Blog Jambi Informasi jambi by a - One

Selayang Pandang

My Photo
Sikapur Sirih ~ Selamat datang di Blog Informasi Jambi dari Yudi a-One. Sebelumnya Saya mau ngucapin banyak-banyak terima kasih pada kalian semua yang sudah ngunjungin blog saya ini. Blog ini saya buat dengan upaya untuk memuat segala sesuatu tentang Informasi Provinsi Jambi, yang mungkin kalian ada yang belum tahu, terutama buat sahabat dari luar provinsi jambi, dalam bentuk tulisan. Tak lupa pula rasa syukur saya panjatkan kepada Allah SWT karena saya telah diridhoi kemampuan, kesehatan dan kelebihan oleh-Nya untuk dapat terus menjalankan hidup ini, mengembangkan ilmu yang saya punya, dan juga kesempatan untuk dapat membagikan informasi yang ada di jambi dan sedikit catatan atau pun coretan sampah tentang diriku dalam blog kecil nan sederhana ini. Semoga semua hal yang sudah saya muat di blog Informasi Jambi ini, bisa bermanfaat bagi kita semua.

Blog

6/22/10

Asal Mula Nama Sungai Batanghari Jambi

1 komentar
Sungai BatanghariSungai Batanghari Jambi ~ Sungai terpanjang di Pulau Sumatera adalah Batang Hari. Kata batang artinya sungai. Namun, orang sudah biasa mengatakan Sungai Batang Hari. Bagian terpanjang Sungai Batang Hari dan muaranya memang terletak di Provinsi Jambi, sebagian kecil bagian hulunya di Provinsi Sumatera Barat.

Pada zaman dahulu, ketika penduduk Negeri Jambi sudah mulai banyak dan mereka memerlukan seorang raja yang bisa memimpin mereka, menyatukan negeri-negeri kecil supaya menjadi satu negeri yang besar, mereka mengadakan sayembara. Barang siapa yang ingin menjadi Raja Negeri Jambi, harus sanggup menjalani ujian, yaitu dibakar dengan api yang menyala berkobar-kobar, direndam dalam sungai selama tiga hari, dan digiling dengan kilang besi yang besar. Penduduk setempat tidak ada yang sanggup menjalani ujian it. Tokoh-tokoh terkemuka dari desa Tujuh Kuto, Sembilan Kuto, Batin Duo Belas, semuanya menyerah pada ujian keempat, yaitu digiling dengan kilang besi.

Tokoh-tokoh masyarakat Negeri Jambi pada waktu itu lalu berespakat untuk mencari orang dari luar Negeri Jambi, yang sanggup menjadi Raja Negeri Jambi melalui ujian yang telah mereka tentukan itu. Perjalanan mencari orang luar Negeri Jambi tidak mudah karena zaman dulu orang harus menempuh jalan setapak, menerobod hutan, menyusuri sungai, menghadapi perampok atau binatang buas. Akhirnya, mereka sampai ke sebuah negeri asing, yaitu India bagian selatan, yang penduduknya kebanyakan hitam-hitam. Mereka lalu menyebutnya Negeri Keling (India). Mereka berjalan mengitari negeri yang besar dan sudah lebih maju itu berhari-hari lamanya, guna mencari orang yang sanggup menjadi raja di Negeri Jambi.

Berkat ketekunan mereka, tidak kenal putus asa, di Negeri Keling itu mereka temukan juga satu orang yang menyatakan kesanggupannya menjadi raja di Negeri Jambi. orang itu sanggup menjalani berbagai ujian dan akan memerintah Negeri Jambi dengan bijaksana, serta berjanji akan membuat rakyat Negeri Jambi aman, makmur, dan sejahtera.
Dengan gembira, calon raja itu pun dibawa pulang ke Negeri Jambi dengan dendang mereka. Perjalanan panjang melewati samudera luas kembali ke Negeri Jambi memakan waktu yang lama. Terkadang cemas menghadapi angin topan gelombang setinggi bukit, hujan deras bercampur petir, siang ataupun malam hari. Terkadang pula, berlayar dengan cuaca cerah, angin tenang mendorong dendang mereka dengan laju, atau di waktu malam terang bulan.

Selama perjalanan itu, mereka juga banyak berbincang-bincang dengan calon raja mereka. Dari pembicaraan itu, tahulah mereka bahwa calon raja itu memang orang yang pintar. Dia mengenal ilmu perbintangan. Terkadang muncul keinginan dari orang-orang Negeri Jambi itu untuk menguji calon raja mereka, dengan banyak pertanyaan. Mereka takut, kalau ada pertanyaan yang sulit calon raja itu akan tersinggung dan membatalkan niatnya menjadi Raja Negeri Jambi.
Deburan ombak, hembusan angin, gelapnya malam atau benderangnya cahaya bulan, teriknya matahari atau gelapnya awan hitam, sudah silih berganti. Perjalanan mereka menuju negeri asal, yaitu Negeri Jambi, belum juga sampai. Mereka juga singgah di Malaka (Malaysia) untuk membeli perbekalan, singgah di Negeri Aceh untuk beristirahat atau menambah persediaan air tawar. Dengan demikian, perjalanan mereka menjadi makin panjang dan makin lam sampai di Negeri Jambi.
Pada suatu hari, rupanya dendang mereka sudah dekat Negeri Jambi. Mereka sudah memasuki muara sungai yang besar sekali, tempat mereka dulu memulai perjalanan mencari calon Raja Jambi. walaupun sungai besar itu sudah mereka kenal, sudah mereka layari dengan dendang, sudah mereka minum airnya, mereka belum mengetahui apa nama sungai besar itu. Apakah calon raja dari Negeri Keling itu mengetahui nama sungai itu atau tidak. Mereka ragu-ragu bertanya pada calon raja dari Negeri Keling itu. Apalagi saat itu mereka rasa kurang sopan bertanya karena hari sudah petang dan pemandangan menjadi remang-remang.

Seorang dari mereka, orang Batin Duo Belas, memberanikan diri juga ketika sudah disepakati oleh yang lain, mengajukan pertanyaan kepada calon raja dari Negeri Keling itu.

“Tuanku calon raja kami. Elok kiranya tuanku jika dapat menjawab sebuah pertanyaan kami.”
“Tanyalah mengenai apa saja.”
“Muara sungai besar yang sedang kita layari ini, apa gerangan namanya Tuan?”
“Haa... Inilah yang bernama muara Kepetangan Hari.”
Ternyata calon raja itu menjawab cepat, padahal sungai itu belum pernah dikenalnya.
Para tokoh masyarakat pencari calon raja itu gembira sekali dan makin kuat tenaganya mendayungkan kayu pengayuhnya menyusuri sungai itu, menyongsong (melawan) arus menuju desa Mukomuko.

Sesampai mereka di Mukomuko, mereka menyebarluaskan kepada setiap orang yang mereka temui. Mereka mengatakan bahwa nama sungai besar di Negeri Jambi itu bernama Kepetangan Hari. Setelah bertahun-tahun lamanya, kemudian berangsur terjadi perubahan menjadi Sungai Petang Hari, dan akhirnya menjadi Batang Hari.

Jambi


Ulasan
Serasa kurang lengkap, menyebut Provinsi Jambi tanpa mengungkit-ungkit Sungai Batang Hari, sungai terpanjang di Pulau Sumatera. Sungai Batang Hari adalah ikon Provinsi Jambi. Teramat panjangnya, sungai ini seakan membelah teritorial darat Provinsi Jambi jadi dua bagian, utara dan selatan.

Sungai Batang Hari juga mendefinisikan dan hendak mewartakan pada kita bagaimana corak manusia Jambi, bagaimana mode produksi dan laku ekonomi masyarakat Jambi, bagaimana strategi politik-ekonomi kerajaannya, dan bagaimana filsafat kebudayaannya. Dan ia pun jadi saksi, bagaimana hutan-hutan Provinsi Jambi tumbuh, menyubur, layu dan kering di musim kemarau, bertunas lagi di musim penghujan hingga lebat menghijau, dan akhirnya orang-orang tak bermoral menebanginya demi kepentingan pribadi, menghanyutkan kayu-kayu hasil tebangan lewat Sungai Batang Hari.

Sungai Batang Hari barangkali menatap sedih penambangan emas eksploitatif yang diperbuat korporasi, membuang limbahnya di Sungai Batang Hari, meracuni ikan-ikan air tawar, dan efeknya merusak ekosistem hayati. Rute harmonis keseimbangan rantai makanan jadi tak runtun lagi.

Masyarakat yang bertempat tinggal di pinggiran Sungai Batang Hari pun panik. Mereka benar-benar merasakan pengikisan ruang hidupnya, perlahan tapi pasti. Tak hanya kelangsungan hidup alam yang terancam, namun kelangsungan hidup manusianya juga terancam.

Sungai Batang Hari yang tercemari limbah, yang jumlah spesies ikannya kian berkurang, yang pemandangan di sekitarnya tak lagi memesona sebab gundulnya hutan di pinggir-pinggirnya, yang rona wajah para nelayannya memudar dan mengosong, telah menjelma menjadi tak akrab dengan penduduk. Penduduk lantas lama-lama memisahkan diri dari ruang hidupnya: Sungai Batang Hari.
Mereka, karena terasing dengan ruang hidupnya, beradu nasib mengikuti rutin dan ritme modernitas. Sungai Batang Hari dilupakan. Dan rasa hayat kosmik mereka luntur berganti rupa sebagai rasa hayat komoditas.

Ekspresi kebudayaan dan tradisi merawat-meruwat Sungati Batang Hari sedikit demi sedikit menghilang diserap, ditelan modernitas. Tradisi itu tak pernah dihiraukan, lebih-lebih oleh pemerintah, kecuali tradisi tersebut dianggap menguntungkan dan menjual. Ekspresi kebudayaan berubah menjadi ekspresi ekonomi pada sektor pariwisata. Aktivitas pemaknaan dan penghayatan bergeser menjadi aktivitas perdagangan.

Demikianlah Sungai Batang Hari dan narasi yang melingkunginya. Sebab Sungai Batang Hari menyaksikan proses perubahan sejarah Provinsi Jambi, alangkah naifnya bagi kita, tuan dan puan yang terlahir di tanah Jambi, bila tak hirau dengan muasal Sungai Batang Hari.

Karena itu, demi mensucikan diri kita dari kenaifan macam begitu, sambil memaknai dan menghayati pentinganya Sungai Batang Hari bagi manusia Jambi, kami, Komunitas Swarnabhumi, menyuguhkan satu cerita rakyat mitologis lagi dari Provinsi Jambi. Tajuknya, “Asal-Mula Nama Sungai Batang Hari”. Sebenarnya kisah ini telah include dalam mitos “Asal-usul Raja Negeri Jambi” yang kami posting sebelumnya. Mudah-mudahan cerita rakyat yang kami suguhkan ini mampu merangkai secara lebih holistik puing-puing terserak kebudayaan Jambi hingga kita dapat meniti-mendaki ke sebuah ruang kontinum pemaknaan absolut dengan ketotalan dinamikanya. Selamat menikmati. Mohon komentarnya. Trims.

