Blog Jambi Informasi jambi by a - One

Selayang Pandang

My photo
Sikapur Sirih ~ Selamat datang di Blog Informasi Jambi dari Yudi a-One. Sebelumnya Saya mau ngucapin banyak-banyak terima kasih pada kalian semua yang sudah ngunjungin blog saya ini. Blog ini saya buat dengan upaya untuk memuat segala sesuatu tentang Informasi Provinsi Jambi, yang mungkin kalian ada yang belum tahu, terutama buat sahabat dari luar provinsi jambi, dalam bentuk tulisan. Tak lupa pula rasa syukur saya panjatkan kepada Allah SWT karena saya telah diridhoi kemampuan, kesehatan dan kelebihan oleh-Nya untuk dapat terus menjalankan hidup ini, mengembangkan ilmu yang saya punya, dan juga kesempatan untuk dapat membagikan informasi yang ada di jambi dan sedikit catatan atau pun coretan sampah tentang diriku dalam blog kecil nan sederhana ini. Semoga semua hal yang sudah saya muat di blog Informasi Jambi ini, bisa bermanfaat bagi kita semua.

Blog

3/28/10

Batik Jambi Kusayang Batik Jambi Ku Malang

Batik JambiBatik Jambi Kusayang Batik Jambi Ku Malang ~ ini lah sebuah kata yang bisa kutuangkan di gubuk blog informasi jambi ku ini. Untuk saat ini, dimana Batik pada saat ini lagi trend di kalangan nasional, bahkan dunia telah mengakui batik adalah kerajinan tradisioanl Indonesia, sungguh hebat bukan indonesiaku yang penuh dengan kerajinan yang beraneka ragam.

Saya rasa hanya sebagian orang Indonesia saja yang ngak punya batik, karena di mana – mana orang dalam mengadakan acara daerah pasti mengunakan batik, bahkan sampai PNS ataupun karyawan BUMN dan swasta di wajibkan mengunakan batik di hari tertentu, wah saya acungi sepuluh jempol deh, untuk
pemeritah yang begitu gencarnya melastarikan budaya Indonesia.

Mengenai Batik Jambi menurut dari beberapa sumber, sudah ada sejak abad 17. brdasarkan berbagai cerita yang didapat dari para sesepuh Jambi, pada zamanya dulu para orang tua di Jambi membuat kainnya sendiri dengan menenun. Begitu juga dengan songket dan batik. Jadi batik juga ada di Jambi pada masa lalu, bukan hanya di Jawa,

Namun yang saya sayangkan di sini, dalam gencarnya upaya pemeritah kita dalam melestarikan kerajinan batik, Serbuan batik cetak dari Cina begitu dahsyat, dengan harga yang murah meriah, batik-batik Cina ini cepat menguasai pasar, sebagian mereka memakai motif-motif Indonesia.

Jadi masyarakat pada umumnya lebih baik memilih batik cetak yang berasal dari cina, dengan harga yang relative murah, cobain deh perhatiin di jambi kebanyakan orang mengunakan batik cina di banding dengan mengunakan bati jambi sendiri.mungkin di karenakan mahalnya batik tulis jambi, seiring dengan mahalnya bahan baku, seperti kain, alat untuk membatik. Semua bahan baku itu, didatangkan dari Jawa. “ Sesama batik tulis, antara jawa dan Jambi, tetap saja batik jambi lebih mahal, apalagi dibandingkan dengan batik cetak”

Tapi peminat batik jambi masih ada, yang saya sayangkan, kapan kesadaran rakyat jambi, untuk dapat mengunakan dan melestarikan bati jambi, kalau masalah ini, cukub berat untuk di ulas, ini menyangkut ekonomi, social budaya yang terkadung di diri masing,, masing,, ampun deh kalau bahas ini nyerah deh.. saya hanya bisa mengatakan Batik Jambi Ku Sayang Batik Jambi Ku Malang.

3 komentar:

buJaNG said...

Wah mantep infonya... update terus ya infonya tentang jambi...
Saya nyari foto tentang batik jambi mo saya buat background template blog saya tapi nggak dapet2 di internet..
Mungkin punya info :D

farida (penggemar batik tulis) said...

menurut saya, batik jambi lebih murah dari batik jawa...untuk batik tulis bahan katun 300 ribu untuk 2,5 meter. coba bandingakan dengan batik jawa, harga tersebut batik tulis halus ga sampai 2,5 meter.
Batik Jambi warnanya kontras, dan hampir mirip dengan batik madura, terutama batik tulisnya.
ya saya rasa memang aneh, orang jambi sendiripun jarang yang mau pake batik jambi.

Blogger Indonesia dukung internet aman, sehat & manfaat said...

Bujang >..Sip deh sobat..
Farida, Makasih ya info nya farida, semoga kedepan masyrakat jambi, lebih peduli dengan hasil karya jambi sendiri, tetap maju batik jambi...

Post a Comment

Like Facebook