Blog Jambi Informasi jambi by a - One

Selayang Pandang

My photo
Sikapur Sirih ~ Selamat datang di Blog Informasi Jambi dari Yudi a-One. Sebelumnya Saya mau ngucapin banyak-banyak terima kasih pada kalian semua yang sudah ngunjungin blog saya ini. Blog ini saya buat dengan upaya untuk memuat segala sesuatu tentang Informasi Provinsi Jambi, yang mungkin kalian ada yang belum tahu, terutama buat sahabat dari luar provinsi jambi, dalam bentuk tulisan. Tak lupa pula rasa syukur saya panjatkan kepada Allah SWT karena saya telah diridhoi kemampuan, kesehatan dan kelebihan oleh-Nya untuk dapat terus menjalankan hidup ini, mengembangkan ilmu yang saya punya, dan juga kesempatan untuk dapat membagikan informasi yang ada di jambi dan sedikit catatan atau pun coretan sampah tentang diriku dalam blog kecil nan sederhana ini. Semoga semua hal yang sudah saya muat di blog Informasi Jambi ini, bisa bermanfaat bagi kita semua.

Blog

5/1/10

Mengenal Penduduk Asli dan Pendatang Di Provinsi Jambi

Informasi JambiMengenal Penduduk Asli dan Pendatang Di Provinsi Jambi ~ Bagi sahabat yang ingin tau tentang peduduk yang ada di kota jambi silahkan baca artikel berikut ya… dan jangan lupa kunjungi terus blog informasi jambi, yang akam menuyajikan tentang Provinsi Jambi

Jumlah penduduk Propinsi Jambi yang daerahnya meliputi area seluas 53.244 km2 itu, menurut hasil registrasi pendudk berjumlah 2.361.817 Jiwa.

Jika ditinjau dari sudut umur, maka komposisi penduduk daerah Jambi dapat dikategorikan sebagai pendudk dengan umur muda. sebagai mana akan telihat dalam table dibawah ini yang menunjukkan kecenderungan bahwa semakin muda usia, semakin besar jumlah dan sebalikny semakin tua usai, semakin kecil jumlahnya.

Dari segi jenis kelamin, mak komposisi penduduk menunjukkan bahwa penduduk laki-laki relative lebih besar jumlahnya jika dibandingkan dengan jumlah wanita, yakin 50,799% berbanding 49.23%.

Penduduk asli yand dimaksud disini ialah penduduk yang nenek moyangnya telah menetap di daerah Jambi pada zaman dahulu. termasuk dalam kategori penduduk asli ialah suku kubu (suku anak dalam), suku bajau, kerinci dan orang Batin. demikian pula orang melayu Jambi, orang Penghulu dan suku Pindah, semuanya termasuk dalam kategori penduduk asli yang secara etnis ras Melayu.

para ahli antropologi membedakan ras melayu atas dua bagian, yaitu melayu muda (Deutro) dan Melayu (Proto). yang termasu Melayu tua ialah suku bangsa suku bangsa yang kebudayaannya sangat sedikit bercampur dengan kebudayaan asing, sedangkan Melayu Muda ialah suku bangsa suku bangsa yang Kebudayaannya sudah agak banyak bercampur dengan kebudayaan Hindu, Islam dan sebagainya.

Berpihak pada hal banyak dan atau sedikitnya percampuran kebuayaan setempat dengan kebudayaan asing, maka dapatlah dikatergorikan bahwa suku Bajau, Kerinci dan orang Batin termasuk dalam ras Proto-Melayu, di lain pihak orang Melayau Jambi orang penghulu dan suku pindah dapat di kategorikan ke dalam deutro Melayu.

Sebelum nenek moyang kita menetap di Indonesia, mak di Indonesia telah menetap banga yang lain, misalnya suku bangsa Wedda dan Negrito. Suku bangsa Wedda tersebut sebenarnya dari Ceylon.Percampuran suku-suku bangsa dengan suiku Wedda ini oleh para ahli-ahli anthropologi tersebut suku bangsa Weddoid. ciri-ciri fisik suku bangsa Weddoid ini adalah rambut keriting atau ikal, warna kulit sawo matang, mata terletak mendalam, kepala berbetnuk sedan (mesochepolic) dan badan kcil. Di Jambi pengaruh suku bangsa Weddoid ini kita dapati pada suku anak dalam (kubu) yang terdapat dibeberapa tempat yaitu pedalaman Bungo Tebo, Kabupaten Sarolangun-Bangko, dan Kabupaten Batanghari.