Sumber : Narasi cerita rakyat ini disadur dari buku "Cerita Rakyat dari jambi 2" karangan Kaslani terbitan Grasindo.


Read more

Novel: Air Mata Cinta Pembersih Dosa - Aljawzi

1 komentar
Novel IslamNovel Islam ~ Buat apa mengejar harta dan kekuasaan bila akhirnya kita tinggalkan?
kenapa harus memberi perhatian berlebihan jika para insan tersayang tak bakal menemanimu di liang kesendirian? sampai kapan engkau tak punya hubngan mesra dengan Allah? Sampai kapan engkau terlena oleh kelapangan dan lalai akan serangan ajal!

Silahkan download Novelnya Di sini
Read more

Puluhan ribu Facebooker Dukung Ariel

0 komentar
EnterteimentJambi News ~ Pasca beredarnya video porno mirip dirinya beserta Luna Maya dan Cut Tari, Ariel seakan menjadi sosok utama dari kegaduhan ini. Tak sedikit kalangan masyarakat yang menghujat mantan vokalis Paterpan itu. Malah sampai memboikot.
Namun bukan berarti pria yang bernama asli Nazril Irham ini tak mendapat dukungan sama sekali. Para fans Ariel bahkan telah menggalang dukungan di Facebook dan berharap ia terus berkarya.

Salah satu akun di Facebook yang disesaki para fans Ariel bernama ‘DUKUNG AREL UNTUK TERUS BERKARYA’. Berbagai ucapan dukungan dan doa terpampang di akun ini.
Bahkan sampai Selasa (22/6/2010) siang, sepengamatan detikhot, sudah ada 10.486 pengunjung yang mendukung akun tersebut. Akun ini juga dijadikan, sejumlah fans Ariel mengutarakan kekecewaannya terhadap pihak-pihak yang menyudutkan idolanya tersebut.

“Dari awal berita ini ada di TV, aku sdetikpun ga pergi ninggalin peterpan. band terbaik yg pernah ada. byk org yg menghujat, but SEE lebih byk org yg pngn ARIEL TETEP BERKARYA DI PETERPAN. semoga ariel cepet bisa berkarya lg. ga usah marah dan sakit hati dngr hujatan o…rang, mereka hanya org sok suci yg sok ga punya dosa. mreka bakal dpt balesannya. yg kita bela disini kan ARIEL UNTUK TERUS BERKARYA DI DUNIA MUSIK,” ujar salah satu fans yang tergabung.

“Ariel bukanlah malaikat juga bukan makhluk dari surga Maafkanlah dia yang tak sempurna SEMANGAT ARIEL,” lanjut suporter Ariel lainnya.

Pada bagian info disertakan tulisan bahwa akun tersebut adalah official page yang dikelola oleh orang-orang yang mendukung Ariel dan berharap agar karir Ariel di bidang musik terus meningkat.

Pun demikian, posisi Ariel kini semakin terpojok. Pihak kepolisian akhirnya mengakui bahwa video porno mirip artis yang menghebohkan masyarakat Indonesia itu memang benar diperankan oleh Ariel. Bahkan Ariel langsung ditetapkan sebagai tersangka.


Sumber : lawan. Us

Read more

HBA-Fachrori Unggul Sementara Pemilu Kada Jambi

2 komentar
Info jambi ~ Berdasarkan penghitungan yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Pasangan Hasan Basri Agus-Fachrori Umar unggul sementara dari perolehan suara pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilu Kada) Provinsi Jambi, Senin, (21/6).

Pasangan nomor urut dua itu masih unggul dalam perolehan suara sementara yang dihimpun dari seluruh daerah, yaitu kabupaten/kota hingga Senin siang (21/6). Bahkan, pasangan Hasan Basri Agus (HBA)-Fachrori unggul hampir di semua daerah, seperti di Kota Jambi, Batanghari, Merangin, Sarolangun dan Muarojambi.

Di Kota Jambi pasangan ini mendominasi perolehan suara yaitu sebanyak 118.976 suara. Sedangkan pasangan Madjid Muaz-Abdullah Hich (MM-Hich) yang berada di belakangnya dengan memperoleh 54.806 suara.

Pesaing terdekat pasangan HBA-Fachrori di Pemilu Kada Jambi adalah pasangan MM-Hich yang unggul di daerah basis mereka, yakni di Tebo dan Tanjungjabung Timur.

Untuk sementara ini data sementara di KPU Tebo, pasangan MM-Hich meraih 53.181 suara, dan di Tanjung Jabung Timur sebanyak 59.349 suara.

Perolehan suara sementara Kab/Kota ZA-Ami HBA-Fachrori MM-Hich SAS

Kota Jambi 21.259 118.976 54.806 31.560 Batanghari 11.110 46.061 44.045 10.263 Tebo 13.055 44.993 53.181 10.281 Bungo 95.800 38.803 15.362 4.531 Merangin 25.467 70.516 26.100 17.862 Sarolangun 8.294 107.633 11.161 4.421 Kerinci 96.330 19.739 24.623 23.855 Muarojambi 11.584 72.146 42.883 24.882 Tanjabtim 3.541 3.144 59.349 8.451 Tanjabar 6.226 32.977 19.350 68.205 (Ant)


TV One
Read more

Banjir Di brazil ~ 1000 Orang Hilang

0 komentar
infojambiInfo Jambi - Hujan deras terus mengguyur beberapa wilayah di Brasil selama beberapa hari terakhir. Akibatnya banjir pun timbul. Bencana alam itu telah menewaskan setidaknya 38 orang.

Bahkan sekitar 1.000 orang lainnya hingga kini belum ditemukan. Mengingat banyaknya jumlah warga yang hilang, korban tewas pun diyakini bakal terus bertambah.


"Kami berdoa agar yang hilang ditemukan selamat. Namun kami sangat khawatir karena jasad-jasad mulai bermunculan di pantai-pantai dan tepi sungai," kata Gubernur Alagoas, Teotonio Vilela Filho pada konferensi pers di Brasilia seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (22/6/2010).

Menurut kantor berita Brasil, Estadao, negara bagian Alagoas merupakan daerah yang paling parah diterjang banjir. Di wilayah itu hingga Senin, 21 Juni waktu setempat, setidaknya 26 orang telah ditemukan tewas.

Setidaknya 12 korban tewas lainnya dilaporkan di negara bagian Pernambuco. Situasi kian memburuk setelah sebuah bendungan di Pernambuco jebol diterjang banjir. Jebolnya bendungan menyebabkan air Sungai Mumbau meluap dan membanjiri beberapa kota.

Saat ini setidaknya 53 kota telah mengumumkan keadaan darurat akibat banjir tersebut. Menurut Estadao, sebagian besar korban hilang dilaporkan di Uniao dos Palmares, sebuah kota di Alagoas. Di kota itu lebih dari 500 orang telah dilaporkan hilang.
detik com
Read more

6/20/10

Golput Pilkada Provinsi Jambi Cukup Tinggi

7 komentar
Pilkada Jambi Info Jambi ~ Tingkat partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pemilu Kada) Provinsi Jambi pada 19 Juni 2010 sekitar 68,31 persen, sementara 31,69 persen dari total pemilih tidak menyalurkan hak suaranya alias "golongan putih" (golput).

Angka golput itu berdasarkan penghitungan suara sementara, atau hitungan cepat yang dilakukan oleh Lingkaran Survei Kebijakan Publik (LSKP) yang merupakan anak perusahaan Lingkaran Survei Indonesia (LSI).

"Itu merupakan hasil penghitungan suara sementara hingga pukul 19.30 WIB," kata Direktur LSKP, Sunarto Ciptoharjono, di Jambi, Sabtu malam (19/6). Dari data yang masuk sebesar 98,57 persen, kata dia, pasangan Hasan Basri Agus (HBA)-Fachrori masih memimpin dengan perolehan suara 40,20 persen, disusul pasangan nomor 3, Madjid Muaz (MM)-Abdullah Hich (Hich) dengan meraih 27,11 persen suara.

Urutan ketiga, pasangan Zulfikar Achmad (ZA)-Ami Taher (Ami) dengan meraih 19,30 persen suara, dan terakhir pasangan nomor 4 Safrial-Agus Setyonegoro (SAS) sekitar 13,39 persen dari total pemilih di provinsi itu.

Disebutkan, warga yang tercatat di dalam daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 2.231.632 orang. Adapun jumlah tempat pemungutan suara yang tersebar di Provinsi Jambi sebanyak 6.497 TPS.

Peneliti LSI, Ratih Nurmasari, menegaskan hasil penghitungan cepat itu bukanlah hasil resmi, melainkan hanya sebagai acuan hasil resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi.

"Penghitungan cepat ini menggunakan sistem acak atau multistage random sampling dengan jumlah sampel 350 TPS dan menurunkan 350 relawan," katanya.

Lebih lanjut Sunarto mengatakan pihaknya dan LSI tidak melakukan penelitian tentang besaran golput pada Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi.

Ia berpendapat semakin padat suatu daerah, tingkat partisipasi masyarakat untuk memilih akan sedikit. "Seperti di Surabaya, tingkat golputnya mencapai 40 persen," katanya mencontohkan Pemilu Kada di Ibu Kota Provinsi Jawa Timur itu.

Menurut dia, golput tidak hanya disebabkan oleh kurangnya kesadaran masyarakat dalam memilih, tetapi ada alasan lain yang melatarbelakangi masyarakat tidak ikut mencoblos, di antaranya sedang sakit, tengah berada di luar kota, atau tidak mendapatkan undangan memilih. (Ant/X-11)

Media Indonesia

Read more

6/19/10

Sejarah Piala Dunia - Indonesia, Negara Asia Pertama Tahun 1938

0 komentar
Piala DuniaSejarah Piala Dunia - Piala Dunia menyihir dunia. Namun Indonesia dengan penduduk 230 juta jiwa, ternyata tak pernah mampu menembus lingkaran laga internasional itu.

Kondisi persepakbolaan nasional sungguh menyedihkan. Bayangkan, dari sekitar 230 juta jiwa, tidak ada belasan kader yang mampu bermain bola secara profesional dan tangguh

“Bangsa yang terbelakang dan miskin seperti Kamerun, Ghana, Pantai Gading dan negeri Afrika lainnya saja bisa menemukan belasan pemudanya untuk menjadi pemain bola di Piala Dunia, masak Indonesia hanya ada sosok macam Ariel Peterpan atau teroris macam Dulmatin. Menyedihkan, ini pasti soal kebijakan dan manajemen persepakbolaan,” kata pengamat sosial Fahmi Panimbang MA dari PSIK Universitas Paramadina.

Menurutnya, bertahun-tahun kesebelasan nasional menjadi pecundang. Malah sangat sering pertandingan kesebelasan nasional diwarnai baku pukul serta kerusuhan antar penonton yang meresahkan publik.

