Blog Jambi Informasi jambi by a - One

Selayang Pandang

My photo
Sikapur Sirih ~ Selamat datang di Blog Informasi Jambi dari Yudi a-One. Sebelumnya Saya mau ngucapin banyak-banyak terima kasih pada kalian semua yang sudah ngunjungin blog saya ini. Blog ini saya buat dengan upaya untuk memuat segala sesuatu tentang Informasi Provinsi Jambi, yang mungkin kalian ada yang belum tahu, terutama buat sahabat dari luar provinsi jambi, dalam bentuk tulisan. Tak lupa pula rasa syukur saya panjatkan kepada Allah SWT karena saya telah diridhoi kemampuan, kesehatan dan kelebihan oleh-Nya untuk dapat terus menjalankan hidup ini, mengembangkan ilmu yang saya punya, dan juga kesempatan untuk dapat membagikan informasi yang ada di jambi dan sedikit catatan atau pun coretan sampah tentang diriku dalam blog kecil nan sederhana ini. Semoga semua hal yang sudah saya muat di blog Informasi Jambi ini, bisa bermanfaat bagi kita semua.

Blog

4/2/10

Orang Pendek Makhluk Misterius Kerinci Jambi

informasi jambiOrang Pendek Makhluk Misterius Kerinci Jambi, ~ yang sampai sekarang orang - orang pada penasaran dengan kebenaran dengan makhluk tersebut. Karena makhluk yang cukup misterius yang ada di jambi. Tempat keberadaan sering orang terdahulu pernah melihatnya di Taman Nasional Kerinci Seblat.

O, iya posting ini ada permintaan dari sahabat kita atman, yang ingin tau tentang makhluk misterius yang ada di kerinci yang kalau berjalan kakinya terbalik, soal kaki terbalik sih benar atau tidaknya saya kurang tau, karena saya sendiri belum pernah melihat tu makhluk misterius atau yang disebut orang pendek, tapi menurut cerita – cerita orang dulu sih emang benar makhluk terebut kalau berjalan kakinya terbalik. Bingung kan ?

Yup..lets move on,,, berbicara Orang Pendek Misterius yang ada di kerinci sampai sekarang tidak ada seorangpun yang tahu, sebenarnya makhluk jenis apakah yang sering disebut sebagai orang pendek itu. Tidak pernah ada laporan yang mengabarkan bahwa seseorang pernah menangkap atau bahkan menemukan jasad makhluk ini, namun hal itu berbanding terbalik dengan banyaknya laporan dari beberapa orang yang mengatakan pernah melihat makhluk tersebut.

Mulanya banyak peneliti yang menduga bahwa makhluk ini sesungguhnya adalah seekor kera atau siamang. Namun deskripsi para saksi mengenai perilaku dan cara berjalannya tidak sesuai dengan perilaku kera atau siamang. Lagipula, jejak-jejak kaki yang ditemukan menunjukkan bahwa makhluk ini tidak tergolong kedalam primata yang sudah dikenal.

Sejauh ini, para saksi yang mengaku pernah melihat Orang Pendek menggambarkan tubuh fisiknya sebagai makhluk yang berjalan tegap berjalan dengan dua kaki tinggi sekitar satu meter diantara 65 cm hingga 120 cm dan memiliki banyak bulu diseluruh badan. Bahkan tak sedikit pula yang menggambarkannya dengan membawa berbagai macam peralatan berburu, seperti semacam tombak. Keberadaan Orang Pendek sudah terlalu lama terdengar sejak berabad-abad lalu, sehingga hal itu menjadikannya sebagai salah satu legenda masyarakat kerinci jambi bahkan masyarakat di Sumatera

Legenda Orang pendek mulai terdengar sejak awal abad 20. Pada tanggal 21 Agustus 1915, Edward Jacobson menemukan sekumpulan jejak misterius di tepi danau Bento, di tenggara Gunung Kerinci, Propinsi Jambi. Pemandunya yang bernama Mat Getoep mengatakan bahwa jejak sepanjang 5 inci tersebut adalah milik Orang Pendek. Dan juga penelitian seorang penulis Inggris tahun 1989 Deborah Martyr menemukan jejak-jejak Orang Pendek di barat daya Sumatera. Jejak-jejak tersebut setara dengan jejak anak kecil.

informasi jambi


Setelah 5 tahun meneliti, Martyr akhirnya melihat sendiri Orang Pendek di wilayah Gunung Kerinci pada 30 September 1994. Makhluk itu terlihat sedang berjalan dengan tenang dengan dua kakinya. Setelah jarak beberapa puluh meter, makhluk itu berhenti sebentar, menoleh ke Martyr, lalu menghilang ke dalam hutan. Sejak penampakan itu, Martyr masih menjumpai makhluk itu dua kali.


informasi jambi

Legenda Mengenai Orang Pendek sudah secara turun temurun dikisahkan di dalam kebudayaan masyarakat Suku Anak Dalam. Mungkin bisa dibilang, Suku anak dalam sudah terlalu lama berbagi tempat dengan para Orang Pendek di kawasan tersebut.Walaupun demikian, jalinan sosial diantara mereka tidak pernah ada.

