Blog Jambi Informasi jambi by a - One

Selayang Pandang

My photo
Sikapur Sirih ~ Selamat datang di Blog Informasi Jambi dari Yudi a-One. Sebelumnya Saya mau ngucapin banyak-banyak terima kasih pada kalian semua yang sudah ngunjungin blog saya ini. Blog ini saya buat dengan upaya untuk memuat segala sesuatu tentang Informasi Provinsi Jambi, yang mungkin kalian ada yang belum tahu, terutama buat sahabat dari luar provinsi jambi, dalam bentuk tulisan. Tak lupa pula rasa syukur saya panjatkan kepada Allah SWT karena saya telah diridhoi kemampuan, kesehatan dan kelebihan oleh-Nya untuk dapat terus menjalankan hidup ini, mengembangkan ilmu yang saya punya, dan juga kesempatan untuk dapat membagikan informasi yang ada di jambi dan sedikit catatan atau pun coretan sampah tentang diriku dalam blog kecil nan sederhana ini. Semoga semua hal yang sudah saya muat di blog Informasi Jambi ini, bisa bermanfaat bagi kita semua.

Blog

5/25/10

Wisata Danau Sipin Jambi

informasijambiWisata Danau Sipin Jambi ~ Salah satu objek wisata yang bisa menjadi salah satu tujuan untuk dikunjungi adalah kawasan wisata Danau Sipin. Kawasan wisata ini terletak tak jauh dari pusat Kota Jambi. Hanya dengan waktu 30 menit dari pusat kota, anda telah sampai di tempat yang memamerkan keindahan alami

Kawasan ini terletak di Simpang Buluran Kenali, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi. Tepatnya di samping Fakultas Kedokteran Unja. Dari Jalan raya anda telah bisa melihat pemandangan Danau Sipin yang luar biasa indahnya.

Kawasan wisata Danau Sipin ini menonjolkan keindahan danau yang alami. Anda akan merasa nyaman jika berada di tempat ini. Tempat yang menarik perhatian puluhan pengunjung terutama muda-mudi sangat ramai dikunjungi dari pukul 16.00 WIB. Untuk hari libur pengunjung bisa membeludak dari pukul 14.00 WIB. Anda akan menikmati udara segar sambil melihat pemandangan di sekeliling yang menabjukkan, seperti nelayan yang sedang mengayuh perahunya, dan rumah panggung yang ada seberang danau.

Biasanya pengunjung memadati tempat-tempat duduk yang telah disediakan pengelola wisata ini. Seperti di taman, ataupun dari pondok-pondok yang disediakan oleh pedagang. Sangat indah rasanya melihat pemandangan danau sambil mencicipi makanan yang dijual di area ini.

Salah seorang pedagang menyebutkan kalau tempat wisata ini ramai sekali dikunjungi setiap sore. “Uniknya di sini, tempat ini bisa dijadikan rekreasi bersama keluarga. Karena fasilitas di sini cukup lengkap, lingkungan yang sejuk apalagi sore dan tidak jauh dari pusat kota,” ungkapnya.

Di tempat wisata ini terdapat pula wahana perahu. Anda dapat mengayuh perahu sendiri bersama kekasih atau pun keluarga tercinta. Perahu yang anda kayuh melintasi dan mengitari danau, tentunya anda harus melintasi jalur yang telah telah ditentukan oleh pihak pengelola dermaga perahu. Untuk bermain perahu ini, anda cukup mengeluarkan kocek sebesar Rp 5 ribu per orang. Biasanya setiap perahu terdiri dari tiga atau empat orang.

“Mereka yang datang ke sini umumnya muda-mudi tetapi ada juga yang membawa keluarga besar yang ingin melepas waktu senja sambil melihat pemandangan. Biasanya wahana perahulah yang menjadi objek refresing mereka,” tutur Ijam (27) salah seorang karyawan tempat wisata ini.

“Wahana perahu ini baru dibuka setelah lebaran kemarin, jadi masih tergolong baru, sekitar sebulanlah. Para pengunjung dapat mengayuh perahu sendiri atau pun memakai jasa pekerja. Mereka mengitari Danau Sipin, tentunya dipandu melalu jalur-jalur yang telah kami sediakan,” tuturnya lebih lanjut.

Objek wisata ini, setiap hari libur sering dijumpai of road, tetapi sayang kemarin tidak terlihat karena sedang berada di padang. Biasanya pengunjung lebih banyak lagi lagi kemarin jika ada aksi mobil of road itu.

Santai Sambil Mencari Inspirasi
Setiap orang mempunyai cara masing-masing untuk melepaskan lelah setelah beraktivitas seharian. Salah satu cara itu dengan melihat panora alam pada waktu senja tiba. Hal inilah yang dilakukan Andes, Irfa, dan Yuliati. Mereka mengaku hampir setiap hari menghabiskan waktu sore di tempat wisata ini.

Andes (35) warga Sungai Putri Telanaipura yang berprofesi sebagai guru di salah satu sekolah swasta di Kota Jambi ini mengatakan, kalau dirinya sering bersama teman-temannya mengunjungi tempat ini.

“Tempat ini layak dijadikan objek wisata, karena pemandangannya yang lumayan menarik perhatian, seperti air Danau Sipin, tempatnya yang sejuk, dan satu yang saya sangat senangi di sini, yaitu melihat senja sambil dibarengi melihat perahu nelayan yang pulang ke rumahnya,” tutur pria berkaca mata ini.

Lain halnya dengan Irfa (22) yang merupakan salah seorang mahasiswi di Jambi. Dirinya sengaja datang ke sini, karena ingin bersantai bersama orang terkasih setelah lelah dijejali berbagai aktivitas perkuliahan yang cukup memeras tenaga dan pikiran.
“Pengen cari angin aja di sini, santai-santai, sapa tau dapat ide untuk nulis. Rumahkan juga dekat dari sini, jadi ya hampir setiap sore aku di sini, jadi tempat favorit lah,” ungkap cewek yang hobi nulis cerpen ini.

Seperti halnya dengan Irfa, Yulianti (22) warga Buluran yang merupakan teman Irfa mengungkapkan perasaan hatinya di sini lewat puisi. Dirinya di sini sering duduk-duduk, menulis puisi, bahkan membacanya.

“Saya senang di tempat ini karena asik, tempatnya rimbun, sama sech seperti Irfa pengen cari inspirasi, dan kumpul sama teman-teman berbagi cerita, tempat ini asik aja buat berbagi cerita,” tambah Yulianti. (cr01)


Sumber : http://www.jambi-independent.co.id

0 komentar:

Post a Comment

Like Facebook