“Tidak ada bangsa yang tidak mampu bermain bola. Di luar negeri, anak-anak berbakat bola, sejak dini atau usia kanak-kanak dididik dan disekolahkan bermain bola. Setelah muda atau dewasa, mereka jadi pemain profesional,” kata penggemar bola Arif Susanto MA, dosen Fisip Universitas Al Azhar, Jakarta.

Di Indonesia, begitu banyak anak berbakat bermain bola, namun karena minimnya penangangan dari pemerintah baik di daerah mapun pusat menjadi sia-sia. “Energi mereka tak tersalurkan. Para remaja berbakat bola juga terabaikan,” tambah Reza Dienaputra, penggemar bola yang juga dosen Sejarah Universitas Padjadjaran menilai, .

Menurutnya, Indonesia perlu memperbanyak sekolah seperti yang dilakukan Bercelona di Bali, untuk mengembangkan sepakbola. Sekolah macam ini juga bagian dari industri sekaligus bisnis wisata yang memperkaya sportivitas dan peradaban bangsa.

Sepak bola tidak harus dibangun dengan kompetisi yang glamour. Banyak negara telah membuktikan itu. Kamerun, Pantai Gading, Nigeria, atau bahkan Irak yang tercabik perang membuktikan hal itu. Tanpa kompetisi yang glamour sepak bola tetap akan hidup dan tumbuh di masyarakat.

Indonesia juga merupakan bagian dari sejarah Piala Dunia. Saat masih dijajah, dengan nama Hindia-Belanda di 1938, Indonesia tercatat sebagai negara Asia pertama yang masuk ke putaran final Piala Dunia.

Yang jelas, harapan terbesar adalah suatu ketika nanti, di masa depan, kita masih bisa menyaksikan Indonesia lolos ke Piala Dunia. Entah kapan, yang jelas harus sabar. [was/ris]

Sumber: Detik Pos
Read more

Trenggiling

0 komentar
Trenggiling Trenggiling biasa (Manis javanica syn. Paramanis javanica) adalah wakil dari ordo Pholidota yang masih ditemukan di Asia Tenggara. Hewan ini memakan serangga dan terutama semut dan rayap. Trenggiling hidup di hutan hujan tropis dataran rendah.

Bentuk tubuhnya memanjang, dengan lidah yang dapat dijulurkan hingga sepertiga panjang tubuhnya untuk mencari semut di sarangnya. Rambutnya termodifikasi menjadi semacam sisik besar yang tersusun membentuk perisai berlapis sebagai alat perlindungan diri. Jika diganggu, trenggiling akan menggulungkan badannya seperti bola. Ia dapat pula mengebatkan ekornya, sehingga "sisik"nya dapat melukai kulit pengganggunya.


Trenggiling


Trenggiling


Trenggiling


Trenggiling terancam keberadaannya akibat habitatnya terganggu serta menjadi obyek perdagangan hewan liar. Terutama di daerah jambi, yang baru – baru ini di tangkap oleh petugas, semoga keberadan teringgiling di jambi, tidak terancam punah ya, karma hewan satu ini mempunyai keunikan tersendiri.
Read more

5 Tips Cara Hadapi Pacar Posesif

0 komentar
pacar5 Tips Cara Hadapi Pacar Posesif ~ Sungguh menyebalkan memang memiliki pacar posesif. Tapi mau bagaimana lagi, kamu sudah terlanjur sayang sama dia. Tapi nggak perlu khawatir, karena ada banyakcara menghadapi dan mengatasi pacar yang posesif itu. Ada 5 cara yang bisa kamu tempuh untuk menghadapi pacar posesif.

1. Cari tahu penyebabnya
Apa yang menyebabkan pacar kamu itu bersikap posesif. Dia pasti punya beberapa alasan kenapa dia bisa bersikap posesif terhadap kamu. Dari beberapa sumber yang belum bisa dipercaya, setidaknya ada 7 penyebab seseorang bersikap posesif.

2. Hindari hal-hal yang bisa bikin dia posesif
Setelah kamu tahu apa yang menyebabkan dia bersikap posesif, ya jangan ngelakuin hal tersebut. Jangan bikin dia cemburu, curiga, dan khawatir. Itu alasan yang paling banyak yang membuat cowok posesif.

3. Yakinkan dia bahwa kamu orang yang bisa dipercaya
Rasa tidak percaya terhadap pasangan uga merupakan salah satu penyebab kenapa seseorang bersikap posesif. Untuk mengatasinya tentu kamu harus menunjukkan sikap bahwa kamu adalah orangyang bisa dipercaya. Jadi, tidak ada alasan untuk pacar kamu bersikap posesif.

4. Komunikasikan dengan pacar
Bilang, beritahu dia kalau sikapnya selama ini cenderung bersikap posesif. Kemudian bersama-sama mencari pemecahan masalahnya. Komunikasi adalah unsur penting dalam suksesnya sebuah hubungan.

5. Bersikap terbuka
Jujur, saling terbuka, tidak ada rahasia antara kamu dan pasangan atau pacar adalah cara yang tepat untuk mengatasi sikap posesif. Keterbukaan bisa meminimalkan segala bentuk kemungkinan yang bisa merusak hubungan.

Read more

Hasil Quick Count Pilkada Jambi | Hasil Perhitungan Suara Pilkada Jambi

3 komentar
Hasil Quick Count Pilkada Jambi | Hasil Perhitungan Suara Pilkada Jambi ~ Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubenur Jambi periode 2010 – 2015 Berlangsung 19 Juni 2010, berikut Hasil Perolehan Suara Sementara Pemilukada Provinsi Jambi

1. Zulfikar Achmad-Ami Taher (ZA-Ami) Memperoleh Suara 16,38 Persen

2. Hasan Basri Agus-Fahrori Umar (HBA-Fahrori) Memperoleh Suara 42,22 Persen

3. Madjid Mu’az-Abdullah Hich (MM-Hich) Memperoleh Suara 27,86 Persen

4. Safrial-Agus Setionegoro (SAS) Memperoleh Suara 13,18 Persen

UPDATE 19 Juni Data yang Masuk Baru 78,57 Persen


Read more

Hasan-Fachrori Menangi Pemilihan Gubernur Jambi | Quick Count

2 komentar
Quick Count Jambi : Pasangan Hasan Basri Agus-Fachrori Umar meraih suara terbanyak dalam pemilihan gubernur Jambi, Sabtu (19/6) hari ini. Menurut hasil hitungan cepat kerja sama Metro TV dan Lingkaran Survei Indonesia, pasangan ini meraih 42,08 persen dari total suara. Saat berita ini ditulis, suara yang masuk sudah mencapai 78 persen.

Urutan kedua diraih pasangan Majid Muaz-Abdullah Hich dengan 27,88 persen, diikuti pasangan Zulfikar Akhmad-Ami Taher (16,46 persen), dan Safrial-Agus Setyonegoro (13,57 persen). Dengan suara masuk sebesar 78 persen hampir bisa dipastikan Hasan Basri-Fachrori memenangi pemilihan gubernur Jambi.

Pasangan Hasan Basri Agus-Fachrori Umar diusung koalisi Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera, PBR, Partai Patriot, PPD. Saat ini Hasan Basri Agus masih menjadi Bupati Sarolangun. Ketiga calon gubernur lainnya juga masih menjabat bupati di wilayah Jambi.

Hasan Basri menjelaskan, apabila ia terpilih sebagai gubernur Jambi, salah satu prioritasnya adalah membenahi infrastruktur. Hasan mengklaim sudah mengunjungi seluruh wilayah Jambi. Dari kunjungan itulah ia mengidentifikasi kebutuhan. Hasan Basri mengakui kendala terbesar adalah persoalan dana.

"Kita akan mencari dana, dari pusat dan swasta," kata Hasan Basri. Ia mengakui, masalah tenaga kerja juga menjadi prioritas penting untuk dituntaskan. Hasan menjelaskan, dari visi dan misi yang dibuat tim suksesnya, ia berharap apa yang dibuat dalam visi dan misi akan diwujudkan dalam peraturan daerah. "Untuk menjawab tantangan warga," kata Hasan Basri. (DOR)
Metro Tv J

Read more

Quick Count LSI: Hasan Basri Agus Unggul di Jambi | Hasil Perhitungan Cepat Pilkada Jambi

1 komentar
Berita Pilkada Jambi - Berdasarkan hasil hitungan cepat yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI), pasangan Hasan Basri Agus dan Fahrori Umar (HBA-FU), meraih suara terbanyak pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jambi 2010-2015.

Pada pemilihan yang dilaksanakan Sabtu (19/6) itu pasangan nomor urut dua yang diusung Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Golongan Karya tersebut meraih 41,83 persen dari 70,2 persen suara yang masuk.

Kemudian disusul pasangan nomor urut tiga, Madjid Muaz dan Abdullah Hick yang diusung Partai Amanat Nasional, Partai Persatuan Pembangunan, Hanura dan beberapa partai kecil dengan 28,23 persen suara.

Sementara urutan ketiga ditempati pasangan Zulfikar Ahmad dan Ami Taher, yang mengunakan perahu Partai Kebangkitan Bangsa, Gerindra dan 21 partai kecil dengan 16,52 persen suara. Posisi terakhir ditempati pasangan Syafrial dan Agus Setionegoro yang didukung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan beberapa partai kecil yang hanya mampu meraih sekitar 13,42 persen.

Pasangan Hasan Basri Agus dan Fahrori Umar unggul di lima daerah kabupaten dari 10 kabupaten yang ada di Provinsi Jambi, antara lain kawasan Kota Jambi, Muarojambi, Sarolangun, Merangin, dan Kabupaten Batanghari.

Angka perolehan suara ini memang belum berakhir, namun menurut Direktur LSI Arman, angka tersebut tidak akan banyak mengalami perubahan.

Berdasarkan data KPUD Provinsi Jambi, dari jumlah penduduk 2.715.598 jiwa, jumlah Daftar Pemilih Tetap Pemilukada kali ini sebanyak 2.231.632 jiwa. Namun berdasarkan pengamatan LSI hanya sekitar 65 persen lebih yang menggunakan hak pilihnya, sementara selebihnya golput.

Hasan Basri Agus yang saat ini menjabat Bupati Sarolangun, menyatakan pihaknya masih tetap menunggu hasil hitungan manual KPU Provinsi Jambi.

