Blog Jambi Informasi jambi by a - One

Selayang Pandang

My photo
Sikapur Sirih ~ Selamat datang di Blog Informasi Jambi dari Yudi a-One. Sebelumnya Saya mau ngucapin banyak-banyak terima kasih pada kalian semua yang sudah ngunjungin blog saya ini. Blog ini saya buat dengan upaya untuk memuat segala sesuatu tentang Informasi Provinsi Jambi, yang mungkin kalian ada yang belum tahu, terutama buat sahabat dari luar provinsi jambi, dalam bentuk tulisan. Tak lupa pula rasa syukur saya panjatkan kepada Allah SWT karena saya telah diridhoi kemampuan, kesehatan dan kelebihan oleh-Nya untuk dapat terus menjalankan hidup ini, mengembangkan ilmu yang saya punya, dan juga kesempatan untuk dapat membagikan informasi yang ada di jambi dan sedikit catatan atau pun coretan sampah tentang diriku dalam blog kecil nan sederhana ini. Semoga semua hal yang sudah saya muat di blog Informasi Jambi ini, bisa bermanfaat bagi kita semua.

Blog

7/13/10

Kisah Harimau Tingkes | Cerita Rakyat Kerinci

Cerita RakyatCerita Rakyat Kerinci ~ Pada sebuah dusun.Hiduplah seorang anak dengan seorang ibu,yang ditinggal mati sang suami.Namun beberapa waktu kemudian terbetik kabar,bahwa sang ibu tanpa suami malah hamil.Sang anak merasa malu.hingga anak meminta kesedian ibunya untuk meninggalkan desa secara sembunyi-sembunyi.

"ibu sebaiknya,ibu tinggal diladang.Karena kehamilan ibu akan membuat gaduh.Soalnya,ibu hamil tanpa suami"Ujar sang anak."Baiklah anakku.Aku akan ikuti pendapatmu.Ibu sebenarnya,juga malu"imbuh ibunya dengan sedih.

Dalam dua bulan kedepan.Sang ibu telah melahirkan. Sementara sang anak yang secara terus nerus mengantarkan makanan ibunya,yang tinggal di ladang.anaknya tinggal di dusun.
"Adik dimana bu?"Ujar anaknya yang baru datang membawa makanan dari desa"Itu adikmu,lagi bermain,main dibawah pohon"Ujar maknya menunjukan adiknya lagi main dibawah pohon.

Merasa heran,namun belum berani menanyakan secara panjang lebar.Soalnya,yang dilihat dibawah pohon adalah harimau kecil."Kok,adik saya harimau"Ujarnya membathin dalam hati.
Setelah adiknya dewasa.Kakaknya,masa itu, ada lomba mengadu ayam.disalah satu dusun.Kakak membawa ayam aduan.Selama membawa ayam aduan dengan menghadap kebelang.Ia merasa heran."Kenapa ayam ini.Setiap saya hadapkan kebelang,Selalu gelisah dan meraung.

"Ada apa dibelakang'Ujarnya membatin dalam hati.Tentunya,ayam melihat harimau,tentu ribet."Apakah,karena adiku,yang harimau itu"Ujar membathin.Sambil geleng-geleng kembali mendadak reflek mencabut golok tajam langsung menebas kaki adiknya.

"Tentu,kamu yang membuat ayamku gaduh dan ribet"ujar kakaknyan dengan emosi,hinngga membuat adik lari terbirit-birit sambil meraung kesakitan.Hingga mengena jari kaki kirinya.

cerita asal muasal kisah harimau tingkes hingga kini kisah masih menjadi buah bibir masyarakat.

Note: cerita rakyat Gunung raya.


1 komentar:

Ka Damar said...

save aja cerita rakyatnya y Sob ^^

Post a Comment

Like Facebook