Blog Jambi Informasi jambi by a - One

Selayang Pandang

My photo
Sikapur Sirih ~ Selamat datang di Blog Informasi Jambi dari Yudi a-One. Sebelumnya Saya mau ngucapin banyak-banyak terima kasih pada kalian semua yang sudah ngunjungin blog saya ini. Blog ini saya buat dengan upaya untuk memuat segala sesuatu tentang Informasi Provinsi Jambi, yang mungkin kalian ada yang belum tahu, terutama buat sahabat dari luar provinsi jambi, dalam bentuk tulisan. Tak lupa pula rasa syukur saya panjatkan kepada Allah SWT karena saya telah diridhoi kemampuan, kesehatan dan kelebihan oleh-Nya untuk dapat terus menjalankan hidup ini, mengembangkan ilmu yang saya punya, dan juga kesempatan untuk dapat membagikan informasi yang ada di jambi dan sedikit catatan atau pun coretan sampah tentang diriku dalam blog kecil nan sederhana ini. Semoga semua hal yang sudah saya muat di blog Informasi Jambi ini, bisa bermanfaat bagi kita semua.

Blog

4/23/10

Wisata Kota Jambi

Informasi jambiWisata Kota Jambi ~ Sebenarnya di Kota Jambi cukup banyak obyek wisata yang bisa di angkat untuk menjadi aset pariwisata di kota jambi semoga Pemerintah Daerah Provinsi Jambi memeratiakn aest wisata yang ada di kota jambi, adapun aset tesebuat antara lain:

Informasi Jambi
Taman Tanggo Rajo
Dari tebing sungai anda dapat menyaksikan perahu-perahu mengangkut barang dan penumpang ke seberang kota terutama pada saat matahari terbenam dari tebing sungai Batanghari sambil menikmati aneka jajanan dan jagung manis bakar. Berada tepat didepan kediaman dinas gubernur yang dulunya merupakan kediaman residen Jambi pada masa penjajahan Belanda.

Sanggar Kerajinan Batik
Berlokasi di kecamatan Pelayangan seberang Kota Jambi. Pengunjung dapat melihat sendiri proses pembuatan batik Jambi yang memiliki warna khas biru tua, merah tua dan kekuning-kuningan dengan berbagai motif seperti durian pecah, kapal sanggat dan batanghari Selain motif angso duo, hampir tidak ada ragam hias yang berbentuk fauna.

Danau Sipin
Danau dengan luas 89 hektar ini berasal dari sungai mati. Pengunjung dapat melihat kehidupan masyarakat sekitar dan hamparan keramba ikan dari sekitar kompleks perkantoran kantor gubernur. Untuk mencapai kawasan ini dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun empat dengan jarak 9 km dari bandara Sultan Thaha atau 7 km dari pusat kota.

Museum Negeri Jambi
Sangat mudah dikunjungi. Hanya berjarak 7 km dari bandara Sultan Thaha. Bangunan museum bercorak arsitektur tradisional Jambi yaitu rumah Kajang Lako dan rumah Larik (panjang) yang disesuaikan dengan keperluan teknik museum. Terdapat maket rumah adat dan benda budaya khas daerah Jambi yang mempunyai nilai sejarah dan ekonomis yang tinggi serta dipamerkan pula koleksi budaya yang dipergunakan oleh masyarakat untuk berburu, bercocok tanam, kerajinan, pernikahan dan pelaminan.

Museum Perjuangan Rakyat Jambi
Anda dapat memperoleh informasi sekaligus melihat dokumentasi perjuangan rakyat Jambi. Gedung berlantai tiga ini dibangun dengan gaya arsitektur tradisional Jambi yang diberi sentuhan modern. Dihalaman depan dipajang replika pesawat terbang Catalina RI 005. Pengunjung bisa melihat relief, koleksi persenjataan tradisional dan rampasan dari pasukan Belanda, pakaian dan perlengkapan perang, berbagai diorama perjuangan, dokumen, foto dan benda-benda bersejarah lainnya.

Taman Anggrek Prof. Dr. Sri Soedewi MS
Berada tepat didepan kantor gubernur Jambi, taman yang dibangun pada tahun 1984 ini memiliki berbagai jenis dan spesies anggrek khas Jambi yang mulai langka.
Pusat penjualan keramik
Aneka keramik dengan harga terjangkau mulai dari ukuran kecil sampai yang sangat besar cocok untuk oleh-oleh dan koleksi. Lokasi yang berada tepat ditengah pasar (belakang Mega) membuat tempat ini ramai dikunjungi wisatawan domestik.

Taman Remaja
Kerindangan pohon pepohonan membuat sejuk para pengunjung yang ingin bersantai di taman ini sambil menikmati jajanan yang cukup murah, terutama pada sore hari. Taman ini berada di Kotabaru dekat perkantoran Kota Jambi, dipinggir jalan yang tidak terlalu ramai sehingga anda dapat duduk santai dengan tenang.

Hutan Kota
Hutan Kota ini terdapat di pal 10 Kenali Asam Jambi yang merupakan satu-satunya hutan yang dilestarikan dalam wilayah kota Jambi.

Seberang Kota (Jambi Seberang)
Disini masih terdapat rumah-rumah penduduk dengan bangunan tradisional rumah asli daerah jambi dan tempat kerajinan Batik Jambi

dan banyak lagi obyek wisata di kota jambi yang baru namun kita sambung di artikel berikut saja ya,,

0 komentar:

Post a Comment

Like Facebook