"Kami merasa bersyukur dengan hasil ini dan jika nanti sudah pasti dinyatakan sebagai pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi, maka saya secara pribadi akan melaksanakan tugas dengan seadil-adilnya, walaupun ada beberapa daerah memberikan suara sedikit kepada kami," ujarnya.
SYAIPUL BAKHORI

Read more

Pantangan Ibu Hamil Muda

0 komentar
Wah asiknya ni kalau hari libur gini di informasi jambi, kita membagikan Artikel tentang pantangan ibu hamil muda, yuk kita ikuti artikelnya,,,

Dr. Puji Ichtiarti, SpOG, dari RS Hermina Jatinegara, berkata, “Kalau ibu hamil tidak boleh benci, sebal, dan marah-marah memang ada baiknya karena semua itu dapat berdampak negatif bagi dirinya sendiri, seperti stres, pusing, dan tekanan darah naik.” Tapi kalau si jabang bayi jadi mirip orang yang dibenci, tentu itu tidak benar dan tidak ada hubungannya sama sekali. Yang ini jelas hanya mitos. Namun, bukan berarti ibu hamil lantas boleh melakukan semua hal. Selama kehamilan memang ada pantangan bagi ibu. Adapun pantangan ibu hamil :
PANTANGAN DI TRIMESTER I

* Tidak terbentur atau terjatuh karena bisa mengakibatkan keguguran.
* Tidak melakukan olahraga berat, seperti lari, aerobik high impact atau angkat beban
* Menunda bepergian jauh untuk sementara, terlebih bila harus melakukan perjalanan udara. Di usia kehamilan 1-3 bulan, ibu masih memerlukan kekuatan ekstra untuk mensuplai segala sesuatu yang penting bagi pertumbuhan janin. Kecapekan dapat membuat suplai nutrisi, energi, hingga oksigen ke calon bayi terhambat.

* Hindari minum obat dan jamu kecuali dalam pengawasan dokter. Jangan lupa, janin amat rentan terhadap pengaruh obat-obatan yang bersifat teratogen (zat kimia yang dapat menimbulkan kelainan perkembangan pada janin).

* Hindari pakaian ketat yang tidak lentur. Pakaian longgar atau elastis merupakan pilihan yang lebih baik karena tidak akan mengganggu perkembangan janin. Sama halnya dengan bra, kenakanlah bra yang nyaman.

* Untuk sementara jangan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gas sebab bisa membuat ketidaknyamanan pada ibu hamil. Bahkan pada kasus tertentu bisa berakibat fatal.
Adapun makanan terlarang bagi ibu hamil
* Hubungan suami istri tetap boleh dilakukan kecuali bila dokter melarang atau dari kacamata medis hubungan intim dapat membahayakan ibu ataupun janin.
PANTANGAN DI TRIMESTER II DAN III

Di trimester dua, kehamilan relatif aman. Sekalipun begitu ibu tetap wajib menjaga kandungannya dengan selalu menghindari stres, tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat atau melaksanakan kegiatan yang dapat menimbulkan risiko cedera.
Sementara di trimester ke-3 karena yang sering menjadi kekhawatiran adalah cepatnya peningkatan berat badan ibu, maka beberapa pantangan yang berkaitan dengan pola makan berlaku di sini. Umpamanya, kurangi makanan yang mengandung garam karena berpotensi meningkatkan tensi darah dan protein pada urin. Juga jaga agar peningkatan BB tidak lebih dari 2 kg dalam sebulan untuk menghindari keracunan kehamilan (preeklamsia).

Tingkatkan asupan buah-buahan dan sayur yang bermanfaat bagi janin dan air ketuban. Makanan bergizi seperti itu juga baik untuk memperlancar BAB dan menghindari sembelit yang biasa dialami ibu hamil trimester akhir. Cukupi kebutuhan minum dengan mengonsumi cairan 8 gelas sehari. Tak perlu khawatir jika jadi sering BAK, karena di kehamilan besar hal ini wajar saja. Yang penting, rasa kebelet pipis tersebut jangan ditahan-tahan sebab bisa memicu terjadinya infeksi saluran kencing.
Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, jangan sampai perut ibu terbentur atau ibu terjatuh. Ini penting diperhatikan karena di kehamilan tua, perut akan semakin membuncit dan membuat gerakan ibu semakin tidak “lincah.

Di trimester akhir ini, perhatikan organ intim yang akan menjadi jalan lahir bayi dengan lebih saksama. Pada saat kehamilan, ibu rentan menderita keputihan. Sebagai pencegahan, upayakan organ intim selalu bersih dan tidak lembap. Sering-seringlah mengganti celana dalam. Lebih sering lebih baik.

Read more

Gaji Guru tahun 2010 Bakal Melebihi PNS Lainnya

1 komentar
Info GuruJambi news ~ Pemerintah Indonesia menerangkan bahwa gaji pendidik, guru, dan dosen akan mengalami kenaikan hingga lebih dari 50 persen pada 2010.
"Dengan adanya kenaikan anggaran pendidikan menjadi minimal 20 persen dari belanja negara, yang mendapat cukup banyak adalah para pendidik, guru, dan dosen," kata Menkeu di Gedung DPR Jakarta, Rabu (3/6).

Menkeu menyebutkan, kenaikan gaji PNS dan anggota TNI/Polri pada 2010 hanya akan mencapai 15 persen, itu pun termasuk uang lauk pauk.
"Khusus untuk pendidik, guru, dan dosen, kenaikannya akan lebih dari 50 persen dan akan dihitung berdasarkan golongannya," katanya.
Menurut Menkeu, yang juga agak aneh adalah bahwa pemerintah melalui APBN juga harus membayar tunjangan profesi kepada pendidik, guru, dan dosen swasta. "APBN juga harus membayar tunjangan profesi guru dan dosen non-PNS asal mereka bersertifikat. Ini mengikuti ketentuan UU tentang pendidikan," katanya.
Kompas.com

Read more

Pemilihan Gubernur Jambi Disambut Dingin Warga

0 komentar
Jambi News ~ Tak ada yang istimewa di Kota Jambi, Sabtu (19/6) ini. Warga tetap beraktivitas seperti biasany. Lalu lintas terlihat ramai dan toko-toko tetap buka. Padahal, hari ini dilaksanakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi periode 2010-2015.

Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di seluruh pelosok Jambi juga terlihat apa adanya. Tidak ada tenda khusus yang menarik. Warga hanya memamfaatkan ruang sekolah atau emperan toko untuk jadi tempat TPS. Di sejumlah TPS juga tidak tampak antrean warga untuk menggunakan hak suara. Bahkan, sejumlah kursi yang disediakan terlihat kosong.

Sejumlah Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) menyebutkan, hingga siang ini, warga yang menggunakan hak suaranya tak sampai 50 persen. Di TPS IX Simpang Empat Sipin, misalnya. Dari 210 pemilih yang terdaftar, baru sekitar 95 orang yang menggunakan hak pilihnya.

Menurut pengamat politik Jambi, Doni Pasaribu, fenomena banyaknya golput atau golongan putih karena masyarakat Jambi lebih cendrung memikirkan sesuatu dalam jangka pendek. Artinya, kata Doni, mereka tak peduli dengan program yang ditawarkan para calon karena pengaruhnya tidak langsung kepada masyarakat.

Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi ada empat pasangan calon yang maju. Semuanya adalah bupati. Mereka adalah Zulfikar Ahmad (Bupati Bungo) berpasangan dengan Ami Taher, Hasan Basri Agus (Bupati Sarolangun) dan Fahrori Umar, pasangan Madjid Muas (Bupati Tebo)-Abdullah Hich (Bupati Tanjung Jabung Timur), serta Syafrial (Bupati Tanjung Jabung Barat)- Agus Setyonegoro. Sementara jumlah pemiih yang terdaftar sebanyak 2,2 juta pemilih dan tersebar di 11 kabupaten serta kota dalam Provinsi Jambi.(BOG)

Liputan6.com

Read more

6/18/10

Cara menggunakan Twitter?

0 komentar
TwitterCara menggunakan Twitter? ~ Twitter secara harfiah bermakna ‘berkicau’ (jika itu burung) atau ‘mengoceh’ (jika itu manusia). Twitter adalah layanan jejaring sosial (tapi menurut para pendirinya lebih merupakan jejaring informasi) dan microblogging dengan panjang status maksimal 140 karakter. Status yang kita tuliskan di Twitter dulu diberi nama ‘update’, tetapi belakangan namanya diubah menjadi ‘tweet’. Secara harfiah, tweet sendiri bermakna ‘kicauan anak burung’. Wah, semuanya kok berkaitan dengan burung ya? Pantas saja Twitter memakai seekor burung mungil sebagai ikonnya.

