Blog Jambi Informasi jambi by a - One

Selayang Pandang

My photo
Sikapur Sirih ~ Selamat datang di Blog Informasi Jambi dari Yudi a-One. Sebelumnya Saya mau ngucapin banyak-banyak terima kasih pada kalian semua yang sudah ngunjungin blog saya ini. Blog ini saya buat dengan upaya untuk memuat segala sesuatu tentang Informasi Provinsi Jambi, yang mungkin kalian ada yang belum tahu, terutama buat sahabat dari luar provinsi jambi, dalam bentuk tulisan. Tak lupa pula rasa syukur saya panjatkan kepada Allah SWT karena saya telah diridhoi kemampuan, kesehatan dan kelebihan oleh-Nya untuk dapat terus menjalankan hidup ini, mengembangkan ilmu yang saya punya, dan juga kesempatan untuk dapat membagikan informasi yang ada di jambi dan sedikit catatan atau pun coretan sampah tentang diriku dalam blog kecil nan sederhana ini. Semoga semua hal yang sudah saya muat di blog Informasi Jambi ini, bisa bermanfaat bagi kita semua.

Blog

3/23/10

Sejarah dan Geografi Kabupaten Kerinci

Sejarah dan Geografi Kabupaten Kerinci  ~ Menurut Tambo Alam Minang Kabau, Rantau Daerah Pantai Barat (Pasisie Barek) di dalam Kerajaan Minang Kabau Alam meliputi wilayah sepanjang pantai barat Sumatera bagian tengah dari Sikilang Air Bangis, hatiku Pariaman, Padang, Bandar Sepuluh, Air Haji, Inderapura, Muko-Muko (Bengkulu) dan Kerinci. Jadi daerah Kerinci Minang Kabau
Pada waktu Indonesia merdeka, Sumatra, pusat mulai terpecah menjadi 3 propinsi:

1. Sumatera Barat (meliputi daerah Minangkabau)
2. Riau (termasuk kesultanan Siak, Pelalawan, Rokan, Indragiri, Riau, Minangkabau Lingga ditambah Rantau Kampar dan Kuantan)
3. jambi (termasuk mantan kerajaan Jambi ditambah Rantau Minangkabau Kerinci)
Kerinci Adipura pernah berada di bawah kerajaan dengan Kabupaten Pesisir Selatan dan bagian dari Provinsi Bengkulu termasuk Muko-Muko.
1. KERINCI memiliki potensi kecamatan yang kayu aro kabupaten, di mana orang berbaur aroma kayu dari berbagai spektrum kebudayaan yang berbeda punya banyak hal untuk berkontribusi Kerinci.
Oleh karena itu sub kayu aro sekarang mencoba untuk mengembangkan di segala bidang. dasarnya menimpan kayu aro banyak potensi sumber daya manusia yang handal, dalam setiap bidang ilmu pengetahuan. misalnya dalam hal IT di kayu aro banyak hacker memiliki yang kuat, tetapi kurang eksposur dalam masyarakat yang kurang mendapat perhatian.

Lokasi geografis
Kerinci di ujung barat Propinsi Jambi, berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat (Minangkabau) di bagian barat dan utara. Di selatan mereka berbatasan dengan Provinsi Bengkulu.
Daerah Kerinci ditetapkan sebagai distrik sejak awal provinsi Jambi, dengan pemerintah pusat di Sungai Penuh. Wilayah Kerinci memiliki luas 4.200 km2 terdiri dari 11 kecamatan (yang merupakan serangkaian desa atau pemukimam). Statistik tahun 1996 menunjukkan populasi sekitar 300.000 orang-orang suku Kerinci.
Jauh sebelum kemerdekaan Indonesia, Kerinci adalah daerah yang sudah memiliki kekuatan politik sendiri. Sebelum sejarah Belanda di Kerinci mencatat tiga fase yaitu: Periode Kerajaan atau Manjuto Kerajaan Nan Tigo The Pamuncak, DEPATI Periode, dan Periode IV DEPATI Alam Kerinci. Manjuto kerajaan, sebuah kerajaan yang terletak antara Kerajaan Kerajaaan Minangkabau dan Jambi, di pulau beribukotakan kandang. Selanjutnya, dua periode DEPATI, Pulau aro sangkar kayu dan memainkan peran utama sebagai salah satu dari empat pusat kekuasaan di Kerinci (Rasyid Tentu, hal. 4 -14).
Namun sejak Belanda mulai menduduki Kerinci pada tahun 1914, kayu peran sentral dalam aro politik pemerintahan mulai mengalami penyusutan. Ketika Belanda ditetapkan sebagai Kerinci di Jambi afdelling kekuasaan Residensi (1904) dan di bawah Karesidenan Sumatera Barat (1921), dan ketika Kerinci menjadi sebuah kabupaten sendiri dalam wilayah Propinsi Jambi (pada 1958), di atas).

3 komentar:

Handayani said...

Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa saya ini HANDAYANI seorang TKW dari malaysia dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar IBU DARNA yg dari singapur tentan AKI SYHE MAULANA yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya saya juga mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor toto 6D dr hasil ritual/ghaib dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.230.000 Ringgit ,kini saya kembali indon membeli rumah dan kereta walaupun sy Cuma pembantu rumah tanggah di selangor malaysia , sy sangat berterimakasih kepada AKI SYHE MAULANA dan tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI MAULANA saya juga sudah bisa sesukses ini. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, ini adalah kisah nyata dari seorang TKW, Untuk yg punya mustika bisa juga di kerjakan narik uang karna AKI MAULANA adalah guru spiritual terkenal di indonesia. jika anda ingin seperti saya silahkan kunjungi situs/website AKI MAULANA ~>KLIK DISINI<~  yg punya rum terimakasih atas tumpangannya.

Bpk radi said...

Buat saudara punya permasalahan ekonomi: hub aki santoro,karna saya sudah membuktikan bantuan aki santoro yang berminat,hub aki santoro di nomor 0823 1294 9955, atau KLIK DI SINI

Bpk radi said...

Buat saudara punya permasalahan ekonomi: hub aki santoro,karna saya sudah membuktikan bantuan aki santoro yang berminat,hub aki santoro di nomor 0823 1294 9955, atau KLIK DI SINI

Post a Comment

Like Facebook