Blog Jambi Informasi jambi by a - One

Selayang Pandang

My Photo
Sikapur Sirih ~ Selamat datang di Blog Informasi Jambi dari Yudi a-One. Sebelumnya Saya mau ngucapin banyak-banyak terima kasih pada kalian semua yang sudah ngunjungin blog saya ini. Blog ini saya buat dengan upaya untuk memuat segala sesuatu tentang Informasi Provinsi Jambi, yang mungkin kalian ada yang belum tahu, terutama buat sahabat dari luar provinsi jambi, dalam bentuk tulisan. Tak lupa pula rasa syukur saya panjatkan kepada Allah SWT karena saya telah diridhoi kemampuan, kesehatan dan kelebihan oleh-Nya untuk dapat terus menjalankan hidup ini, mengembangkan ilmu yang saya punya, dan juga kesempatan untuk dapat membagikan informasi yang ada di jambi dan sedikit catatan atau pun coretan sampah tentang diriku dalam blog kecil nan sederhana ini. Semoga semua hal yang sudah saya muat di blog Informasi Jambi ini, bisa bermanfaat bagi kita semua.

Blog

4/3/10

Kenduri Sko dalam Adat Kabupaten Kerinci Jambi

gambar jambiKenduri Sko dalam Adat Kabupaten Kerinci Jambi ~ ini adalah suatu upacara adat Sungai Penuh Kerinci Jambi, dalam perkembangan zaman modern ini kenduri sko, masih tetap di selenggarakan oleh kabupaten kerinci, kita patut bangga karena adat ini takkan hilang dalm budaya kerinci,

Kenduri berarti pesta sedangkan Sko berarti pusaka atau aturan, Kenduri sko ini biasa dilakukan pada perayaan gelar adat yang diberikan oleh masyarakat Sungai Penuh kepada seseorang yang dianggap sudah memenuhi syarat untuk menyandang gelar Depati atau Permanti di Enam Luhah Sungai Penuh. 

Acara Adat kenduri sko ini terbilang cukup unik, undangannya tidak berupa ucapan atau surat melainkan sebuah bendera yang disebut Karamtang yang tinggi tiang bambunya mencapai 30 meter. Bagi siapa saja yang melihat bendera adat itu berkibar dan terbentang maka hal itu sudah merupakan suatu undangan bagi masyarakat yang melihatnya. Unik bukan sobat ? dengan kecanggihan dunia informasi tapi tetap saja budaya nenek moyang di lestarikan,, top habis deh untuk kerinci jambi.

Dihari puncak acara Kenduri Sko, semua pusaka dari masing-masing Luhah dikeluarkan untuk penobatan Depati (pemimpin adat tertinggi di Sungai Penuh), Ngabi (pemimpin adat khusus lurah), Permanti dan Mangku (ninik mamak kalbu masing-masing lurah atau lahek) serta semua tamu undangan dari berbagai penjuru.

Jadi yang setiap yang mengikuti upacara adapt tersebut mereka mengadakan makan bersama ditiap - tiap rumah penduduk desa tersebut, yang mana hidangan sudah tersedia dan tiap tamu mendapat sebuah Lemang (makanan khas Kerinci). Wah enak banget dapat lemang gratis,, hehehe, tau kan lemang ketan yang di masak dengan mengunakan bambi, hallah kok malah ngomongin makanan, lanjuk yuk…

Dalam acara tersebut biasanya di ikuti dengan berbagai macam atraksi kesenian tradisional daerah kabupaten kerinci, seperti pecak silat dan tari – tarian. 

Wah semga saja upacara adat kenduri sko yang menjadi agenda tetap kabupaten kerinci tidak hilang di telannya dunia yang modren ini.

4 komentar:

Ladyulia said...

pengen ke kerinci,,,,
;D

Ferdinand said...

Cukup Unik Sob...undangannya begitu ya bentuknya....ya kebudayaan yg perlu dilestarikan tuh......

brencia said...

aku suka banget makan lemang plus duren...

inf said...

trimakasih seeemua infonya.. anda sudah membantu saya mengerjakan tugas saya :D

Post a Comment

Like Facebook