Blog Jambi Informasi jambi by a - One

Selayang Pandang

My photo
Sikapur Sirih ~ Selamat datang di Blog Informasi Jambi dari Yudi a-One. Sebelumnya Saya mau ngucapin banyak-banyak terima kasih pada kalian semua yang sudah ngunjungin blog saya ini. Blog ini saya buat dengan upaya untuk memuat segala sesuatu tentang Informasi Provinsi Jambi, yang mungkin kalian ada yang belum tahu, terutama buat sahabat dari luar provinsi jambi, dalam bentuk tulisan. Tak lupa pula rasa syukur saya panjatkan kepada Allah SWT karena saya telah diridhoi kemampuan, kesehatan dan kelebihan oleh-Nya untuk dapat terus menjalankan hidup ini, mengembangkan ilmu yang saya punya, dan juga kesempatan untuk dapat membagikan informasi yang ada di jambi dan sedikit catatan atau pun coretan sampah tentang diriku dalam blog kecil nan sederhana ini. Semoga semua hal yang sudah saya muat di blog Informasi Jambi ini, bisa bermanfaat bagi kita semua.

Blog

4/5/10

Candi Muaro Jambi

informasi jambiCandi Muaro Jambi, ~ Belum enak ya ? kalau diblog informasi jambi ini belum mengulas tentang Candi Muaro jambi, Sebenarnya saya ingin mengulas salah satu aset pariwisata Provinsi jambi yang terbesar ini. Di ulas Pertama kali diblog nan jelek ini, namun candi muaro jambi telah beribu – ribu web atau blog yang mengulas tentang camdi muaro jambi. namanya juga pemula harus pintar – pintar ngatur strategi perang dalan blogspore, weleh… weleh…Kok malah melanting ni topic kita. Ok, kita star menuju Candi Muaro Jambi

Go to candi Muaro Jambi…..
Candi Muaro Jambi ini adalah sebuah kompleks percandian yang terbesar di nusantara, terletak di Desa Muaro Jambi, Kecamatan Muaro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi. Jaraknya dari ibu kota Provinsi Jambi sekitar 40 kilometer. Kompleks ini tidak jauh dari daerah aliran sungai Batanghari. Untuk sampai ke sana, bisa menempuh jalur darat atau lewat sungai Batanghari.

Dari beberapa pakar epigrafi menyimpulkan peninggalan itu berkisar dari abad ke-9-12 Masehi, Areal Kompleks Candi Muaro Jambi sekitar 12 kilometer persegi, wah lebar sekali bukan? Kalau kalian mengelilingi komplek candi muaro jambi, bisa pacul tu dengkul,, wkekwekwe (canda ah..)

Di komplek Candi Muaro Jambi Ada 80-an candi, sembilan candi besar. Antara lain , candi yang pertama Candi Kotomahligai, Ada Candi Kedaton, Candi Gedong satu dan Gedong dua, Candi Gumpung, Candi Tinggi, Telago Rajo, Candi Kembar Batu dan Candi Astano.

informasi jambi

Informasi jambi candi


Informasi jambi candi


informasi jambi blog


Selain Candi di temukan juga berbacam – macam benda bersejarah atau arca, yang sekarang telah di simpan di musiem jambi.

candi muaro jambi


candi muaro jambi 1

candi muaro jambi 2


candimuarojambi2

candimuarojambi3

Dalam sejarah candi ini temasuk candi yang lebih tua dari borobudur yang terletak di yogyakarta, (ralat sedikit bukan di yogyakarta tapi semarang maaf ya bawaan ngantuk)

candimuarojambi
Add caption

Di Candi Muaro jambi pada setiap bulam mei di adakan Festival Candi Muaro Jambi. Ini adalah bukti bahwa pemerintah sekarang telah sangat peduli pada Kompleks percandian tersebut Karna evet ini diadakan setiap tahun di meriahkan dengan Kemah Budaya Pramuka, Pameran, Pertunjukan Seni dan lainnya. Tujuanya adalah untuk mengenalakn Kompleks candi muaro jambi ke masyarakat , wisatawan Nusantara dan wisatawan luar negeri untuk menyaksikan even tahunan ini.

Satu lagi ni bagi pasangan muda – mudi yang berkunjung ke Kompleks Percandian Muaro Jambi, kalau berkunjung ke Telago Rajo, kalau pasangan itu tidak jodoh pulangnya bisa putus hubungan,, itu mitos yang beredar di jambi, namun itu hanya mitos saja,, pecaya atau ngak itu pribadi masing masing,,

11 komentar:

Atmam said...

"namanya juga pemula harus pintar – pintar ngatur strategi perang dalan blogspore" maksud na apaa ne? bagi2 donk strategi perangnya hehehe...

Btul banget ssayo pernah kesana bareng pacar, saat itu kita ada 7 pasang, semua beneran putus, berurutan putusnya. namanya mitos ntah oi ntah idag.

RALAT TULISAN NYA BRO
CANDI BOROBUDUR BUKAN TERLETAK DI YOGYAKARTA TETAPI DI MAGELANG SALAH SALAH SATU KABUPATEN SEMARANG.

Klo candi di yogyakarta candi Prambanan.

anak jambi said...

atman>> makasih sob,, maklum malam tadi bawaan ngantuk,, hehehehe, makasih banyak ya,,, hehehe

anak jambi said...

atman>> strateginya ngak bia di tulis di sini, ni kan blog ke sdaerahan,, jadi ngak layak,, ngulas strategi perang, heheheh

Psychosocial said...

sayang ya gambarnya agak buram...

thx dah mampir, blog kamu udah aq follow, follow balik ya...

riz said...

keren sobat memang kita harus tau dan harus cinta kebudayaan indonesia,...
keren infonya

Friends United said...

Very nice article. Thanks for sharing!!!

AdityaBlogsphere2 said...

mohon maaf bila udah komen di blog saya tapi ndak muncul...karena tadi terjadi kesalahan klik hingga beberapa komentar temen tidak sengaja terhapus....mohon di maklumi.....bukan maksud saya lho semua karena keteledoran saya sendiri...bila tidak keberatan saya harapkan komentar ulang nya trims

syahidaComputer said...

Peninggalan sejarah yang harus dilestarikan shob ...

GOLDEN INFO said...

Budaya dan sejarah bangsa kita harus dilestarikan dan dijaga, mai kita promosikan ke wisatawan asing. Di Riau ada juga candi, silahkan check di GOLDEN INFO

Atmam said...

Jangan menyerah bro biar pun smpe tengah malam truss pagi lagi malam lagi tetap semangat nd truss posting ya..Informasinya tentu saja berharga banget untuk generasi muda Jambi apa lagi blog ini memang khusus untuk Informasi Jambi.

wah..
RALAT LAGI BRO..
nama saya Ayub Atmam bukan atman (pake huruf M bukan Huruf N) hehehee... (cerewet banget ya gw :D )

Cinta Jambi juga said...

Halo bang;
kabarnya tiap tahun ada acara Festival Candi Muaro Jambi. Bagus lagi kalo diulas di sini.. acara-acaranyo..
Oya;
Juga diupload ke : www.photojambi.com

Salam SUKSES ya

Post a Comment

Like Facebook