Karena tweet dibatasi maksimal 140 karakter saja, maka kita harus pandai-pandai menuliskan pesan agar bisa singkat tapi jelas dan enak dibaca. Jangan sampai lebay, tapi bukan berarti kehilangan selera humor.
Contoh: @ahmad waiting the return at BCA
Hindari tweet seperti ini: @ahmad waiting the return at BCA, uhh capek dehh, udah panas, gerah sial!
Untuk menyiasati ruang yang terbatas itu, seringkali kita harus menggunakan singkatan-singkatan (akronim) – mungkin bisa disebut singkatan gaul lah – sepanjang itu saling dipahami. Contoh tweet menggunakan singkatan: @ahmad i need an antivirus ASAP! (ASAP: as soon as posible alias secepat mungkin).
Untuk mengekspresikan perasaan, gunakan simbol smily alias emoticon. Misalnya : ) untuk gembira, : ( untuk sedih, : D untuk tertawa, dan sebagainya. Contoh penggunaannya: @ahmad aku lagi seneng sekali nih : )
Jika Anda ingin membagi atau share sebuah URL web atau URL photo, video dan lain sebaginya dalam tweet, gunakan tool untuk mempersingkat URL tersebut. Semisal http://bit.ly atau http://tinyurl.com. Dengan tool tersebut, alamat web yang akan Anda share di Twitter akan lebih padat (kira-kira menjadi 20 karakter saja atau bahkan kurang). Contoh: @ahmad is reading tips Twitter – http://bit.ly/3tg4.
Istilah-istilah dan simbol-simbol yang dipakai di Twitter
Di Twitter ada beberapa istilah yang penting untuk kita ketahui maksudnya. Dimulai dari istilah tweet. Diatas sudah saya jelaskan bahwa tweet adalah sebutan untuk status yang kita tuliskan. Ada juga istilah tweeple atau tweep, maksudnya adalah pengguna Twitter.
Follower adalah orang yang mengikuti kita dan akan menerima setiap pembaharuan status yang kita lakukan. Kebalikannya adalah following, yaitu orang yang kita ikuti, dan kita akan menerima setiap pembaruan status yang dia lakukan.
Beberapa istilah lainnya adalah sebagai berikut:
Reply: balasan. Untuk melakukan balasan, cukup klik ‘Reply’ yang terletak persis dibawah kotak pengisian tweet.
ReTweet: men-tweet ulang status orang lain, dengan tujuan mungkin untuk mengomentari statusnya tersebut, atau sekadar mempublikasikan ulang statusnya tersebut karena mungkin menginspirasi kita, atau mungkin karena alasan lain.
Direct message: sering pula disebut DM, adalah pesan personal, seperti message di Facebook. Pesan ini tidak terpublikasikan di timeline (wall kalau di Facebook), jadi hanya kita saja yang bisa membacanya.
Trending topic: topik yang sedang hangat dan ramai dibicarakan orang.
Favorites: dipakai untuk menyimpan tweet tertentu yang diinginkan (karena kita sukai tentu saja).
Twitter juga memakai beberapa simbol dalam pemakaiannya. Berikut ini beberapa simbol tersebut beserta contoh pemakaiannya.
@ adalah simbol yang ditulis didepan nama pengguna lain agar tweet yang dimasukkan diterima oleh pengguna tersebut. Kamu bisa berinisiatif menggunakan simbol ini untuk seseorang atau lebih sehingga tweet akan mereka terima. Simbol ini juga secara otomatis akan terpakai jika kamu me-reply tweet seseorang.
Contoh pemakaian:
@khalid have a nice trip to Singapore!
@tifsembiring to obtain spiritual wealth you have to attain sufficient material wealth
@NajwaShihab next week I’m taking my holiday for a week sweetie… If not this week then when I’m back ya
@khalid @amir kalian mau nggak makan bareng sama aku entar malam?
Giving @boediono n Sri Mulyani good energy to face their trials & tribulations n hope we’d all emerge enlightened by all this drama
Having healthy lunch with @khalid and catching up w th news
@thejakartaglobe: Authorities shut down California airport after bottles of honey spark security scare http://bit.ly/7Eikud
@nytimes: India Tightens Tourist Visa Rules http://bit.ly/7StSRO
Did I miss some earth shattering news guys? @kompasdotcom: Bukti Dikumpulkan, Luna Maya Akan Dilaporkan http://bit.ly/8EfjDd
# (disebut hash tag) adalah simbol yang ditulis di depan topik tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik sejenis yang ditulis oleh orang lain.
Contoh pemakaian:
#lifetips Pay close attention to your dreams. They may reveal many insights you will not find in your waking hours.
Presiden SBY: kibarkan bendera setengah tiang selama 7 hari mulai Kamis besok utk mengenang #GusDur
No mistake, no experience; no experience, no wisdom – goldstein #quotes selamat beraktivitas. jgn takut utk mencoba. salam semangat!
@NajwaShihab: Hd nice chat with Luna Maya. Curhat soal twitter & infotainment : ) Watch lengkapnya di #matanajwa http://tweetphoto.com/7001611
RT adalah simbol untuk ReTweet. Dengan menggunakan simbol RT berarti kita menulis ulang tweet orang lain dalam profil kita sendiri dan biasanya diikuti dengan nama orang yang membuat tweet pertama kali.
Untuk melakukan retweet, caranya sangat sederhana. Dibawah setiap tweet seseorang, pasti ada tombol ReTweet. Nah, klik saja tombol tersebut, maka tweet secara otomatis akan muncul di profil kamu, dengan format RT @pemilik_tweet [isi tweet]. Contoh: RT @khalid Enak juga gabung Twitter.
Disamping itu, kamu juga bisa menggunakan RT ketika memberikan komentar terhadap tweet seseorang. Dalam hal ini, kamu memakai RT untuk mengingatkan bahwa komentarmu itu terkait dengan tweet yang kamu RT (soalnya di Twitter tidak ada komentar yang tersusun secara threaded kayak di Facebook). Contoh: Coba kau petik satu, mungkin salah satu diantaranya adalah aku hehe.. RT @khalid Hari ini aku melihat banyak bintang.
OH (singkatan dari OverHeard) adalah simbol yang kita pakai untuk menuliskan tweet milik orang lain pada status kita tetapi kita tidak ingin mencantumkan siapa yang menuliskannya. Jadi, OH sama dengan RT, cuma nggak dicantumkan penulis tweet-nya. OH ditulis di depan tweet yang ingin kita masukkan.
Contoh pemakaian: OH Enak juga gabung Twitter.
HT (singkatan dari HeardThrough) adalah simbol yang kita pakai untuk menuliskan tweet berdasarkan sesuatu yang kita dengar dalam kehidupan nyata. HT ditulis di depan tweet yang ingin kita dimasukkan.
Gimana? Sudah tahu kan istilah-istilah dan simbol-simbol yang dipakai di Twitter? Untuk contoh-contoh yang lebih banyak, kamu lihat saja halaman Twitter salah seorang pengguna Twitter. Gampang kan? Dan kalau kamu ingin lebih fasih dalam memakainya ya tinggal kamu praktekkan saja di akun Twitter kamu. Sederhana kan?
Read more

Situs TV Online Gratis Nonton Piala Dunia | TV Online

0 komentar
Situs TV Online Gratis Nonton Piala Dunia – Ngak sengaja nih jalan-jalan ke para blogger, ambil cari ispirasy ehketemu ama yang kucari, Ngenet sambil nonton Piala Dunia secara live di internet, Asik Bukan ? Eman sih sekarang bukan lagi hal yang mustahil. Karena, kini telah banyak situs penyedia TV streaming online. Tak hanya bikinan luar negeri, karya anak bangsa juga ada.


Pengen Liat kan,, Karya anak Bangsa Langsung Ke TKP Klik Di sini
Read more

2 Ikan Pari Raksasa Gemparkan Jambi

0 komentar
Ikan PariJambi News ~ Empat warga Tango Rajo Ilir yang berniat mancing di Sungai Pengabuan Kualatungkal dikagetkan setelah mata pancingnya disikat dua ikan pari yang beratnya masing-masing sekitar 70 Kg.

Menteng, Hamdani, Gunadi, dan Udin terhenyak saat mata pancing Gunadi dimakan. Mereka merasa penasaran saat hentakan kuat menarik tali pancingnya.

Semula ia ingin mengangkat pancingnya namun tenaganya tak sebanding dengan kuatnya tarikan dari dalam air. Ia pun memanggil tiga rekannya yang juga lagi asyik memancing. Lagi-lagi, tambahan tenaga dari tiga rekannya juga tidak kuasa menarik ikan yang memakan umpan pancing Gunadi.

Bahkan yang lebih gawat, perahu pompong seberat 6 ton yang ditumpang keempat pemancing ini malah diseret ikan sejauh 500 meter. Keempat pemancing mulai panik karena laju perahu tak terkendali. Mereka cemas jika tarikan kuat ikan dapat menenggelamkan perahu. Tidak mau mengambil resiko, mereka kemudian mengikuti tarikan ikan pari, demi menjaga tali pancing tidak terputus. Bahkan akibat hentakan kuat, pompong nyaris terbalik.

"Kami tarik empat orang, tapi tidak kuat, bahkan pompong kami juga diseret sampai jauh. Tapi takut putus, makanya kami ulur dan biarkan diseret,” katanya

Laju pompong akhirnya terhenti, setelah ikan kehabisan tenaga. Dengan sigap, tali pancing digulung. Betapa terkejut keempatnya setelah mendapatkan pancing mereka dimakan ikan pari berukuran besar. Ikan pun lantas dimasukkan ke perahu.

Sesampainya di darat, berduyun-duyun warga Tanggo Rajo Ilir menyaksikan ikan pari. Maklum saja, walau ratusan warga Kuala Tungkal yang memiliki hobi memancing, baru kali ini, ikan pari berukuran besar termakan umpan pancing. Butuh empat orang untuk mengangkat kedua ekor pari tersebut.

Sebelumnya tidak pernah dapat pari sebesar dan seberat ini. Ini pecah rekor. Memang pernah dapat pari, tapi tidak seberat ini. Kami memecahkan rekor,” tambah Menteng sembari tertawa.

Warga sekitar juga tidak ketinggalan untuk mengabadikan ikan pari, melalui kamera handphone sembari berfoto di antara pari yang sudah tidak bernyawa lagi. Usai penangkapan, satu ikan pari mengeluarkan sebanyak lima anak dengan masing-masing berat lima kilogram. Sementara, dua pari raksasa di jual ke penampungan ikan dengan kisaran harga Rp 7500/kg.

"Kami akan jual, karena tidak ada yang mau makan, ya hitung-hitung sebagian uangnya untuk diwakafkan,” kata Gunadi sembari tersenyum. (man)

Sumber; Kompas Com
Read more

Selai Nanas dan Rambutan Goreng | Makanan Khas Jambi

1 komentar
Selai NanasSelai Nanas dan Rambutan Goreng ~ Wajah Desa Tangkil Baru, Kecamatan Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, agak berbeda dari lingkungan di sekitarnya. Rumah-rumah penduduknya khas dalam arsitektur bugis. Tepat di jantung desa ini berdiri sebuah tugu dengan patung buah nanas pada bagian pucuknya.

Identitas bugis semakin tampak ketika kami berkunjung ke rumah tiang milik Siti Arifah (50). Apalagi ketika mulai bercakap-cakap, karena mereka sehari-hari relatif berkomunikasi dalam bahasa daerah tersebut.

Kabarnya, kampung ini dibangun almarhum Syeh Muhammad Said (Puang Muhammad) dan 20 sahabat. Almarhum adalah kakek dari suami Siti Arifah, Andi Tola Patabila (70). Mereka adalah pelarian dari Bugis saat konflik berlangsung tahun 1960-an.

Meski telah puluhan tahun menetap di Tangkil Baru, Siti Arifah kurang fasih berbahasa melayu. "Maaf ya, saya bisanya bahasa bugis. Maklum, saya bukan orang sekolahan," tuturnya.

Namun, Siti Arifah yang tak sekalipun mengenyam pendidikan, baca maupun tulis, kini sukses sebagai pengusaha lewat produk "Jaya Indah". Bahkan, dari usaha ini dia dan suaminya berhasil menyekolahkan ke-12 anak mereka, sebagian di antaranya sampai perguruan tinggi.

Usaha Arifah adalah memproduksi selai nanas goreng, rambutan goreng, selai pisang goreng, kacang sembunyi, dan ikan teri. Dari semua produknya itu, yang khas dan laris adalah selai nanas dan rambutan goreng.

Setiap hari, Siti Arifah dibantu lima karyawan yang masih termasuk keluarga. Anak pertamanya, Andi Mimahaya, sampai kini turut menjadi penanggung jawab usaha sampai ke pemasaran. Adapun anak Arifah nomor 10, Andi Isma (17), meski masih di bangku sekolah menengah atas, setiap hari ikut membantu usaha orangtuanya. Dia membantu sang ibu mulai dari mengupas buah sampai mengemasnya.

Produksi selai nanas dan rambutan goreng Arifah setiap hari masing-masing sekitar 15 kilogram. Selain dipasarkan ke toko- toko swalayan di wilayah Kota Jambi dan Kabupaten Muaro Jambi, produk Arifah juga dikirim ke Palembang dan Pekan Baru.

Produk selai nanas dan rambutan goreng sebanyak sekitar 30 kilogram per hari itu nyaris selalu habis. Artinya, dalam sehari omzet usaha Arifah mencapai sekitar Rp 690.000.

Dari kebun sendiri
Usaha pengolahan selai nanas dan rambutan goreng tak lepas dari kehidupan warga desa yang umumnya berkebun. Areal tanah milik suaminya seluas lima hektar lebih itu pun ditanami nanas dan rambutan.

Alasan memilih jenis tanaman itu sebab tanah rawa desa ini cocok untuk nanas. Dalam satu pekan sebanyak 400-an buah nanas bisa dipanen. Buah nanas ini semula dijual langsung ke pasar dengan harga murah. Bahkan, kini pun buah nanas cuma dihargai Rp 500 per buah.

