Blog Jambi Informasi jambi by a - One

Selayang Pandang

My photo
Sikapur Sirih ~ Selamat datang di Blog Informasi Jambi dari Yudi a-One. Sebelumnya Saya mau ngucapin banyak-banyak terima kasih pada kalian semua yang sudah ngunjungin blog saya ini. Blog ini saya buat dengan upaya untuk memuat segala sesuatu tentang Informasi Provinsi Jambi, yang mungkin kalian ada yang belum tahu, terutama buat sahabat dari luar provinsi jambi, dalam bentuk tulisan. Tak lupa pula rasa syukur saya panjatkan kepada Allah SWT karena saya telah diridhoi kemampuan, kesehatan dan kelebihan oleh-Nya untuk dapat terus menjalankan hidup ini, mengembangkan ilmu yang saya punya, dan juga kesempatan untuk dapat membagikan informasi yang ada di jambi dan sedikit catatan atau pun coretan sampah tentang diriku dalam blog kecil nan sederhana ini. Semoga semua hal yang sudah saya muat di blog Informasi Jambi ini, bisa bermanfaat bagi kita semua.

Blog

8/2/10

Pemda Jambi Terima Ribuan CPNS 2010

Info Penerimaan CPNS jambi 2010Info Penerimaan CPNS jambi 2010 - Ini kabar gembira bagi warga Jambi yang berminat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Pasalnya, tahun ini, pemerintah daerah di provinsi Jambi bakal menerima ribuan CPNS yang jadwal rekrutmennya setelah Idul Fitri 1431 H.

Untuk provinsi saja, akan menerima sebanyak 271 orang. Ditambah lagi dari daerah, misalnya Kabupaten Kerinci menerima sebanyak 225 orang. Kemudian Kota Sungaipenuh juga sekitar 200-an orang. Belum lagi Kabupaten Tanjabtim yang juga akan menerima sebanyak 271 CPNS. Kabupaten Bungo juga demikian, menerima sebanyak 247 CPNS.

Informasi yang diterima Koran ini dari Kabupaten Tanjabar, juga akan menerima sekitar 200-an CPNS. Penerimaan CPNS ini biasanya akan dilakukan secara serentak di seluruh daerah di Provinsi Jambi. Meskipun pihak Provinsi sendiri belum memastikan waktunya.

‘’Sekitar dua bulan lagilah,’’ terang Sekda Provinsi, AM Firdaus saat dikonfirmasi wartawan baru-baru ini.

Sementara, Sekda Kabupaten Bungo, Khaidir Saleh menyebutkan, dari dari 1600 yang diajukan, hanya 247 yang disetujui Menpan.

“Jumlah ini menurun dari tahun sebelumnya,” kata Sekda Bungo ini Kamis (29/7) lalu.
Dikatakannya, Pemkab Bungo akan berusaha mengajukan lagi ke pusat, agar kuota ini bisa ditambah. Namun pihaknya tidak begitu yakin akan terpenuhi. Karena peluang untuk menambah ini sangat kecil.

“Kita akan coba ajukan lagi ke pusat. Namun saya tidak begitu yakin akan dipenuhi,”katanya.

Karena ini baru kuota yang direstui, maka ia juga belum bisa merinci pegawai apa saja yang akan diterima. Karena ini sepenuhnya kewenangan bupati. Hanya saja, pemkab saat ini masih membutuhkan tenaga guru dan perawat yang cukup banyak.
Sedangkan Pelaksana Tugas Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Tanjabtim, Drs Hambali, kemarin (1/8) menyatakan formasi CPNS 2010 untuk Tanjabtim jauh lebih rendah dari jumlah formasi yang diajukan. Untuk formasi tahun 2010 ini, Pemkab Tanjabtim mengajukan sebanyak 1.757 formasi ke Men PAN, namun hanya disetujui sebanyak 271 formasi.

Dibandingkan dengan formasi yang diterima Pemkab Tanjabtim pada 2009 lalu juga berbeda jauh, dimana formasi yang disetujui untuk Tanjabtim pada 2009 lalu 416.
Itupun tidak
terisi semua karena ada formasi yang tanpa pelamar dan mengundurkan diri, sehingga yang terisi hanya 367 formasi.

