Blog Jambi Informasi jambi by a - One

Selayang Pandang

My photo
Sikapur Sirih ~ Selamat datang di Blog Informasi Jambi dari Yudi a-One. Sebelumnya Saya mau ngucapin banyak-banyak terima kasih pada kalian semua yang sudah ngunjungin blog saya ini. Blog ini saya buat dengan upaya untuk memuat segala sesuatu tentang Informasi Provinsi Jambi, yang mungkin kalian ada yang belum tahu, terutama buat sahabat dari luar provinsi jambi, dalam bentuk tulisan. Tak lupa pula rasa syukur saya panjatkan kepada Allah SWT karena saya telah diridhoi kemampuan, kesehatan dan kelebihan oleh-Nya untuk dapat terus menjalankan hidup ini, mengembangkan ilmu yang saya punya, dan juga kesempatan untuk dapat membagikan informasi yang ada di jambi dan sedikit catatan atau pun coretan sampah tentang diriku dalam blog kecil nan sederhana ini. Semoga semua hal yang sudah saya muat di blog Informasi Jambi ini, bisa bermanfaat bagi kita semua.

Blog

4/15/10

Bendungan Irigasi Batanghari di Dharmasraya

blog informasi jambiBendungan Irigasi Batanghari di Dharmasraya ~ Sebenarnya daerah bendungan ini terletak di Propinsi Sumatera Barat tepatnya di Kabupaten Dharmaraya salah satu kabupaten yang Baru yang tergabung dari Propinsi Sumatera Barat.

Posting Tentang Bendung Irigasi Dharmasraya ini, sengaja saya ulas karena saya dalam beberapa hari ini baru saja dari kabupaten Dharmasraya. Jadi dalam beberapa hari ngak ada posing, di keranakan jauh dari jangkauan internet. Tapi alhamdulilah deh dah nyampe di huluan sungai batanghari Jambi. Sekalian Lihat bendungan.

Bendungan Irigasi Batanghari, sungai terbesar di Provinsi Sumatera Barat yang bermuara ke Provinsi Jambi, merupakan proyek raksasa yang dikerjakan sejak 1997. Proyek yang didukung pendanaan oleh Japan Bank for International Cooperation (JBIC) senilai 12,680 juta yen atau sekitar Rp1,4 triliun ini mampu mengairi sawah 22.260 hektar yang sebagian besar untuk Dharmasraya dan sisanya di Provinsi Jambi.

Bendungan irigasi Batang Hari yang diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini sunguh bendung yang sangat indah dan bermamfaat bagi kabupaten tersebut.

Di Bendungan irigasi Batang Hari ini lah ternyata huluan sungai batanghari jambi, karena sungai batanghari berbatasan langsung dengan sungai solok selatan, propinsi Sumetera Barat, ternyata saya baru tau sekarang bahwa yang dikatakan sungai batanghari yang terpanjang di sumatera sangat benar sekali.


Disini, kita akan merasakan bagaimana nikmat Tuhan tersebut tidak ada habisnya. Tepian sungai pun bermacam ragam. Makin ke hulu, makin tinggi tepian. Di kiri kanan sungai kita akan melihat jelas bagaimana dinamika kehidupan masyarakat di sepanjang sungai yang bermuara di provinsi Jambi tersebut, tepatnya di pantai timur Sumatera. Sisa-sisa kayu tebangan yang masih baru terkadang menghalangi perjalanan kita. Selain itu, di sana juga akan terlihat bagaimana aktivitas penambangan emas rakyat yang mengharapkan beberapa gram emas untuk ditukar dengan beras atau kebutuhan pokok lainnya.

Tapi sayang Pingin banget cerita perjalanan secara detail tapi yang ada di kabupaten Darmasraya, tapi tema blog ini hanya khusus untuk Informasi Jambi, hehehe,, Jadi mohon maaf ya,, dan juga foto – foto saya lain kali saja saya terbiti, diblog ini.

3 komentar:

bluethunderheart said...

blue maafkan...heheh trims sudah memberi wawasan sebuah daerah buat kita semua
salam hangat dari blue

akhatam said...

Wah hebat yaw jambi itu...??!! Sukses deh buat Jambi.. sayang belum pernah ke Jambi.. hihihi

Hanna Pertiwi said...

salam sobat, hebat..hebat...

Post a Comment

Like Facebook