Tahun 1999 barulah Arifah terpikir untuk mengolah nanas menjadi makanan yang lebih tahan lama dan memperoleh harga lebih baik. Semula, perempuan yang gemar memasak ini mengolah nanas menjadi selai.

Setelah beberapa waktu, Arifah mendapat ide untuk menggoreng selai-selai nanas tersebut dalam baluran tepung terigu. Hasilnya, kue-kue ringan berwarna cokelat kekuningan.

Sesuai bahan bakunya, dia menamainya "kue selai nanas". Rasanya gurih dan renyah pada bagian luar serta terasa lembut selainya ketika bagian dalam kue masuk mulut.

Arifah tak menambahi gula pada adonan kue. Alasannya, dia tak ingin kuenya terasa amat manis. Ini justru akan membuat konsumennya cepat merasa kenyang. "Setelah diolah dan menjadi kue selai nanas goreng, ternyata banyak orang suka," tuturnya.

Kue selai nanas buatan Arifah ini dikemas dalam tiga ukuran, kemasan berberat satu ons, 250 gram, dan 500 gram. Supaya kemasan tampak lebih menarik, ia menempatkan kue selai nanas goreng 250 gram dalam keranjang anyaman bambu. Kue selai nanas dalam kemasan anyaman bambu ini ternyata menjadi pilihan orang untuk oleh-oleh penganan khas dari Jambi.

Rambutan Goreng

Giliran rambutan
Tak puas dengan kue selai nanas goreng, Arifah mulai mengutak-atik buah rambutan. Buah rambutan yang segar dan mengandung banyak air itu pun berubah menjadi penganan kecil atau kue kering.

Arifah bercerita, buah rambutan yang telah dikupas diolahnya sedemikian rupa sampai kering. Meski begitu, agar tetap sebagai rambutan, dia sengaja membiarkan biji buah itu di tempatnya.

Rambutan yang sudah kering kemudian digoreng dalam baluran tepung terigu yang telah dicampur sedikit garam. Di bengkel usaha Arifah yang menempati sebagian rumah tinggalnya itu, seluruh proses produksi dilakukan. Untuk setiap proses disediakan ruang yang berbeda, mulai dari pengupasan buah, penggorengan, penjemuran, hingga pengepakan.

Sedangkan untuk pengepakan kue, dia menyediakan kamar khusus. Di ruang pengepakan ini siapa pun yang masuk tak boleh merokok. Arifah sangat disiplin mengenai hal ini. Alasannya, demi menjaga kebersihan, rasa, dan aroma makanan.

Harga penganan kecil buatan Arifah relatif terjangkau sebagian masyarakat. Kue selai nanas goreng, misalnya, dijualnya dengan harga Rp 21.000 per kilogram, kue rambutan goreng Rp 25.000 per kg.

Di samping kedua produk penganan utamanya itu, Arifah juga membuat semacam keripik pisang goreng seharga Rp 25.000 per kg. Meski keripik pisang ini hanya sesekali saja dibuatnya.

"Konsumen ternyata lebih suka kue selai nanas dan rambutan goreng, makanya saya tidak selalu membuat snack pisang. Snack pisang untuk pelengkap saja," ujar Arifah yang meningkatkan produknya sampai sekitar dua kali lipat dari hari biasa pada hari-hari menjelang Lebaran.
Read more

Tips Kecantikan Wajah | Bebas Jerawat

0 komentar
CantikTips Kecantikan Wajah | Bebas Jerawat ~ Menjelang Menuggu Week-End Informasi Jambi Sedikit memberi Tips Bagi Remaja yang ingi kulitnya tampak cantik dan bebas dari jerawat.
Yuk ikuti beberapa tips berikut

• Selalu menjaga kebersihan wajah, dengan rajin membasuh muka dengan sabun yang cocok dengan PH kulit anda. Berwudhu pun juga termasuk terapi ampuh untuk mengurangi jerawat.

* Rajin berolahraga atau melakukan akitivitas fisik yang lumayan banyak menghasilkan keringat, hal ini terbukti sekali saat saya bekerja sebagai seorang pelaksana di sebuah perusahaan perkapalan dimana aktivitas kerja saya sangat banyak menghasilkan keringat yang ternyata berakibat positif untuk menurunkan tingkat keparahan jerawat saya.
* Rajin minum air putih. Tampaknya memang sederhana, tapi terapi ini benar benar manjur tidak hanya untuk masalah jerawat saja bahkan untuk penyakit penyakit berat lain sekalipun. Dengan bagusnya sistem "pengairan" di tubuh anda, maka darah anda ataupun organ lain tubuh anda akan bisa lebih "bersih" dan sehat sehingga akan mendukung proses penyembuhan anda dari jerawat atau penyakit lainnya.
* Hindari stress berlebihan karena bisa menjadi pemicu semakin banyaknya jerawat anda, saya sudah coba buktikan sendiri dengan rajin melakukan tehnik menenangkan hati.

Untuk mencegah agar jerawat anda tidak menjadi semakin parah, berikut ini adalah solusinya :

* Jangan memencet jerawat anda, apalagi jika tangan anda tidak bersih karena HANYA akan semakin meperparah jerawat anda bahkan bisa menimbulkan luka lain ataupun infeksi.
* Jika timbul luka, anda dapat mengoleskan Betadine untuk mencegah infeksi yang berkelanjutan.
* Cobalah menggunakan ramuan belimbing wuluh yang di tumbuk sampai halus seperti bubur lalu dicampur air garam secukupnya, Lulur ini juga berfungsi sebagai astringen yang akan membantu memperkecil pori-pori yang terbuka terlalu lebar.
* Hindari makanan berlemak dan perbanyaklah konsumsi vitamin C dan makanan yang mengandung zinc.
* Anda juga bisa melakukan penyembuhan alami untuk diri sendiri dengan terapi Reiki yang juga bermanfaat untuk membantu lebih awet muda dan memperhalus kulit.

Read more

Hasil quik Count Pilkada Jambi | Penghitungan Cepat Pilkada Jambi 2010

2 komentar
Hasil quik Count Pilkada Jambi 2010 ~ Hasil Quick Count Pilkada Jambi 2010 Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubenur Jambi periode 2010 – 2015 Berlangsung 19 Juni 2010, berikut Hasil Perolehan Suara Sementara Pemilukada Propinsi Jambi

1. Zulfikar Achmad-Ami Taher (ZA-Ami) Memperoleh

2. Hasan Basri Agus-Fahrori Umar (HBA-Fahrori) Memperoleh

3. Madjid Mu’az-Abdullah Hich (MM-Hich) Memperoleh

4. Safrial-Agus Setionegoro (SAS) Memperoleh



Sabar Ya Sob Tunggu Saja Kita akan Meng Updete Tanggal 19 Juni Di sini Diblog Informasi Jambi. Ini hanya posting untuk pesiapan Perhitungan Cepat Pemilukada Jambi 2010 yang di laksanakan Sabtu 19 juni 2010

UPDATE 19 Juni

Read more

Berhala Island Tours

1 komentar

ISLAND The idol has a beautiful white sand beaches and volcanic rock that is very beautiful with a great location close to the National Park buffer zone Berbak. Islands covering an area approximately 10 square kilometers on the west coast has a gentle slope and the eastern part has a stone cliffs are quite steep cliff. In the sea receded island surrounded by idols can walk within 6 hours
For those of you who are interested in visiting the island idol, you have to travel by car 1 jambi from Jambi City, leading to the harbor inlet Kandis then by speed boat about 2 hours long, palm toward the middle of our journey can eat people will find black Kayo jambi one of the kings very famous and powerful, Berbak National Park one of the largest swamp forests in Asia, if lucky in April we can find kelompuk tong tong crane's migration was from asia to Australia. after arriving on a long palm using boats troll about 2 hours drive we will come to the island of idols.



The island is inhabited by the Head of the Family 9 derived from the Riau Malays as fishermen's livelihood. The entire hill has a height of about 2000 meters. are in the middle of the island, and here found two historical and cultural heritage, including Tomb Datuk Paduko Berhalo.



With a walk down the hill via a path 150 meters + we will find the tomb of an Islamic developer in jambi, named Ahmad Salim Datuk a Paduko Berhalo dubbed. He menukah by Princess King of Jambi, the Princess Pinang Masak harmony which they later ruled the kingdom of Jambi.
There is also a Fort Ancient Japan on one of the hills on the island this idolatry.



Even more interesting at a depth of about 5-20 meters of coral reef clusters tardapat (hard coral) is very beautiful she's one of the best in Indonesia but unfortunately too deep. Island egg (the green turtle laid her eggs) egg has a beautiful island and to its own uniqueness at the beach where the water has a different temperature difference was only 1 meter distance intervals we could feel his hot and cold sea water. very white sand like broken glass (quartz PSIR, we night camping on the island while see green turtles lay their eggs.




While on the island of his own idol beach there are 5 unique points, 3 points juka sands at low tide to snorkel and facilities made 2 points beach huge stone and can be a challenge for traking lovers, locals very friendly, for lovers of fishing may pagan island one of the challenges the fish very much, only about 5 minutes from the beach our boat bias memanjung fish (grouper, snapper, leopard sharks bambang, Seminyak and more. catch squid around the island is also very cool lamp. Sometimes, if lucky diperjalanan we'll see dolphins dolphin fish are very beautiful, housing problems do not worry there are some houses built by local jambi's comfortable but rudimentary living facilities in the thin mattress MCK important source of fresh water and its safe and a lot for a hobby camping sleep on the beach are also very comfortable with the sand was warm but careful aja kalo tide wet bias, tudur over large rock pavilion ato also feels comfortable.

Read more

Benarkah Dia Cinta Sejati Mu ?

0 komentar
cinta sejatiBenarkah Dia Cinta Sejati Mu ? ~ Bila sudah sekian kali menjalani hubungan dan selalu terbelit dengan permasalahan cinta yang tiada habisnya. Mungkin kamu harus berani bertanya lagi kedalam diri kamu benarkah si dia itu cinta sejatimu?

Kali ini blog informasi jambi menyajikan artikel khusus Remaja biar ngak jenuh baca info terus kali ya,,, lanjut yuk..

Untuk menemukan cinta sejati memang tidaklah mudah. Tapi bukan berarti itu adalah hal yang amat sulit kamu dapatkan. Berikut ini beberapa hal yang kamu harus perhatikan untuk meyakinkan dirimu apakah dia memang ‘soulmate’mu?

Tanpa syarat

Awal ketika kita menyukai seseorang biasanya karena berbagai kelebihannya yang terlihat menarik. Bisa dari ketampanan kecantikan kepintaran kebaikan dan hal menarik lainnya sampai dia terlihat special dimata kita. Tapi ketika sudah ‘jadian’ dan semua itu terlihat meluntur. Misalnya saat kamu salah potong rambut dan dia bisa cemberut seharian karena itu. Atau ketika kamu berbuat seuatu kesalahan dan dia tidak mau memberimu kesempatan untukmu memperbaikinya. Sebaiknya piker-pikir lagi deh untuk mencapnya sebagai cinta sejatimu. Karena pada dasarnya cinta sejati itu adalah cinta yang tak bersyarat dan menerima apa adanya. Selain itu juga sebuah cinta yang bisa membawa ke arah yang lebih baik.


