Blog Jambi Informasi jambi by a - One

Selayang Pandang

My photo
Sikapur Sirih ~ Selamat datang di Blog Informasi Jambi dari Yudi a-One. Sebelumnya Saya mau ngucapin banyak-banyak terima kasih pada kalian semua yang sudah ngunjungin blog saya ini. Blog ini saya buat dengan upaya untuk memuat segala sesuatu tentang Informasi Provinsi Jambi, yang mungkin kalian ada yang belum tahu, terutama buat sahabat dari luar provinsi jambi, dalam bentuk tulisan. Tak lupa pula rasa syukur saya panjatkan kepada Allah SWT karena saya telah diridhoi kemampuan, kesehatan dan kelebihan oleh-Nya untuk dapat terus menjalankan hidup ini, mengembangkan ilmu yang saya punya, dan juga kesempatan untuk dapat membagikan informasi yang ada di jambi dan sedikit catatan atau pun coretan sampah tentang diriku dalam blog kecil nan sederhana ini. Semoga semua hal yang sudah saya muat di blog Informasi Jambi ini, bisa bermanfaat bagi kita semua.

Blog

4/18/10

Wisata Kabupaten Tanjung Jabung Barat | Kuala Tungkal

Informasi jambi
Wisata Kabupaten Tanjung Jabung Barat | Kuala Tungkal ~ Tanjung Jambung Barat Atau yang di sebut Tungkal yang bersebrangan langsung dengan Kota Batam. Banyak sekali obyek wisata di kabupaten tersebut, mungkin karena kurang terawat dan di publikasikan ke masyarakat luas jadi obyek wisata yang ada di kabupaten tersebut kurang di ketahui public, kali ini informasi jambi akan mengulas sedikit tentang obyek wisata kabupaten Tanjung Jabung Barat atau tunggkal. Ini di dapat dari berbagai sumber.

Taman Nasional Bukit Tigapuluh

Taman Nasional Bukit TigapuluhTaman Nasional Bukit Tigapuluh merupakan hutan hujan tropis dataran rendah yang mempunyai nilai konservasi luar biasa dan keanekaragaman hayati yang sangat tinggi karena didalamnya terdapat 246 jenis tumbuhan obat tradisional, 51 jenis tumbuhan obat dan 8 jenis cendawan obat serta flora endemik seperti Cendawan Muko Rimau (Rafflesia hasseltii), Salo (Johannesteijsmannia altifrons) dan bunga bangkai (Amorphopalus titanium). TNBT juga tempat bernaungnya 42 jenis mamalia, 7 jenis primata, 11 jenis tupai/bajing, 193 jenis burung yang merupakan sepertiga jenis burung di Sumatera, 134 jenis kupu-kupu dan 97 jenis ikan dari 25 suku dan 52 marga.

Sebagai daerah pesisir pantai, Tanjung Jabung Barat memiliki potensi wisata bahari dengan keindahan laut dan pesisir pantai yang ditumbuhi pohon-pohon bakau yang tumbuh alami maupun reboisasi yang terpelihara untuk menjaga abrasi pantai. Anda dapat menggunakan KMV Marina, Marindo dan Tungkal Samudra maupun menyewa kapal atau pompong nelayan. Event wisata yang digelar sepanjang tahun bulan Agustus sebagai penunjang wisata bahari antara lain Festival Peduli Nelayan yang terdiri dari lomba memancing, menongkah kerang, lomba pompong nelayan, lomba perahu dan menangkap ikan cempakul.

Wisata alam air terjun Bukit Pinang Bawah

Wisata alam air terjun Bukit Pinang Bawah berada di Desa Tanjung Bojo Kecamatan Tungkal Ulu sekitar 5 km dari Jalan Lintas Timur Jambi-Pekanbaru. Untuk menuju lokasi dapat ditempuh melalui jalan darat dengan menggunakan kendaraan roda dua dan berjalan kaki atau menggunakan perahu sampan menelusuri aliran Sungai Tantang dari Desa Suban.

Taman tungkal Ancol Beach

Taman tungkal Ancol Beach yang dikembangkan ditepian pantai Sungai Pengabuan berada di Kota Kuala Tungkal kecamatan Tungkal Ilir. Semenjak dibuka untuk umum, sepanjang tahun, sepanjang tahun selalui ramai dikunjungi wisatawan karena ditempat ini selau digelar bermacam event wisata seperti pagelaran wisata budaya dan penyambutan tamu kehormatan.

Pusat Jajanan Selera Rakyat (Pujasera) yang menyediakan berbagai macam jenis sea food khas Tanjung Jabung Barat ini berada di tepi jalan sehingga memudahkan bagi pengunjung untuk datang dan menikmati makanan yang tersedia sambil menikmati ragam acara yang disiarkan oleh Tungkal Televisi melalui layar lebar.

Pasir Putih Tungkal Babu dan hutan mangrove

Pasir Putih Tungkal Babu dan hutan mangrove merupakan pantai pasir putih yang begitu indah, dengan panorama yamg eksotis karena berhadapan langsung dengan Laut China Selatan. Jarak tempuh dari pusat kota ke lokasi ini lebih kurang 40 menit dengan menggunakan perahu motor. Kawasan hutan magrove yang berfungsi menjaga abrasi pantai juga memperindah pemandangan.

Festival tahunan Hadrah dan Habsi

Festival tahunan Hadrah dan Habsi merupakan seni dan budaya yang bernuansa islami yang dikemas sebagai wisata religi yang dilaksanakan ketik menyambut tahun baru Islam dan haul Syekh Abdul Qadir Al Jailani dan juga hari-hari besar Islam lainnya.
Selain itu, juga diadakan lomba Tanglong yang dilaksanakan setiap malam bulan Ramadhan dengan memasang lampu hias dirumah masing-masing warga. Lomba ini juga membuat warna berbeda suasana malam. Arakan sahur dilaksanakan pada dini hari setiap bulan Ramadhan. Event ini telah menjadi agenda tetap setiap tahunnya. Pawai takbiran dikemas secara apik dan menarik yang selalu ditunggu masyarakat dan menjadi daya tarik bagi pendatang untuk melihat keanekaragaman budaya islami di kabupaten ini.

5 komentar:

batangharijambi said...

wah wisata yang harus tetap dilestarikan sob.

nagasuara - download mp3 with direct link said...

Mau tahu caranya...
gampang kok sob...

buka aja
http://sites.google.com/

terus bikin akun di sana.
nah untuk tutorialnya bisa berkunjung ke blognya kang rohman,
nih aku kasih link nya :
http://kolom-tutorial.blogspot.com/2009/10/jadikan-google-site-sebagai-file.html

semoga bisa membantu

wawan setiawan said...

link kamu tidak aku hapus kok, coba lihat di bagian bawah blog

NURA said...

salam sobat
menarik sekali mas,,
ada festival tahunan Hadrah dan Habsi.
jadi pingin melihat langsung,,seperti apa ya,,,

Hanna Pertiwi said...

Tungkal..
banyak menyimpan tempat wisata ya mas,wah kapan ya bisa secara langsung melihat dan menikmati keindahan alam ini

Post a Comment

Like Facebook