Blog Jambi Informasi jambi by a - One

Selayang Pandang

My photo
Sikapur Sirih ~ Selamat datang di Blog Informasi Jambi dari Yudi a-One. Sebelumnya Saya mau ngucapin banyak-banyak terima kasih pada kalian semua yang sudah ngunjungin blog saya ini. Blog ini saya buat dengan upaya untuk memuat segala sesuatu tentang Informasi Provinsi Jambi, yang mungkin kalian ada yang belum tahu, terutama buat sahabat dari luar provinsi jambi, dalam bentuk tulisan. Tak lupa pula rasa syukur saya panjatkan kepada Allah SWT karena saya telah diridhoi kemampuan, kesehatan dan kelebihan oleh-Nya untuk dapat terus menjalankan hidup ini, mengembangkan ilmu yang saya punya, dan juga kesempatan untuk dapat membagikan informasi yang ada di jambi dan sedikit catatan atau pun coretan sampah tentang diriku dalam blog kecil nan sederhana ini. Semoga semua hal yang sudah saya muat di blog Informasi Jambi ini, bisa bermanfaat bagi kita semua.

Blog

4/1/10

Mengenal Suku yang Ada di Provinsi Jambi

suku melayuMengenal Suku yang Ada di Provinsi Jambi ~ dalam posting ini kita hanya mengulas bebrapa suku yang dominan yang ada di Provisi Jambi saja. Sebenarnya suku di jambi sudah banyak, maka dari itu, jambi sudah berbagai macam komposisi ekniknya.
Namun kita hanya mengulas tiga suku saja yang patut kita lestarikan dan di jaga.

Pada dasarnya Jambi adalah salah satu Suku Melayu di Sumatera. Karena secara umum penduduk suku Melayu tersebar di wilayah Provinsi Jambi, khususnya di sekitar Sungai Batanghari, karena penduduk suku Melayu berada di sepanjang hilir maupun hulu Sungai Batanghari, yang merupakan sungai besar di Pulau Sumatera..

Suku Melayu di Jambi sendiri terbagi dalam tiga kelompok, yakni Melayu Timur (tersebar di daerah Kabupaten Tanjung Jabar Timur dan Tanjung Jabar Barat), suku Melayu Jambi di sepanjang Sungai Batanghari yang jika dilihat dari peta wilayah itu di sepanjang Kota Jambi sampai Kabupaten Tebo, dan yang ketiga suku Pengulu dan suku Bathin. Kedua suku terakhir menjadi satu kelompok sendiri yang ada di Kabupaten Bungo, Kabupaten Merangin, dan Kabupaten Sarolangun.

Dalam sejarah, tercatat istilah Melayu atau Malayu berasal dari Kerajaan Malayu, kerajaan kuno di Pulau Sumatera. Dalam perkembangannya, pemakaian istilah Melayu mencakup wilayah geografis yang lebih luas daripada wilayah Kerajaan Malayu tersebut, yakni mencakup negeri-negeri di Selat Malaka yang menggunakan sejenis bahasa yang sama yang dinamakan bahasa Melayu. Jadi pada Suku melayu Suku pertama dan terbesar di Provinsi jambi.

suku kubu

Selanjutnya Provinsi Jambi juga terdapat Suku Kubu, dikenal dengan Suku Anak Dalam atau Orang Rimba. Suku ini merupakan suku minoritas yang hidup di Pulau Sumatera, khususnya di Provinsi Jambi dan Sumatera Selatan. Mereka hidup secara nomaden dan mendasarkan hidupnya pada berburu dan meramu. Jumlah suku ini berkisar 200.000 orang.

Suku Kubu menyebar di Kabupaten Batanghari, Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Bungo, dan Kabupaten Tebo, Suku Rimba sendiri tidak dijumpai di wilayah-wilayah hilir maupun hulu sungai besar, seperti Sungai Batanghari, karena mereka lebih banyak berada di hutan.

Suku kerinci

Satu lagi suku yag paling dominan yang ada di Provinsi Jambi adalah Suku Kerinci yang berada di Kabupaten Kerinci. Kata kerinci sendiri berasal dari bahasa Tamil, kurinji, yaitu nama bunga kurinji (strobilanthes kunthiana) yang tumbuh di India Selatan pada ketinggian di atas 1.800 meter. Suku Kerinci masih termasuk dalam kategori Melayu dan paling dekat dengan Minangkabau dan Melayu Jambi. Sebagian besar suku Kerinci menggunakan bahasa Kerinci, yang memiliki beragam dialek, yang bisa berbeda cukup jauh antar satu tempat dan tempat lainnya di dalam wilayah Kabupaten Kerinci.

Nah itulah hanya sedikit ulasan tentang suku yang dominant di Provinsi Jambi.

14 komentar:

AISHALIFE-LINE said...

Wah jadi tahu tentang suku di Provinsi Jambi nih.Nice sharing sob.

Rock said...

Makasih untuk sharingnya kawand...

ina said...

keren infonya...kenekaragaman suku di indonesia perlu tau nih :D hehehe

muth2 said...

nice info :D

penghuni60 said...

terus posting sobat,
meskipun blm prnh ke Jambi. aku jd tau nih...
mksh ya...

Noor's blog (inside of me ) said...

Kunjungan balik ! makasih dah berkenan mampir di blog saya yang amburadul, senang juga bisa mampir kesini...jadi lebih tahu banyak tentang Jambi..

Sekalian minta ijin follow blognya & kalau berkenan follow balik ya...

NURA said...

salam sobat
saya baru tahu ,,masih ada suku kubu ya di Jambi,,yang ngga pakai baju begitu mas,,
kirain cuma dalam film saja.

Anak Jambi said...

Nura>> masih mbak, coba baca post saya tentang suku kubu, mbak,,

akhatam said...

Wah unik ya...
Memang setiap wil. memiliki keunikan tersendiri. terima ksih untuk infonya

richo said...

indonesia memang negara yang kaya budayanya, di setiap wilayahnya mempunyai berbagai suku masing2

Atmam said...

menarik informasinya..
ngomong2 dapat foto suku kubunya dari mana bro?

rquest nextnya katanya di kerinci ada mahluk aneh yang tinggal di gunung, kakinya kebalik gitu...

ditunggu ya kabarnya..

anak jambi said...

Atnan>> Reques Di terima,, maksih telah berkunjung,,, ntar saya usahain posting...

buJaNG said...

@ NURA
Biarpun mereka nggak pake baju tapi mereka lebih bisa menghargai alam, beda dengan kita :D

Aulawi Ahmad said...

nice blog :)

Post a Comment

Like Facebook