...

follow balik ya....tukeran link juga boleh...

safrudin said...

pagi2x dikasih sarapan kue nich, pasti uenakkkkkk

Anak Jambi said...

Rehad 2 sx>. menurut enak banget sob,,
safrudin>> hehehe, makasih ya sob,,

Post a Comment

Like Facebook