Blog Jambi Informasi jambi by a - One

Selayang Pandang

My Photo
Sikapur Sirih ~ Selamat datang di Blog Informasi Jambi dari Yudi a-One. Sebelumnya Saya mau ngucapin banyak-banyak terima kasih pada kalian semua yang sudah ngunjungin blog saya ini. Blog ini saya buat dengan upaya untuk memuat segala sesuatu tentang Informasi Provinsi Jambi, yang mungkin kalian ada yang belum tahu, terutama buat sahabat dari luar provinsi jambi, dalam bentuk tulisan. Tak lupa pula rasa syukur saya panjatkan kepada Allah SWT karena saya telah diridhoi kemampuan, kesehatan dan kelebihan oleh-Nya untuk dapat terus menjalankan hidup ini, mengembangkan ilmu yang saya punya, dan juga kesempatan untuk dapat membagikan informasi yang ada di jambi dan sedikit catatan atau pun coretan sampah tentang diriku dalam blog kecil nan sederhana ini. Semoga semua hal yang sudah saya muat di blog Informasi Jambi ini, bisa bermanfaat bagi kita semua.

Blog

3/25/10

Tari Sikapur Sirih Jambi

tari sikapur sirihTari Sikapur Sirih Jambi merupakan tarian Selamat Datang atau tari Persembahan Kepada Tamu-tamu besar di Propinsi Jambi, sebagai wujud rasa menghormati tamu yang datang ke Propinsi Jambi, dan disajikan di awal acara – acara resmi sebagaipembukaan.

Seni tari didaerah Jambi cukup banyak ragam srta coraknya, dimana pada tiap-tiap daerah mempunyai ciri sesuai dengan keadaan daerah serta suku dalam kelompok masyarakat ada yang bersangkutan. Dari Sekian banyak corak dan ragamnya seni tari daerah Jambi, namun sudah banyak pula yang hampir tidak dikenal bahkan dilupakan oleh lingkungan masyarakat yang bersangkutan. Nah kali ini kita mulai ulas Tari Sikapur Sirih,.

Tari ini diciptakan oleh Firdaus Chatab pada tahun 1962, kemudian ditata ulang oleh OK Hundrik BBA pada tahun 1967. Tari ini digunakan untuk menyambut tamu yang dihormati sebagi ungkapan rasa putih hati dalam menyambut tamu, dan ditarikan oleh penari remaja putri. Tarian Sikapur Sirih memadukan keagungan dalam gerak gerak yang lembut dan halus menyatu dengan iringan musik serta syair yang ditujukan bagi para tamu. Untuk menyambut dengan hati yang putih muka yang jernih menunjukkan keramahtamahan bagi tamu yang dihormati.

Nah itu lah sedikit tentang Tari Sikapur Sirih, di posting berikutnya kita akan ulas tari – tari yang lain,, di tunggu lagi ya,, diblog informasi jambi ini.

11 komentar:

akhatam said...

Wah unik ya... Tx infonya!

bento said...

ane baru tau neh!!
nice info brot!!

tutorial blog said...

info yg mnrik...
tanks n keep posting....

kuman said...

tetap lestarikan budaya kita, jangan sampai direbut oleh orang lain

berita bola said...

sob, gambarnya agak diperbesar dan dibanyakin.

negeriads.com solusi berpromosi said...

share info tentang jambinya sangat menarik

Anak Jambi said...

akhtam>>maksih sob,
bento>> makasih sob,
kuman>> sip thaks,,,
berita bola>> sip deh, ntar saya laksanakan,,

3 W-ONO said...

Wah tari daerah perlu di lestarikan....!

NegeriAds.com solusi berpromosi said...

Memang Indonesia mantab ya bro,
kaya akan berbagai kebudayaan. Sip lah!

NegeriAds.com solusi berpromosi said...

Memang kebudayaan Indonesia kaya dan beraneka ragam. Jadi makin bangga hidup sebagai masyarakat Indonesia :)

Retno said...

Ku suka kebudayaan jambi...
terutama tarian jambi..
yukss tmn2.. mari kita sama2 melestarikan kebudayaan jambi..

Post a Comment

Like Facebook