Cinta adalah pengorbanan?

Sebenarnya dalam cinta sejati nggak ada yang namanya pengorbanan. Apalagi kalau sampai si dia bilang “Aku kan sudah mengorbankan banyak hal untukmu”.. ups.. hati-hati kalau dia sudah berkata seperti itu. jangan lagi mendeklarasikan dia sebagai cinta sejatimu. Karena yang ada dlam cinta sejati adalah komitmen terhadap diri sendiri dan pasangan untuk menjaga dan membahagiakan. Karena seseorang yang telah berkorban nggak akan bilang kalau dia telah berkorban. Kalau apa-apa sudah bilang kalau dia sudah berkorban banyak untukmu itu namaya pamrih. Bukan berkorban.


Hanya sebatas status

Ada beberapa orang yang akhirnya memutuskan untuk menjalani suatu hubungan karena nggak mau kelihatan kalau dia itu sedang menjomblo. Nggak jarang juga seseorang tetap mempertahankan suatu hubungan padahal dia sudah nggak ‘sreg’ atau nyaman lagi untuk tetap menjalani hubungan itu.

Bahkan kadang walaupun hati sudah merasa bahwa orang yang disamping kita saat ini bukanlah seseorang yang tepat masih saja tidak bisa mengakhirinya.

Apa sih penyebab semua itu? Sebenarnya seseorang tetap menjalani sesuatu yang ‘semu’ buat dirinya bukan karena ia takut kehilangan seseorang itu tapi karena ada rasa enggan untuk merasakan perubahan saat mereka menjomblo lagi. Coba deh beranikan diri untuk menilai lagi apakah hubungan yang kamu sedang jalani ini membawa lebih banyak kebahagiaan atau kesedihan? Atau yang kamu jalani ini hanya untuk status semata.

bergaul.com
Read more

Suku Anak Dalam Terima 1.000 Hektare Sawit

0 komentar
Jambi News - Masyarakat Suku Anak Dalam di Provinsi Jambi menerima kebun sawit seluas 1.000 hektare dari PT Asiatic Persada, grup perusahaan Wilmar International, yang diharapkan bisa mengangkat kesejahteraan mereka.

Acara serah terima kebun sawit tersebut dilakukan secara simbolis oleh Komisaris Wilmar International, Master Parulian Tumanggor, kepada warga Suku Anak Dalam melalui Koperasi Sanak Mandiri di kantor Kabupaten Batang Hari, Kamis.

Hanya saja, karena belum lengkapnya dokumen yang harus disediakan pihak pemerintah daerah, penandatangan serah terima kebun sawit tersebut ditunda pelaksanaannya.

"Dari pihak kami sudah selesai, tidak ada masalah," kata Tumanggor di sela-sela acara yang juga dihadiri lebih dari 100 warga Suku Anak Dalam, dari 771 kepala keluarga yang terdaftar sebagai penerima manfaat.

Staf ahli gubernur Jambi, Natres Ulfi, berharap dokumen yang kurang bisa segera dilengkapi sehingga pada Juli 2010 masyarakat Suku Anak Dalam sudah bisa menikmati hasil dari kebun sawit yang memang sudah bisa dipanen tersebut.

"Tolong data-data dicek lagi, jangan sampai ada sanak yang belum terdaftar, sehingga nanti tidak timbul persoalan," katanya.

Menurut Tumanggor, jika jumlah penerima manfaat tidak bertambah secara signifikan, maka selama kredit pengelolaan kebun sawit itu belum lunas, kira-kira lima tahun, setiap kepala keluarga akan menerima uang hasil kebun sekitar Rp750 ribu per bulan.

"Itu hanya dari buah, lain lagi kalau mereka juga ikut kerja. Tapi, setelah kredit lunas, pendapatan per kepala keluarga bisa dua kali lipat, bahkan lebih," katanya.

Sani (50), salah seorang warga Suku Anak Dalam, mengaku senang dengan adanya acara serah terima tersebut mengingat janji penyerahan lahan sawit itu sudah lama, ketika PT Asiatic Persada belum menjadi milik grup Wilmar.

"Kalau ada keputusan ini, kami senang," kata bapak tiga anak itu.

Hal senada juga dikemukakan sesepuh Suku Anak Dalam, Alatas, yang berharap dengan adanya kebun sawit itu kesejahteraan warga suku tersebut bisa lebih baik.

Sumber Antara news
Read more

Band Jambi

10 komentar
band jambiBand Jambi ~ Ngak sengaja saya sering main ke forum – forum ada beberapa orang yang ingin minta di tampili posting tentang Band – band asal Jambi., bila perlu di tampil juga link Download Lagu Band Jambi.


Nah bagi teman – teman anak Jambi yang ingin band kesayangan nya di lihat teman – teman dari luar daerah jambi ataupun lagunya di dengar oleh teman – teman kita yang ada di luar Proipinsi Jambi, segara kirim artikel tentang Profil Band kalian diblog informasi jambi ini.

Ketentuanya :
- Profil yang akan di terbitkan harus benar benar asli band jambi
- Band kamu harus band / penyanyi hasil karya musik ciptaan sendiri, bukan dari band atau artis lain yang sekiranya melanggar hak cipta.
- Silakan Kirim artikel Promosi band kamu yang menarik agar bisa di lirik produser ataupun yang lain yang jika senang melihat Profil band dan musik kamu dengan sebagus mungkin.
- Profil Band Kamu bisa di kirim lewat email awanjambie@gmail.com atau awanjambie@yahoo.co.id

Salam sukses buat Band Jambi

Read more

6/17/10

Kerajinan Kayu Jambi

1 komentar
Kerajanan JambiJambi ~ Kerajinan Kayu Jambi - Bila berwisata ke Jambi, sempatkanlah diri Anda datang ke Balai seberangyang terletak di seberang Sungai Batanghari. Di balai yang bisa dicapai dengan berperahu ini, Anda dapat menyaksikan berbagai kerajinan tangan khas Jambi yang sangat unik bila dijadikan buah tangan dan kenang-kenangan.

Mulai dari batik jambi, kain benang emas, songket, aneka batu untuk perhiasan, kerajinan kayu, tempat perhiasan sampai ke berbagai jenis makanan tradisional yang bisa dibawa pulang. Keberadaan Balai Seberang memang ditujukan untuk memudahkan wisatawan yang ingin mendapatkan cendera mata. Selain itu juga merupakan salah satu sarana membuka pasaran atau memasarkan hasil kreativitas para perajin kecil.
Salah satu jenis kerajinan yang berkembang di Jambi adalah kerajinan kayu. Karena banyaknya jumlah perajin di desa tersebut, banyak orang menyebutnya sebagai desa pusat kerajinan kayu. Kini jumlah perajin yang ada lebih dari 300-an.

Penduduk desa setempat sebenarnya bekerja sebagai petani karet biasa, sebelum akhirnya satu demi satu beralih menjadi perajin kayu. Mula-mula bentuk kerajinan yang dihasilkan sangat sederhana. Rata-rata menggarap perabotan rumah tangga dan beberapa kebutuhan sehari-hari yang masih sederhana.

Harga yang ditawarkan setiap benda pun relatif lebih murah bila dibandingkan dengan kerajinan kayu daerah lain, misalnya dari Jawa Tengah. Benda kerajinan yang ditawarkan antara lain berupa gentong atau tempat sayur, asbak, lampu meja dan jam duduk. Ada pula tempat tisu bulat, kotak yang biasa ditempatkan di atas meja, kotak perhiasan dan sendok sayur dari kayu serta batok kelapa.

Untuk wadah sayur dari kayu, harga yang ditawarkan sekitar Rp 15.000, asbak Rp 10.000, sendok sayur kayu Rp 7000 dan yang terbuat dari gabungan kayu dan batok kelapa Rp 5000. Sedangkan kerajinan untuk interior, misalnya gentong langsing dengan ukuran sekitar satu meter, sekitar Rp 120.000. (dok.mi/rmb)

Read more

6/16/10

Puluhan Ribu Saksi Kawal Pilkada Jambi 2010

3 komentar
Pilkada JambiPilkada Jambi 2010 ~ Tim sukses para kandidat Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi menyiapkan puluhan ribu saksi untuk meng awasi jalannya pemilihan kepala daerah yang berlangsung pada 19 Juni mendatang. Saksi juga akan memantau proses penghitungan suara dari tempat pemungutan suara atau TPS hingga di Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jambi.

Sekretaris Tim Sukses Pasangan Madjid Muaz-Abdullah Hich, Khoiri mengatakan pihaknya telah menyiapkan 6.497 saksi atau satu saksi untuk setiap TPS. Mereka direkrut dari kalangan simpatisan maupun relawan, kemudian dilatih secara khusus untuk kegiatan pengawasan selama masa pilkada. "Setiap TPS harus kami awasi untuk menghindari terjadinya kecurangan, walau sekecil apapun, tuturnya," Rabu (16/6/2010).

Koordinator Tim Sukses Pasangan Safrial -Agus Setyonegoro, Lukman Djafrie mengatakan telah menyiapkan lebih dari 8.000 s aksi yang diterjunkan ke seluruh TPS. Mereka berasal dari kader partai politik dan warga simpatisan partai yang secara sukarela menjadi saksi pada pemungutan suara.

"Komitmen dan kerelaan mereka sangat kami hargai, salah satunya dengan memberikan insentif yang layak," kata Lukman Djafrie.

Namun sebelum diterjunkan, Lukman mengatakan para saksi itu diberikan dasar-dasar teknik pengawasan. Selain itu mereka juga diberi cara untuk berkomunikasi dengan perangkat pengawas pilkada dan tim sukses.

Koordinator Tim Sukses Pasangan Zulfikar Achmad-Ami Taher, Ridwan mengatakan akan memantau ketat pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara pilkada. Karenanya dia menerjunkan lebih dari 11.000 saksi.

"Distribusi saksi kami bedakan untuk setiap TPS, dengan mempertimban gkan tingkat kerawanan jumlah pemilih dan basis massa. Namun secara umum setiap TPS akan dijaga 5-9 saksi," katanya.

Ridwan melanjutkan, para saksi dijamin bisa menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran, keadilan dan kebenaran selama memantau tahapan pilkada. Menurut Ridwan, keyakinan itu muncul setelah mereka menjalani pembekalan selama sebulan penuh.
Selama itu pula mereka mempelajari seluk beluk pilkada serta menerapkan teknik pengawasan mulai dari tingkat TPS, PPS, PPK, KPU kota-kabupaten hingga terakhir di KPU provinsi.