Dalam daerah Kabupaten Batang Hari kita dapati suku anak dalam ini di Nagasari, Jonggo, Senami, Betung, Bukit Tembesu, Paku Aji, Tiang Tunggu, Palembang, Tanjung Baru, Bungku, Jebak, Kubu Kandang, Sungai Landai, Singkawang, Sengketi, Gedang, Kurun dan Ladang Peris. suku anak dalam di kabupaten Sarolangun Bangko bertempat di daerah Pangkal Bulian, Kejasung Besar, Makekal, Airbon, Air Hitam, Teleh, Serampas, Telentam, Air Liki, Rantau Kernas, Tanjung Limbur Tembesi, Menelang, Sipontun, Sungai Rasau, Singkut, Arai dan Lubuk Bederong. Sedangkan di Kabupaten Bungo Tebo suku Anak Dalam terdapata di Renah Sungai Ipu, Renah Sungia Besar, Ujung Tanjung, Pemujian, Bukit Kemang, Sungai Landai, Tanah Garo, Tamun Arang, Rantau Asam, Sungai Sarap, Pelepat, Rimbo Gedang, Tentram, Sungai Apung, Sungai Alai, dan Lubuk Mendersah.

Sebagai akibat dari kehidupan suku Anak Dalam yang terisolasi, maka tingkatan kebudayaan mereka masih rendah. Kebudayaan MATERIAL SUKU Anak Dalam sangat sederhana. hal ini dapat kita lihat dari bentuk rumah, suunn dan bahan bangunnya, alat-alat rumah tanga dan fungsinya, alat-alat bercocok tanam dan berkebu, pakaian sehari-hari, dan pakaian upacara. Kebudayaan rohani suku anak dalam meliputi kepercayaan akan setan-setan dan dewa-dewa, adat kelahiran, perkawinan, pelaksanaan kematian, pantangan atau tabu, hukum adapt, kesenian calon bahasa mempunyai cirri spesifik jika dibandingkan dengan penduduk lainnya dan sangat menarik sebagai objek penelitian lebih lanjut.

Orang Bajau, orang suku bajau berada didaerah kabupaten Tanjung Jabung dan di Kepulauan Riau. Mereka mempunyai asal-usul dan cara hidup yang sama. Orang Bajau disebut juga orang Laut Mereka hidup di pinggir-pinggir laut, dan mereka bukan saja berjiwa pelaut, tetapi lautdengansegala sumber dan kejaannya merupakan sentral kehidupan mereka. Seorang bayi yang berumur 6 bulan, baru dianggap sah menjadi anggota keluarga orang Bajau apabila bayi terebut dilemparkan kedalam laut dengan disaksikan ibu, bapak an keluarga lainnya kemudian si bayi berjun ke laut untuk mengambil bayi terebut, kehidupan orang Bajau masih terbelakang, mata pencaharian utama mereka ialaha menangkap ikan.

Orang Kerinci sebagian besar mendiami daerah Kabupaten Kerinci Lingkungan alam kerinci yang bergunung-gunung dan subur, lebih banyak memungkinkan orang Kerinci menjadi Petani, jika dibandingkan dengan orang Melayu Jambi. Orang Kerinci merupakan petani-petani yang rajin dan mereka menghasilkan sayur-sayuran, the, kayu manis, kopi, cengkeh diluar kebutuhan mereka dan menjualnyua ke luar daerah kerinci.

Orang Batin mendiami daerah Kabupaten Sarolangun Bangko dan Muaro Bungo. Mereka ini diperkirakan berasal dari Kerinci dan berpindah ke daerah dataran rendah disebelh timur pada pertengahn abad pertama. orang Batin seperti juga orang Kerinci termasuk kategori proto Melayu.

