Blog Jambi Informasi jambi by a - One

Selayang Pandang

My photo
Sikapur Sirih ~ Selamat datang di Blog Informasi Jambi dari Yudi a-One. Sebelumnya Saya mau ngucapin banyak-banyak terima kasih pada kalian semua yang sudah ngunjungin blog saya ini. Blog ini saya buat dengan upaya untuk memuat segala sesuatu tentang Informasi Provinsi Jambi, yang mungkin kalian ada yang belum tahu, terutama buat sahabat dari luar provinsi jambi, dalam bentuk tulisan. Tak lupa pula rasa syukur saya panjatkan kepada Allah SWT karena saya telah diridhoi kemampuan, kesehatan dan kelebihan oleh-Nya untuk dapat terus menjalankan hidup ini, mengembangkan ilmu yang saya punya, dan juga kesempatan untuk dapat membagikan informasi yang ada di jambi dan sedikit catatan atau pun coretan sampah tentang diriku dalam blog kecil nan sederhana ini. Semoga semua hal yang sudah saya muat di blog Informasi Jambi ini, bisa bermanfaat bagi kita semua.

Blog

4/11/10

Tari Rangguk Kabupaten Kerinci Jambi

doganmediaTari Rangguk Kabupaten Kerinci Jambi ~ Seni Tari di Daerah Jambi cukup banyak ragam serta coraknya, dimana pada tiap-tiap daerah mempunyai ciri sesuai dengan keadaan daerah serta suku dalam kelompok masyarakat ada yang bersangkutan. Kali ini Informasi Jambi kan mengulas tentang Tari Rangguk yang bersal dari Kota Sungai Penuh Kabupaten Kerinci.

Awalnya Tari Rangguk ini ditarikan oleh penari Laki – laki, karena dahulu tarian ini di pergunakan untuk syiar agama islam, jadi wanita kurang pantas untuk menarikan tarian ini, Namun mengikuti perkembangan zaman tarian ini digunakan untuk penyambutan tamu kehormatan dan Pengangkatan pemimpin adat

Tari Rangguk banyak mengandung nilai estetika (keindahan) dan nilai spiritual yang bersumber ajaran agama Islam. Hal ini tercermin dalam gerakan-gerakan kepala (mengangguk-angguk), irama musik (tabuhan rebana), serta beberapa selingan pantun puji-pujian. Gerakan tari yang disajikan oleh para penari diambil dari beberapa gerakan seperti liukan tumbuhan-tumbuhan, gerak riang hewan, dan lenggak-lenggok manusia yang dikombinasikan menjadi satu. Dan tidak kalah penting dari pelaksanaan Tari Rangguk adalah nilai spiritual yang melekat sebagai ungkapan rasa syukur dan ketakwaan kepada Sang Penciptanya

Tarian ini ditata ulang oleh Iskandar Zakaria tahun 1977, kini tari rangguk di mainka pada acara atau event besar di Kabupaten Kerinci misalnya Festival Danau Kerinci, dan kini tarian rangguk bukan ditarikan oleh kaum laki – laki melaikankaum wanita.

9 komentar:

angel said...

good morning = kalimera = καλημέρα
in greek
the word kalimera, is the pronunciation of the word καλημέρα which is the greek word in greek which means good morning
and the words
my friend=file mou = φίλε μου

are other greek words
so,
kalimera file mou
and file mou is for the man
and fili mou is for the woman

kalimera file mou!!!!

informai jambi said...

angel>> thank you, because it is far - far from Greece have been willing to visit Indonesia jambi

Hanna Pertiwi said...

wuuhh....siip mas..

afdil said...

Eit.. tarian kampungku nih *promosi lagi*. Bisa di download via youtube lho kalau mau lihat videonya :D

Bunglon Blog said...

ahah mantep, lanjutkan...
perkenalkan lebih luas tentang
budaya2 jambi di dunia maya
Sukses Slalu!

informasi jambi said...

maksih semua sobat- sobat,, oh iya,, dalam beberap hari ini saya mungkin ngak isi posting saya lagi dalam perjalanan luar kota.. met blogging sobat.

tan_guevara said...

http://centralholiday.blogspot.com/

kampung wirausaha said...

nice jambi...budaya kita memang indah..
salam kenal...

Rahad 2 Six said...

kapan2 maen ke jambi ah...
lokasi ku (denpasar) ke jambi jauh....

Post a Comment

Like Facebook