Blog Jambi Informasi jambi by a - One

Selayang Pandang

My photo
Sikapur Sirih ~ Selamat datang di Blog Informasi Jambi dari Yudi a-One. Sebelumnya Saya mau ngucapin banyak-banyak terima kasih pada kalian semua yang sudah ngunjungin blog saya ini. Blog ini saya buat dengan upaya untuk memuat segala sesuatu tentang Informasi Provinsi Jambi, yang mungkin kalian ada yang belum tahu, terutama buat sahabat dari luar provinsi jambi, dalam bentuk tulisan. Tak lupa pula rasa syukur saya panjatkan kepada Allah SWT karena saya telah diridhoi kemampuan, kesehatan dan kelebihan oleh-Nya untuk dapat terus menjalankan hidup ini, mengembangkan ilmu yang saya punya, dan juga kesempatan untuk dapat membagikan informasi yang ada di jambi dan sedikit catatan atau pun coretan sampah tentang diriku dalam blog kecil nan sederhana ini. Semoga semua hal yang sudah saya muat di blog Informasi Jambi ini, bisa bermanfaat bagi kita semua.

Blog

11/8/10

Penerimaan CPNS 2010 Formasi SMA masih Di Butuhkan

Penerimaan CPNS 2010 Formasi SMA masih Di Butuhkan - Bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang berminat untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tampaknya tak tertutup kemungkinan.

Pasalnya, untuk daerah-daerah terpencil dan khusus tetap mengakomodir lulusan SMA. Contohnya Kota Bitung. Disana diterima CPNS lulusan SMA sebanyak 60 orang.

Asisten Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Kuniyati mengakui, memang masih ada sejumlah daerah yang mengusulkan formasi CPNS untuk lulusan SMA. Hanya saja, tidak semua disetujui.

Kuniyati menjelaskan, formasi CPNS untuk tamatan SMA dipenuhi jika memang daerah yang bersangkutan benar-benar membutuhkan, sementara untuk mencari lulusan sarjana tidak gampang. Ini biasanya terjadi di daerah-daerah terpencil. "Kalau daerah benar-benar butuh dan untuk ditempatkan di daerah terpencil serta perbatasan pasti dipertimbangkan pemerintah," terang Kuniyati kepada koran ini, kemarin (7/11).

Dia mencontohkan usulan formasi tamatan SMA dari sejumlah kabupaten/kota di Sulut, yang disetujui pemerintah pusat. Yakni Kota Kotamobagu Kuota 20, dan Bolmong Timur juga 20, serta daerah kepulauan di Sangihe dan Talaud. Kota Bitung semula mengusulkan 30, lantas mengusulkan tambahan 30 lagi dan disetujui. Alasannya, tambahan 30 itu untuk daerah terpencil di Pulau Lembe.

"Kita tahu Pulau Lembe merupakan daerah yang terisolir dan lulusan diploma serta sarjananya kurang," tutur Kuniyati. Sedang Kota Kotamobagu diberi jatah tamatan SMA lantaran masih merupakan daerah baru hasil pemekaran.

Dijelaskan Kuniyati, semua usulan yang disetujui maupun yang ditolak, sudah melalui proses kajian mendalam, dilihat dari berbagai aspek, terutama aspek kebutuhan pemda setempat. Dia membantah, pemberian kuoto tamatan SMA untuk beberapa daerah itu merupakan bentuk pengistimewaan yang diberikan pusat.

Masih terkait dengan penerimaan CPNS 2010, sebelumnya Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PAN-RB Ramli Naibaho menjelaskan, hingga Jumat (5/11), proses penetapan rincian jabatan sudah pada tahapan teknis administrasi. Misalnya mengenai penomoran berkas, penyiapan amplop, dan tanda terima rincian jabatan dari Kemenpan-RB ke masing-masing kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD).

"Sekarang lebih ke tahap pengadministrasian saja. Setelah itu tinggal diserahkan ke masing-masing BKD," kata Ramli Naibaho.

Kapan daerah sudah bisa mengambil rincian jabatannya" Ramli menjelaskan, rincian jabatannya itu sudah bisa diambil pekan depan. "Mudah-mudahan prosesnya berjalan lancar sehingga jadwal penerimaan seleksi CPNS tidak bergeser dan sesuai jadwal yang ditetapkan akhir November," ungkapnya. Meski telah menetapkan akhir November seleksi CPNS dibuka, namun Ramli menegaskan, semua keputusan diserahkan ke pemda. Pemerintah pusat hanya meminta agar penerimaan CPNS daerah dilakukan serentak untuk menghindari double pelamar.

Sementara itu, rekrutmen CPNS Pemprov Jambi juga belum ada sinyal. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jambi, Husnaini SH baru-baru ini menyampaikan belum ada pemberitahuan untuk jadwal penerimaan yang ditetapkan oleh Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (Mennegpan).

“Bagaimana kita mau menyusun kalau kepastian penerimaan dari pusat hingga saat ini belum juga ditentukan,” ujarnya.

Menurutnya, jika pemberitahuan dari Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (Mennegpan) sudah diterima, maka pihak Badan Kepegawaian Daerah (BKD) baru bisa menyusun jadwal tersebut.

“Kalau sudah ada pemberitahuan dari pusat, baru kita bisa menyusun jadwalnya,” katanya.

Saat ditanyakan mengenai pertemuan yang dilakukan oleh BKD Provinsi dan seluruh BKD Kabupaten/Kota se Povinsi Jambi baru-baru ini menurutnya tidak membahas hal tersebut.

“Kita memang ada melakukan pertemuan dengan pihak BKD Kabupaten/Kota se Provinsi Cuma pertemuan tersebut tidak membahas jadwal penerimaan CPNS ini. Mengenai hasil pertemuan yang kami lakukan ini tidak bisa kami publikasikan, karena ini rahasia,” pungkas Husnaini.

CPNS IAIN sendiri rencananya akan mengikuti tes tanggal 24 November 2010 mendatang. Setidaknya para peserta tes tersebut bersaing merebut 20 kursi CPNS.

12 orang dosen umum, 3 orang dosen mata kuliah Islam dan 5 tenaga teknis.

‘’Lokasi tesnya di IAIN Telanaipura,’’ tutur Bagian Kepegawaian IAIN STS Jambi, Bawaihi MPd kepada Koran ini, belum lama ini.

Untuk CPNS Kemenag sendiri akan ujian ujian, tanggal 24 November 2010 mendatang. Lokasinya diantara tiga tempat, yakni Asrama Haji, MAN Model dan GOR Kotabaru.

foto by info jambi

1 komentar:

Unknown said...

KISAH CERITA SUKSES SAYA JADI PNS

Assalamu Alaikum wr-wb, mohon maaf sebelum'nya saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS, saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi Pemerintan Manapun, saya sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 2 kali mengikuti ujian, namun hasil'nya Nol bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari tempat saya honor mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-2174-0123 dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, 2 bulan kemudian saya sudah ada panggilan untuk pengambilan SK saya, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar, dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk DR. HERMAN. M.SI No beliau selaku direktur aparatur sipil negara di bkn pusat Hp beliau 0853-2174-0123 siapa tau beliau masih bisa membantu anda. Wassalam......

Post a Comment

Like Facebook