Orang Penghulu dating ke daerah Kabupaten Sarolangun Bangko dan Bungo Tebo, setelah orang-orang Batin. Orang-orang penghulu berasal dari Minangkabau dan kedatangan mereka diperkirakan terjadi pada abad ke XV. Latar belakang kedatangan orang-orang Penghulu ini ialah mereka tertarik oleh pencaharian emas dihulu sunpi Batanghari. Orang-orang penghulu banyak bertempat tinggal di Batang Asai, Pangkal Jambu, Limun, Tinting, Nibung, Ulu Tabir, dan tempat-tempat lain. Berbeda dengan orang Batin, ornag Penghulu termasuk ras Deutro Melayu.

Suku Pindah juga termasuk ras Deutro Melayu, mereka berasal dari Palembang yang berbatasan dengan daerah Jamib misalnya Rupit dan Rawas. Mereka banyak bertempat tingal di daerah-daerah pauh, Sarolangun dan Mandiangin.

Diluar suku Anak Dalam, Orang Bajau, Orang Kerinci, Orang Batin, Orang Penghulu, Suku Pindah, juga kita dapati Orang melayu Jambi yang banyak bertempat tinggal di Kota Madya Jambi, di Kabupaten Batang hari, di Kabupaten Tanjung Jabung dan di Kabupaten Bungo Tebo. orang Melayu Jambi hidup dari hasil karet, berdagang dan menangkap ikan.

Dari uraian-uraian diatas, maka untuk lebih jelas mengenai penduduk asli yang mendiami daerah Jambi, ialah seperti terlihat pada peta di sebelah. Bagi orang-orang-orang melayu Jambi, sekaligus menjadi penduduk inti dari kesulitan Jambi dahulu kala. Mereka di zaman kesulitan dibagi atas suku-suku yang mempunyai fungsi tertentu dalam system kesultanan, yang disebut dengan suku dua belas. Nama-nama suku disesuaikan menurut nama dusun masyarakat yang mendiami, seperti: Suku Jebus, Suku Pemayung, Suku Marosebo, Suku Petajin, Suku VII koto, Suku Awin, Suku Penangan, Suku Mestong, Suku Serdadu, Suku Kebalen, Suku Air Hitam dan Suku Pinokawan Tengah.

Suku Jebus, meliputi daerah: sabak dan dendang; Simpang Aur Gading, Tanjung Lodrang. Sedang Suku Pemayung meliputi dusun-dusun; Teluk sebelah Ulu. Pudak-Kumpeh, Pematang Kanan, Teluk Sekerat, Muara Jambi, Kunangan. Suku Maro Sebo meliputi daerah: Sunpi Buluh, Pelayang, Sengeti Kecil, Sungai Ruan, Teluk Leban, Sungai Bengkal, Mangupeh, Remaji, Rangau Api, Rambutan Masam, Kubu Kandang, Semabu, Teluk Pondok, Renyingat, Mendalo, Selat dan beberapa dusun di Tungkal. Suku Petajin meliputi dusun-dusun: Betung Bedarah, penalan, Sungai Keruh, Teluk Rendah, Dusun Tua, Peninjauan, Tambun Arang, Pemunduran Kumpeh. Suku VII Koto meliputi dusun-dusun : Teluk Ketapang, termasuk teluk Senpala dan Ujung Tanjung, Muara Tabun, termasuk pulau Musang dan Lemajo, Nirah, termasuk Aur Cina, Sungai Duo dan Dusun Baru, sungai Abang, Teluk Kayu Putih, Kuamang termasuk Kuto Jayo dan Pedukun, Tanjung, termasuk Padang Kapuk, Rawang Panjang, Bukit Goncang, Lagam Ulu, Bulau Gading dan Empelu. Suku Awin meliputi Kayu Aro dan Dusun Tengah. Suku Mestong meliputi Tankan, Lepak Alai, Kota Karang, Sarang Burung. Suku Penagan meliputi Dusun Kuap. Suku Serdadu meliputi sungai Terap. Suku Kebalen meliputi Terusan. Suku Air Hitam meliputi Duren bo, Tebing Tinggi, Padang Kelapo, Sungai Seluang, Pematang Buduh, Kejaseng, Dusun Penyengat. Suku Pinokawan Tengah meliputi: Dusun Ture, Lopak Aur, Pulau Betung, Sungai Duren, Dusun Setitis, Jambi Tulo, Dusun Pukam, Dusun Tengah, Dusun Danau, Dusun Penyengat Kampung Senaung.