Penyusutan jumlah formasi yang sangat signifikan ini, kata Hambali, berdasarkan keputusan pemerintah pusat dan berlaku skala Nasional.

‘’Penerimaan tahun ini, formasi nasional turun. Untuk Tanjabtim disetujui sebanyak 271 formasi. 271 formasi itu semunya untuk pelamar umum, tidak ada tenaga honorer data basse, karena honorer data base telah diangkat semua pada 2009,’’ kata Hambali lagi.

Untuk formasi SMA se-derajad pada penerimaan CPNS 2010 ini tidak diakomodir Pemkab Tanjabtim. Pemkab Tanjabtim memang sengaja tidak mengajukan formasi untuk tamatan SMA se-derajad itu karena formasi SMA sederajad itu sudah terpenuhi saat pengangkatan honorer data base tahun 2009 lalu.

‘’Formasi SMA sederajad memang tidak kita ajukan, sebab, untuk formasi SMA sederajad yang kita butuhkan sudah terpenuhi dari pengangkatan honorer data basse tahun 2009 lalu,’’ jelas Hambali.

Pada perekrutan CPNS 2010 ini, Pemkab Tanjambtim hanya mengakomodir pelamar umum minimal tamatan D III (Diploma III).

‘’Yang kita terima minimal tamatan D III,’’ ujar Hambali.
Terkait Jadwal, dijelaskan Hambali, bahwa tahapan pengumuman formasi itu akan diumumkan pada Oktober nanti, sementara Jadwal pelaksanaan atau tes diperkirakan pada November atau Desember nanti. ‘’Tahapan pengumuman akan dilaksanakan bulan Sepuluh (Oktober, red), sementara pelaksanaan diperkirakan bulan Sebelas atau bulan Dua Belas lah (November atau Desember, red),’’ tandas Hambali.

Meski beberapa kabupaten sudah menerima persetujuan CPNS, namun ada juga kabupaten lain yang belum. Misalnya Kabupaten Merangin.

Sampai dengan kemarin, belum diketahui pasti berapa kuota peneriman Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2010 untuk Kabupaten Merangin. Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Merangin, Suhaibi melalui Kabid Mutasi dan Pengangkatan, Satria.

‘’Sampai sekarang belum turun dari BKN pusat. Jadi kita belum tahu berapa kuota untuk Merangin,’’ungkapnya.

Belum turunnya formasi CPNS 2010 dari BKN Pusat, belum dapat dipastikan apakah ada formasi untuk tamatan SMA atau tidak. Satria mengatakan, dalam pengajuan formasi CPNS 2010 beberapa waktu lalu, Pemkab Merangin tetap mengajukan untuk tamatan SMA.

‘’Kemarin, kalau tidak salah ada kita ajukan untuk Formasi SMA. Tetapi kita belum dapat pastikan apakah nanti akan diterima atau tidak,’’ucapnya.

Beberapa waktu lalu, Kepala BKD Merangin, Suhaibi mengatakan jika formasi CPNS 2010 yang diajukan oleh Pemkab Merangin ke BKN pusat sebanyak 2.761. Dari jumlah tersebut, 66 persen diantarannya atau setara dengan 1.856 orang adalah untuk formasi guru.

‘’Jika di persentasekan, ada sekitar 67 persen adalah untuk formasi guru,”terangnya.
Banyaknya formasi guru untuk kabupaten Merangin, kata Suhaibi adalah untuk mengatasi keluhan kekurangan guru yang terdapat di Kabupaten Merangin.

Dibagian lain, Satria mengatakan, jika telah diketahui berapa kuota CPNS untuk Kabupaten Merangin, selanjutnya pihak BKD Merangin akan menyusun formasi sesuai dengan format yang telah ditetapkan. Dan formasi guru yang paling banyak diterima. (arm/tet/bim/mil)


Sumber : http://www.jambiekspres.co.id

0 komentar:

Post a Comment

Like Facebook