Blog Jambi Informasi jambi by a - One

Selayang Pandang

My photo
Sikapur Sirih ~ Selamat datang di Blog Informasi Jambi dari Yudi a-One. Sebelumnya Saya mau ngucapin banyak-banyak terima kasih pada kalian semua yang sudah ngunjungin blog saya ini. Blog ini saya buat dengan upaya untuk memuat segala sesuatu tentang Informasi Provinsi Jambi, yang mungkin kalian ada yang belum tahu, terutama buat sahabat dari luar provinsi jambi, dalam bentuk tulisan. Tak lupa pula rasa syukur saya panjatkan kepada Allah SWT karena saya telah diridhoi kemampuan, kesehatan dan kelebihan oleh-Nya untuk dapat terus menjalankan hidup ini, mengembangkan ilmu yang saya punya, dan juga kesempatan untuk dapat membagikan informasi yang ada di jambi dan sedikit catatan atau pun coretan sampah tentang diriku dalam blog kecil nan sederhana ini. Semoga semua hal yang sudah saya muat di blog Informasi Jambi ini, bisa bermanfaat bagi kita semua.

Blog

4/7/10

Sultan Thaha Syaifudin Jambi

informasi jambiSultan Thaha Syaifudin Jambi ~ Salah satu Pahlawan Nasional kita yang berasal dari daerah jambi, blog informasi jambi kali ini akan mengulas sedikit tentang Sultan thaha syaifudin, ada yang belum tahu ngak tentang Pahlawan Nasional kita, Kalau ada yang belum tahu kasian banget pahlawan kita yang berjuang habis – habisan untuk negeri ini, tapi generasi mudanya malah melupakan jasa – jasa, ya paling tidak bisa mengingat namanya saja itu sudah syukur.. semoga saja para generasi muda tidak lupa dengan Pahlawan Jambi satu ini.

Sultan yang di kenal cerdas ini  adalah seorang sultan terakhir dari Kesultanan Jambi. Dilahirkan di Keraton Tanah pilih Jambi pada pertengahan tahun 1816. Ketika kecil ia biasa dipanggil Raden Thaha Ningrat dan bersikap sebagai seorang bangsawan yang rendah hati dan suka bergaul dengan rakyat biasa

Konon dalam perjuangannya dalam mempertahankan negeri ini, Sultan Thaha syaifudin tak pernah mau berkompromi dengan penjajah Belanda. Dalam perjuangannya selama 46 tahun, Sultan Thaha pernah menenggelamkan kapal perang Belanda Houtman di perairan Jambi yang menewaskan sekitar 800 tentara Belanda.

Dan pada pertempuran di Sungai Aro itu jejak Sultan Thaha tidak diketahui lagi oleh rakyat umum, kecuali oleh pembantunya yang sangat dekat. Sultan Thaha Syaifuddin meninggal pada tanggal 26 April 1904 dan dimakamkan di Muara Tebo, Jambi. Yang sekarang berjarak dari 200 km dari Kota jambi.
Di Muaro Tebo ada salah satu kawasan Istana Sultan Thaha Syaifuddin berlokasi Kecamatan Tebo Ilir, Tanah Garo, 160 km dari Kota Jambi, menempati areal seluas ± 40 ha 2 yang dikelilingi oleh anak sungai. Sebagai sarana transportasi menuju lokasi, dalam kawasan ini terdapat hutan kayu, rotan, damar dan bukit untuk melihat ke arah Desa Betung Berdarah dan Sungai Tabir

sultan thaha syaifudin


Untuk Mengingat bagi generasi muda Kota Jambi, Pemda Provinsi Jambi Mengabadikan Pahlawan Sultan Thaha Suyaifudin dengan membuatkannya patung yang bisa kita jumpai di halaman Kantor Gubernur Jambi.

Nah itulah sedikit Ulaan Mengenai Pahlawan Sultan Thaha Syaifudin yang berasl dari daerah jambi., bagi para pembaca yang yang lebih tahu dan mungkin ada sedikit keselahan dalam penulisan penulis memohon maaf, sudinya kiranya mengisi di kolom komentar.

1 komentar:

roby ilham gunawan said...

pemerintah jambi saya minta tolong supaya pahlawan dari jambi perkenalkan lebih banyak dan transparan biar masyarakat jambi bisa melihat betapa susahnya pahlawan jambi membela rakyatnya

Post a Comment

Like Facebook