Blog Jambi Informasi jambi by a - One

Selayang Pandang

My photo
Sikapur Sirih ~ Selamat datang di Blog Informasi Jambi dari Yudi a-One. Sebelumnya Saya mau ngucapin banyak-banyak terima kasih pada kalian semua yang sudah ngunjungin blog saya ini. Blog ini saya buat dengan upaya untuk memuat segala sesuatu tentang Informasi Provinsi Jambi, yang mungkin kalian ada yang belum tahu, terutama buat sahabat dari luar provinsi jambi, dalam bentuk tulisan. Tak lupa pula rasa syukur saya panjatkan kepada Allah SWT karena saya telah diridhoi kemampuan, kesehatan dan kelebihan oleh-Nya untuk dapat terus menjalankan hidup ini, mengembangkan ilmu yang saya punya, dan juga kesempatan untuk dapat membagikan informasi yang ada di jambi dan sedikit catatan atau pun coretan sampah tentang diriku dalam blog kecil nan sederhana ini. Semoga semua hal yang sudah saya muat di blog Informasi Jambi ini, bisa bermanfaat bagi kita semua.

Blog

4/4/10

Info Jambi ! Ayo Wanita Jambi Gunakan Tengkuluk

Info JambiInfo Jambi ! Ayo Wanita Jambi Gunakan Tengkuluk,~ Seruan ini saya dendangkan untuk kaum hawa khususnya di Provinsi Jambi, setelah dari beberapa teman saya yang melihat wanita jambi menggunakan tengkuluk sebagai aksesories kepalanya, tampak di situ begitu anggun, dan menawan, memancarkan wajah yang begitu sederhana namun membuat mata ini jernih untuk memandang,, wah lebay ya,, hehehe.

O,iya Tengkuluk merupakan penutup kepala dan salah satu Budaya Jambi yang selalu digunakan perempuan Jambi di zaman dulu, baik untuk upacara adat maupun keseharian. Tiap daerah memiliki ciri khas tersendiri. Tengkuluk lahir berbarengan dengan tumbuh dan kembang kain batik Jambi atau kain songket, karena tengkuluk dipasangkan dengan baju kurung atau baju batik tengkuluk Jambi juga ada berbagai jenis, tergantung daerah dan penggunaannya.

informasijambi


Oleh karena itu kita harus melestarikan Penggunaan Tengkuluk, Apa lagi Pemerintah Provinsi Jambi masih terus mensosialisasikan penggunan tengkuluk, bahkan disejumlah intansi telah dianjurkan untuk pemakaian menggunakan pakaian di kepala khas Jambi ini, khususnya di acara - acara resmi. Wah kita doain agar Pemerintah akan terus peduli dengan kebudayaan melayu jambi ini.

Semoga saja para wanita di jambi akan sadar bahwa mengunakan tengkuluk, sambil mengenalkan batik jambi dan menambah ciri khas tampilan yang menawan . karena tengkuluk sekarang telah di rancang dengan mengunakan kain ataupun batik yang begitu cantik,, Ayo wanita jambi, gunain dong tengkuluk di jamming deh pasti cantik…

O iya buat kaum wanita jambi jangan lupa gunain tengkuluk ya di Hari Kartini...

9 komentar:

Pekanbaru Riau said...

woww... Lawa nye.. ank gadis pakai tengkuluk tu :)

Hanna Pertiwi said...

Itu tengkuluk ya namanya, tambah bagus klo pake tengkuluk gitu ya sob.. Oya sob, tempat tukeran link dimana ya?

Hanna Pertiwi said...

maaf sob, link nya sdh saya lihat, trims ya udh pasang link saya, link sobat akan segera saya pasang dan bs sobat cek di ruang tukeran link

informasi peternakan ayam said...

wah cantik nye pakai tengkuluk...
oh iya nih... saya baru tahu yang nama nya tengkuluk seperti itu ya....

makasih sharing nya sob :)

salam kenal..lama nih tidak berkunjung ke sini.. :)

NURA said...

salam sobat
o tengkuluk seperti selendang ya,,,
untuk menutupi kepala wanita.
trims infonya.

oan said...

Saya tahu rahasianya sekarang kenapa gadis-gadis Jambi punya rambut yang indah, karena pake Tengkuluk. Benar khan ??

Anton said...

Salam sobat, senang bisa mengenal budaya jambi, tetangganya sumbar. Sepertinya tengkuluk telah dikalahkan oleh jilbab, semoga warga jambi tetap menggunakan di acara adat atau mempromosikanya melalui pameran kebudayaan, agar tengkuluk tetap lestari dan memperkokoh bahwa indonesia itu kaya akan keragaman dan kebudayaan.

UMS EDUKASI RSBI said...

Lestarikan dan budayakan.... Berkunjung lihat Jambi.

Yuril said...

List-a list of "E-mail that the collapse hackers".

Post a Comment

Like Facebook