Blog Jambi Informasi jambi by a - One

Selayang Pandang

My photo
Sikapur Sirih ~ Selamat datang di Blog Informasi Jambi dari Yudi a-One. Sebelumnya Saya mau ngucapin banyak-banyak terima kasih pada kalian semua yang sudah ngunjungin blog saya ini. Blog ini saya buat dengan upaya untuk memuat segala sesuatu tentang Informasi Provinsi Jambi, yang mungkin kalian ada yang belum tahu, terutama buat sahabat dari luar provinsi jambi, dalam bentuk tulisan. Tak lupa pula rasa syukur saya panjatkan kepada Allah SWT karena saya telah diridhoi kemampuan, kesehatan dan kelebihan oleh-Nya untuk dapat terus menjalankan hidup ini, mengembangkan ilmu yang saya punya, dan juga kesempatan untuk dapat membagikan informasi yang ada di jambi dan sedikit catatan atau pun coretan sampah tentang diriku dalam blog kecil nan sederhana ini. Semoga semua hal yang sudah saya muat di blog Informasi Jambi ini, bisa bermanfaat bagi kita semua.

Blog

6/16/10

Puluhan Ribu Saksi Kawal Pilkada Jambi 2010

Pilkada JambiPilkada Jambi 2010 ~ Tim sukses para kandidat Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi menyiapkan puluhan ribu saksi untuk meng awasi jalannya pemilihan kepala daerah yang berlangsung pada 19 Juni mendatang. Saksi juga akan memantau proses penghitungan suara dari tempat pemungutan suara atau TPS hingga di Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jambi.

Sekretaris Tim Sukses Pasangan Madjid Muaz-Abdullah Hich, Khoiri mengatakan pihaknya telah menyiapkan 6.497 saksi atau satu saksi untuk setiap TPS. Mereka direkrut dari kalangan simpatisan maupun relawan, kemudian dilatih secara khusus untuk kegiatan pengawasan selama masa pilkada. "Setiap TPS harus kami awasi untuk menghindari terjadinya kecurangan, walau sekecil apapun, tuturnya," Rabu (16/6/2010).

Koordinator Tim Sukses Pasangan Safrial -Agus Setyonegoro, Lukman Djafrie mengatakan telah menyiapkan lebih dari 8.000 s aksi yang diterjunkan ke seluruh TPS. Mereka berasal dari kader partai politik dan warga simpatisan partai yang secara sukarela menjadi saksi pada pemungutan suara.

"Komitmen dan kerelaan mereka sangat kami hargai, salah satunya dengan memberikan insentif yang layak," kata Lukman Djafrie.

Namun sebelum diterjunkan, Lukman mengatakan para saksi itu diberikan dasar-dasar teknik pengawasan. Selain itu mereka juga diberi cara untuk berkomunikasi dengan perangkat pengawas pilkada dan tim sukses.

Koordinator Tim Sukses Pasangan Zulfikar Achmad-Ami Taher, Ridwan mengatakan akan memantau ketat pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara pilkada. Karenanya dia menerjunkan lebih dari 11.000 saksi.

"Distribusi saksi kami bedakan untuk setiap TPS, dengan mempertimban gkan tingkat kerawanan jumlah pemilih dan basis massa. Namun secara umum setiap TPS akan dijaga 5-9 saksi," katanya.

Ridwan melanjutkan, para saksi dijamin bisa menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran, keadilan dan kebenaran selama memantau tahapan pilkada. Menurut Ridwan, keyakinan itu muncul setelah mereka menjalani pembekalan selama sebulan penuh.
Selama itu pula mereka mempelajari seluk beluk pilkada serta menerapkan teknik pengawasan mulai dari tingkat TPS, PPS, PPK, KPU kota-kabupaten hingga terakhir di KPU provinsi.

Berdasarkan data KPUD Provinsi Jambi, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada Gubernur-Wakil Gubernur Jambi sebanyak 2.231.632 orang yang tersebar di 6.497 TPS. Sedangkan semua TPS masuk dalam wilayah koordinasi 1.360 panitia pemilihan suara (PPS) di tingkat desa-kelurahan yang juga bagian dari 128 kecamatan setingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Ketua Panwas Provinsi Jambi Salahuddin mengatakan, jumlah tenaga pengawas di tingkat provinsi hingga kelurahan dan desa belum memadai. Pihaknya hanya memiliki 1.795 orang pengawas untuk disebar pada seluruh TPS se-Provinsi Jambi . Rata-rata setiap petugas mengawasi tiga hingga empat TPS. Namun, ada juga pengawas di satu desa atau kelurahan yang mengawasi 20 hingga 35 TPS sekaligus, karena hanya terdapat satu pengawas dalam wilayah tersebut.

Petugas pengawas kami masih belum memadai jumlahnya, ujar Salahuddin. Untuk itu, pihaknya mendorong masyarakat mau aktif ikut mengawasi jalannya pilkada dan penghitungan suara.

Ketua HMI Provinsi Jambi Hadi Suprapto mengatakan, pihaknya juga menerjunkan hampir 1.000 mahasiswa untuk mengawasi masa pencoblosan dan penghitungan suara di 10 kabupaten dan kota. "Kami siapkan relawan di seluruh kabupaten kota, kecuali Kabupaten Tanjung Jabung Timur, karena di sana tidak ada anggota kami," ujarnya.
Hadi menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan panwas. Wilayah-wilayah yang kosong dari pengawasan tim Panwas Provinsi dan Kabupaten Kota, akan dimasuki relawan HMI.

Sumber : Kompas . com

3 komentar:

it training bandung said...

linovtech main main kesini... blognya bagus mas...

Dogan Cengkir News said...

semoga pilkada jambi berjalan lancar,,,,,,,,

wow info asik said...

sukses buat jambi deh,,,

Post a Comment

Like Facebook