Berdasarkan data KPUD Provinsi Jambi, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada Gubernur-Wakil Gubernur Jambi sebanyak 2.231.632 orang yang tersebar di 6.497 TPS. Sedangkan semua TPS masuk dalam wilayah koordinasi 1.360 panitia pemilihan suara (PPS) di tingkat desa-kelurahan yang juga bagian dari 128 kecamatan setingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Ketua Panwas Provinsi Jambi Salahuddin mengatakan, jumlah tenaga pengawas di tingkat provinsi hingga kelurahan dan desa belum memadai. Pihaknya hanya memiliki 1.795 orang pengawas untuk disebar pada seluruh TPS se-Provinsi Jambi . Rata-rata setiap petugas mengawasi tiga hingga empat TPS. Namun, ada juga pengawas di satu desa atau kelurahan yang mengawasi 20 hingga 35 TPS sekaligus, karena hanya terdapat satu pengawas dalam wilayah tersebut.

Petugas pengawas kami masih belum memadai jumlahnya, ujar Salahuddin. Untuk itu, pihaknya mendorong masyarakat mau aktif ikut mengawasi jalannya pilkada dan penghitungan suara.

Ketua HMI Provinsi Jambi Hadi Suprapto mengatakan, pihaknya juga menerjunkan hampir 1.000 mahasiswa untuk mengawasi masa pencoblosan dan penghitungan suara di 10 kabupaten dan kota. "Kami siapkan relawan di seluruh kabupaten kota, kecuali Kabupaten Tanjung Jabung Timur, karena di sana tidak ada anggota kami," ujarnya.
Hadi menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan panwas. Wilayah-wilayah yang kosong dari pengawasan tim Panwas Provinsi dan Kabupaten Kota, akan dimasuki relawan HMI.

Sumber : Kompas . com

Read more

6/10/10

Untuk Ayah

7 komentar
informasi jambiUntuk ayahku yang ada di di rumah. Terimalah salam senyum dari anakmu yang sedang menimba ilmu ini. Puji syukur karena anakmu di sini baik-baik saja. Semoga ayah beserta keluarga juga dalam keadaan sehat walafiat.

Huh,,, mau dimulai dari mana ya,,, hehehe, bingung ni,,, aku pingin banget nulis sedikit, tapi aku bukan sorang penulis,,,yang bisa membuat tulisan menjadi syair nan indah yang bisa buat semua orang terlena untuk hanyut didalamnya,,,

Aku nulis hanya sekedar untuk sharing saja ke sobat semuanya, yang mungkin ngak sengaja mebaca sedikit coretan ku yang ngak ada artinya ini…Karena adanya gejolak desiran di hatiku yang ingin sekali ku tumpahkan di blog kecil ini,

Aku sering memikirkan ibu ku, karena tangannya tak pernah lelah berharap untukku dalam setiap do’a yang di papanjatkan dalam mengiringiku dalam menjalani setiap kehidupanku…

Tapi bagaimana dengan ayah ?

Mungkin karena ibu lebih sering menelepon untuk menanyakan keadaanku, tapi aku ngak tau, jika ternyata ayah-lah yang mengingatkan ibu untuk menelponku?

Mungkin dulu sewaktu aku kecil, ibu-lah yang lebih sering mengajakmu bercerita atau berdongeng, tapi aku ngak tau, bahwa sepulang ayah bekerja dan dengan wajah lelah ayah selalu menanyakan pada ibu tentang kabarku dan apa yang ku lakukan seharian?

Pada saat diriku masih seorang anak kecil……
ayah biasanya mengajari aku naik sepeda. Dan setelah ayah mengganggapku bisa, ayah akan melepaskan roda bantu di sepedaku…Kemudian ibu bilang : “Jangan dulu ayah, jangan dilepas dulu roda bantunya” ,Ibu takut dia terjatuh lalu terluka….

Tapi sadarkah aku?

Bahwa ayah dengan yakin akan membiarkanku, menatapku, dan menjagamu mengayuh sepeda dengan seksama karena dia tahu anak kecilnya PASTI BISA.

Ayah, kalau boleh aku bercerita tentang keadaan diriku . aku tau ayah selalu mengkwatirkan keadaanku,

Tahukah Yah, tiap pagi aku menunggu indahnya matahari terbit. Agar bisa membangkitkan semangatku dalam menatap indahnya hidup ini, ayah aku sadar sekarang aku bukan anak kecil lagi, walau aku terlalu keras dengan pendirianku bukan berati aku tidak mengindahkan perkataan ayah,, ayah aku sanagat kagum dengan engkau yang selalu memberi aku semangat, dalam hidup ini,

Aku ingat pada saat aku menangis merengek meminta mainan yang baru, ibu menatapku iba.

Tetapi ayah akan mengatakan dengan tegas : “Boleh, kita beli nanti, tapi tidak sekarang”
Aku baru sadar itu dilakukan ayah, karena ayah tidak ingin aku menjadi anak yang manja dengan semua tuntutan yang selalu dapat dipenuhi?

Aku sekarang termenung di sudut ruangan memikirkan ayah, aku tahu ayah dulu seorang yang becukupan, yang di limangi harta, walau sekarang harta itu ngak ada lagi, namun ayah tetap semangat untuk bisa untuk bertanggung jawab menghidupi kami sekeluarga dengan jerih payah keringat yang bercucuran agar kami mendapatkan ilmu pendidikan dan agama yang baik, agar kelak kami jangan seperti ayah,, yang terlena di limpahkan harta yang berlebih,,,

Yah aku juga tau yah, ayah selalu mengkwatirkan ku, karena aku sekarang mulai bergelut di bidang yang sama seperti ayah dulu, mungkin yang dibilang orang awam pekerjaan yang sering berpoya – poya dalam kerasnya menjalakan pekerjaan, yah dunia kontraktor ngak seperti yang ayah kira seperti halnya ayah dulu, aku selalu menjaga diri untuk tidak terlibat dalam dunia seperti itu, aku tau yah, ayah selalu menasehatiku agar aku selalu focus pada kuliah ku dulu, walau ayah mengatakan ayah masih sanggup untuk membiayaiku, tapi aku tidak mau menambahkan beban ayah lagi, cukup la aku dah tersenyum melihat keberhasilan ayah dam mendidik ayuk dan kakak sampai wisuda di perguruan tinggi,

Aku ngak mau lagi disaat aku butuh uang untuk membiayai uang semester dan kehidupanku, ayah orang pertama yang mengerutkan kening 

Aku tau ayah pasti berusaha keras mencari jalan agar aku bisa merasa sama dengan teman-temannya yang lain. 

Ayah Adalah sosok yang harus selalu terlihat kuat…Bahkan ketika dia tidak kuat untuk tidak menangis…Dia harus terlihat tegas bahkan saat dia ingin memanjakanku. .Dan dia adalah yang orang pertama yang selalu yakin bahwa “AKU BISA” dalam segala hal…
Maksih Ya yah…..

Read more

6/8/10

Tes CPNS Kerinci Digelar Oktober | Info Penerimaan CPNS Jambi

2 komentar
CPNS JambiTes CPNS Kerinci Digelar Oktober | Info Penerimaan CPNS Jambi ~ Berita gembira bagi para peminat tes CPNS. Di Kab Kerinci tes direncanakan digelar Oktober 2010 nanti dan kemungkinan serentak dengan daerah lain di Prov Jambi.
Kepala BKD Kerinci, Armidis SPd MM, melalui Kabid Pengadaan Mutasi dan Pensiun, Efron Edison SE, mengatakan jadwal pasti tes CPNS belum diketahui, lantaran informasi resmi dari pusat belum ada. Namun, diperkirakan Oktober mendatang.

Menurut Efron, untuk 2010 ini pihaknya telah mengajukan 500 lebih formasi ke BKN sesuai kebutuhan Pemkab. Formasi yang paling dominan masih seperti tahun sebelumnya, yakni tenaga guru, kesehatan, dan tenaga teknis lainnya. Dijelaskannya, formasi SLTA tetap diajukan ’’Saat ini dalam proses. Soal formasi, kita tunggu jawaban BKN,’’ ujarnya.

Sementara itu, meskipun pelaksanaan tes penerimaan CPNS masih lama, tapi desakan agar tes berlangsung murni dan transparan terus disuarakan. Salah satunya datang dari kalangan mahasiswa. Siska Hendri, salah satu aktivis mahasiswa yang juga mantan Presma BEM STIA Nusa Kerinci, minta BKD selaku panitia tes melaksanakan tes dengan murni dan transparan.

’’Kita tak ingin lagi kasus sebelumnya yang diduga berbau KKN terulang lagi, yang akhirnya dihiasi dengan aksi demo mahasiswa. Kita minta panitia lebih frofesional,’’ terangnya.

Elyusnadi SKom MK, pemerhati pendidikan di Kerinci, menyebut untuk menciptakan SDM aparatur Pemkab yang handal, maka tes CPNS harus dapat dilakukan dengan murni dan tranparan. Sehingga, PNS yang terjaring memang betul-betul mempunyai kualitas dan didikasi tinggi dalam membantu kinerja bupati dan jajarannya menuju daerah yang maju dalam segala hal.

‘’Kita minta BKD melaksanakan tes dengan murni, transparan, dan professional,” terang Elyus Nadi, yang juga Dosen STIA Kerinci.

Sumber : Jambi Ekspres


Read more

4.512 Orang Gagal Masuk Unja

0 komentar
Informasi Jambi ~ Dari 5.492 orang pendaftar Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (UMB-PTN), sebanyak 4.512 orang dinyatakan gagal masuk Universitas Jambi. Hal ini dikarenakan, Unja telah menetapkan kuota yang diterima lewat jalur UMB- PTN sebanyak 980 kursi. ‘’Kuota tak berubah masih tetap seperti yang lama,’’ ungkap Ketua Panitia UMB PTN Lokal Jambi, DR Hj Muazza MSi kepada Koran ini tadi malam.

Dikontak sekitar pukul 21.45 WIB, dirinya mengaku baru saja menerima nama-nama yang dinyatakan lolos UMB PTN tersebut. Oleh karena itulah sebutnya, pengumuman di media cetak diundur tanggal 09 Juni 2010.

‘’Pengumumannya kita undur lusa. Karena datanya saja baru kita terima malam ini,’’ terangnya.

Ditanya berapa yang dinyatakan lolos di perguruan tinggi selain Unja, dirinya mengaku tak mengetahui data tersebut. Karena, data yang diserahkan oleh UMB PTN di Jakarta adalah data khusus untuk lulus Unja saja.
‘’Demikian juga data yang nantinya akan diumumkan di koran, hanya untuk mereka yang lolos Unja saja,’’ terangnya.

Sementara itu, untuk daftar ulang sendiri, dia menyebutkan akan berbarengan dengan pendaftaran ulang calon mahasiswa baru yang lulus SNMPTN nantinya.
Dengan demikian, tentunya pendaftaran ulang tersebut dilakukan setelah pengumuman kelulusan SNMPTN.

Terkait persyaratan untuk melakukan pendaftaran ulang, Muazah mengatakan pengumuman persyaratan juga akan diumumkan via online.

Namun sebagai gambaran awal ia mengatakan bahwa persyaratan yng harus dilengkapi yaitu sesuai dengan apa yang telah disi pada saat pendaftaran melalui via online. Baik itu melalui jalur UMB maupun jalur SNMPTN.

Sumber : Jambiekxpres

Read more

Like Facebook