Penduduk pendatang di daerah Jambi dapat di bagi atas dua bagian yaitu: Penduduk yang berasal dari daerah lain, seperti orang-orang Jawa: Minangkabau, orang Bugis, Orang Palembang, Orang Banjar, Orang Batak, Orang Sunda, dan lain-lain serta Penduduk pendatang yang terdiri dari orang-orang Asing, seperti India, Cina, Arab dan lain-lain.

Penduduk pendatang orang Indonesia ini pindah ke Jambi, baik melalui Transmigrasi pemerintah maupun spontan. Orang-orang Jawa dan orang-orang Miangkabau tersebar seluruh daerah Propinsi Jambi, Orang-orang Bugis dan Orang-orang Banjar banyak bertempat tinggal di kabupaten Tanjung Jabung dan Kotamadya Jambi, Orang-orang Palembang banyak bertempt tinggal di Kotamadya Jambi, di Kabupaten Sarolangun Bangko, kabupaten Tanjung Jabung, Kabupaten Bungo Tebo dan Kabupaten Batang Hari sedangkan orang-orang Sunda dan orang-orang Batak kebanyakan memilih tempat tinggal dalam Kotamadya Jambi.

Orang-orang Asing seperti Cina, Arab dan India umumnya bertempat tinggal di Kota-kota, terutama di Kotamadya Jambi dan ibukota kabupaten Tanjung Jabung. Mereka merupakan pedagang-pedagang yang ulet dan berhasil. Orang-orang asing yang sedikit sekali kita jumpai di daerah-daerah Sarolangun Bangko dan di daerah Kabupaten Kerinci selain Arab, India dan Cina, juga ada orang asing Belanda, Perancis, Korea, Amerika yang dating ke Jambi umumnya mereka terdiri dari pengusaha dan karyawan perusahaan-perusahaan asing yang jumlahnya tidak banyak dan tidak bermaksud lama menetap di daerah Jambi.

Sumber : Buku Karangan H.KEMAS ARSYAD SOMAD, SH. MH

3 komentar:

Ekowisata Ujungkulon said...

Wah ternyata banyak juga ya suku-suku asli maupun pendatang di wilayah Jambi. Saya kira suku anak dalam saja penduduk aslinya, ternyata saya keliru. Bagaimana dengan "orang pendek" yang misterius itu? Kenapa mereka tidak termasuk ke dalam daftar penduduk asli Jambi?
Satu lagi bang, terimakasih atas pertukaran linknya. Tapi saya lihat dalam Link Teman di nomor 45 blog saya belum terdaftar

informasi jambi said...

ekowisata>> makasih ya sob, oh iya tadinaya saya masukin sob,, eh ternyata link kamu dah lama nangkring di blog ini coba cek baik2 lagi nama kamu pasti ada...

Bpk Baktiar said...

KAMI SEKELUARGA TAK LUPA MENGUCAPKAN PUJI SYUKUR KEPADA ALLAH S,W,T
dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor togel.nya yang AKI
berikan 4 angka [7273] alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.
dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI. insya
allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka main togel
yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi KI JAYA WARSITO,,di no (((085-342-064-735)))
insya allah anda bisa seperti saya…menang togel 870 JUTA , wassalam.


dijamin 100% jebol saya sudah buktikan...sendiri....







Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!


1"Dikejar-kejar hutang

2"Selaluh kalah dalam bermain togel

3"Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel


4"Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat


5"Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya
tapi tidak ada satupun yang berhasil..







Solusi yang tepat jangan anda putus asah... KI JAYA WARSITO akan membantu
anda semua dengan Angka ritual/GHOIB:
butuh angka togel 2D ,3D, 4D SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin
100% jebol
Apabila ada waktu
silahkan Hub: KI JAYA WARSITO DI NO: [[[085-342-064-735]]]


ANGKA RITUAL: TOTO/MAGNUM 4D/5D/6D


ANGKA RITUAL: HONGKONG 2D/3D/4D/



ANGKA RITUAL; KUDA LARI 2D/3D/4D/



ANGKA RITUAL; SINGAPUR 2D/3D/4D/



ANGKA RITUAL; TAIWAN,THAILAND



ANGKA RITUAL: SIDNEY 2D/3D/4D



DAN PESUGIHAN TUYUL

Post a Comment

Like Facebook