Sejak dahulu suku anak dalam bahkan tidak pernah menjalin kontak langsung dengan makhluk-makhluk ini, mereka memang sering terlihat, namun tak pernah sekalipun warga dari suku anak dalam dapat mendekatinya. Ada suatu kisah mengenai keputusasaan para suku anak dalam yang mencoba mencari tahu identitas dari makhluk-makhluk ini, mereka hendak menangkapnya namun selalu gagal. Pencarian lokasi dimana mereka membangun komunitas mereka di kawasan Taman Nasioanal juga pernah dilakukan, namun juga tidak pernah ditemukan. Benar – benar menjadi sebuah teka - teki.

Penduduk lokal percaya bahwa Orang Pendek adalah makhluk yang ramah, yang hanya menyerang hewan-hewan kecil untuk makanan. Karena itu mereka menerima keberadaan makhluk misterius itu.

Wah dah malam ni segini dulu ya,, nah kalau sahabat yang ingin menambahkan informasi mengenai Makhluk Misterius Orang Pendek, dengan senang hati, tamabahkan di kolom komentar ya,,,

10 komentar:

Mirza Sharz said...

Pada tahun 1994 saya pernah bertemu dengan Mrs. Deborah Martyr di Sungai Penuh. Kebetulan saya sedang mengantar tourist Belgia yang ingin melihat hutan primer di kawasan TNKS. Dia memperlihatkan pada kami beberapa foto jejak kaki dan foto2 hewan langka seperti harimau, badak sumatra, tapir dll yang tertangkap camera trap yang sebenarnya dia pasang untuk menangkap gambar Orang Pendek. Waktu saya tanya: have you seen that mysterious creature? Mrs Deborah hanya mengangkat bahu dan tangan sambil mencibirkan bibirnya. (expresi khas orang bule). Terus terang saya sangat tertarik dan penngen tahu lebih jauh tentang orang pendek yang selama ini hanya seperti mitos atau legenda saja. Kapan2 saya ingin ke TNKS lagi

Atmam said...

good Job bro..
ceritanya memuaskan..

orang pendek misterius ini memang cepat sekali menghilang, cerita ini aq dengar sudah 10 tahun yang lalu saat smp, klo ingat "kerinci" pasti mahluk misterius ini slalu teringat.

Hanna Pertiwi said...

waduh sob, masih ada ya di jambi yang seperti itu. Makhluk kerinci memang kabarnya banyak misteri, terus lanjutkan sob menulis sesuatu yg uni seperti ini. Informasinya sangat bagus, jd betah disini lama-lama. Kebetulan jg sepupu saya ada yg di jambi, tp gak tau dimananya sob

Hanna Pertiwi said...

sob, saya follow ya sob, oya ada tukeran link ga disini?hehe

Hanna Pertiwi said...

sob, saya follow ya, sekalian tukeran link kalo berkenan

Anak Jambi said...

mas mirza>>wah semoga dapat berkunjung mas sama orang pendek, tapi mitos mengatakan, orang pendek kalau di cari pasti ngak ketemu, namun kalau ngak sengaja pasti bisa ketemu, namun orang2 telah mempercayinya, bahwa orang pendek benar2 ada mas,,

Atman>>ini salah satu keiunikan dan menjadi teka teki kota bumi sakti

maksih hanah pratiwi, tukaran linknya ok , dengan senang hati hanah pratiwi..

kang tatang said...

hem.. menarik sekali ceritanya :D
terlepas dari ada atau tidaknya makhluk misterius tsb, kita harus mempertahankan cerita ini sebagai khazanah budaya kita :D jadi bukan cuman kenal Yeti di Himalaya saja :D

salam
kangtatang

Anak Jambi said...

Kang Tatang Wah benar juga tu kang, namun orang telah metakini bahwa keberadaanya emang ada,, ya kita harus melestarikan cerita ini kang,,

Rama dhona said...

saya adalah wanita paling cantik kata suami saya sih, saya di lahirkan di kota sungai penuh,kerinci.
mau share dikit niiiih tentang mitos yg saya dengar langsung loh dari daddy saya yg juga lahir di kerinci,baik lah kita mulai saja cerinya.
daddy said,disaat malam pekat dingin yg menyelimuti kerinci,daddy sedang mengemudi mabil nya yg paling mewah di masa itu,chieee.tanpa di sengaja daddy yg sedang mengemudi di henyakkan dengan penampakan mahluk yg kalian sebut mitos tersebut,mahluk tersebut melintasi jalan yang daddy lewati menuju ke arah hutan dengan domba-domba peliharaannya..
iiiiiiiiiihhhh menakut kan juga disaat daddy cerita pengalaman nya ke saya..

Simon said...

Ternyata, Hutan taman nasional Kerinci menyimpan banyak misteri.

Post a Comment

Like Facebook